4 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Piala Dunia Antarklub

Manchester City jadi yang terbaru memenangkannya!

Manchester City berhasil meraih gelar juara Piala Dunia Antarklub 2023. Tim besutan Pep Guardiola sukses memenangkan partai final melawan Fluminense. Mentas di King Abdullah Sports City, Sabtu (23/12/2023), The Citizens membekuk wakil Amerika Selatan tersebut dengan skor 4-0.

Gelar juara Piala Dunia Antarklub ini merupakan yang pertama bagi Manchester City sepanjang sejarah. Hal tersebut mengantarkan mereka menjadi klub keempat asal Inggris yang pernah memenangkan turnamen ini. The Citizens masuk jajaran elite sebagai klub terbaik di dunia.

Termasuk Manchester City, berikut empat klub asal Inggris yang pernah memenangkan Piala Dunia Antarklub!

1. Manchester United menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai Piala Dunia Antarklub pada 2008

4 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Piala Dunia AntarklubManchester United (facebook.com/fifaclubworldcup)

Manchester United mencatatkan prestasi hebat ketika menjuarai Piala Dunia Antraklub 2008. The Red Devils menjadi klub asal Inggris pertama yang berhasil memenangkannya. Saat itu, Sir Alex Ferguson sebagai pelatih berhasil membawa Wayne Rooney cs. mencetak sejarah.

Pada turnamen yang digelar di Jepang ini, Manchester United berhasil menaklukkan LDU Quito di partai final. The Red Devils memenangi laga dengan susah payah. Gol tunggal Cristiano Ronaldo mengantarkan mereka menjuarai Piala Dunia Antarklub.

2. Liverpool memenangkan Piala Dunia Antarklub pertama pada 2019

4 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Piala Dunia AntarklubLiverpool (twitter.com/FIFAcom)

Liverpool berhasil memenangkan trofi pertama Piala Dunia Antarklub pada 2019. Sebelumnya, mereka berkesempatan menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan ajang ini saat berlaga pada edisi 2005. Sayangnya, di partai final mereka mengalami kekalahan dari wakil Amerika Selatan, Sao Paulo.

Keikutsertaan Liverpool yang kedua di Piala Dunia Antarklub tidak disia-siakan. Pasukan Juergen Klopp bertarung di final dengan wakil Amerika Selatan, Flamengo. Laga ini berjalan ketat dengan skor tanpa gol pada waktu normal. The Reds harus menunggu hingga menit ke-99 di babak extra time untuk bisa mencetak gol. Roberto Firmino menjadi pahlawan berkat gol tunggalnya sekaligus memastikan tim menjuarai ajang yang digelar di Qatar ini.

Baca Juga: Tsimikas Cedera Parah Usai Ketiban Klopp saat Liverpool vs Arsenal

3. Chelsea menjuarai Piala Dunia Antarklub pada edisi 2021

4 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Piala Dunia AntarklubChelsea (chelseafc.com)

Chelsea sukses merengkuh titel juara Piala Dunia Antarklub pada 2021. Keberhasilan ini diraih setelah dua kali mengikuti ajang ini. Partisipasi pertama pada 2012, The Blues dikalahkan Corinthians di partai final.

Pada 2021, Chelsea melawan Palmeiras di partai final. Laga berjalan sengit di waktu normal dengan skor 1-1. Romelu Lukaku mampu membawa unggul sebelum disamakan oleh Raphael Veiga. Kai Havertz menjadi pencetak gol kemenangan The Blues berkat penaltinya pada menit ke-117. Kemenangan ini membawa tim asal London ini menjuarai Piala Dunia Antarklub pertama dalam sejarah klub.

4. Manchester City menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2023

4 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Piala Dunia AntarklubManchester City (mancity.com)

Manchester City sukses menahbiskan diri sebagai klub terbaik dunia pada 2023. Gelar juara Piala Dunia Antarklub berhasil dimenangkan melengkapi empat trofi lainnya yang sudah didapatkan. The Citizens sudah terlebih dahulu menjuarai Piala FA, English Premier League, Liga Champions Eropa, dan UEFA Super Cup.

Partisipasi pertama Manchester City di Piala Dunia Antarklub langsung berujung juara. Di partai final, tim besutan Pep Guardiola menang telak atas Fluminense dengan skor 4-0. Gol-gol tersebut dihasilkan melalui brace Julian Alvarez, satu gol dari Phil Foden, dan gol bunuh diri Nino.

Klub asal Inggris memang tidak terlalu sering berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub. Pemenang turnamen ini didominasi oleh dua klub raksasa Spanyol. Real Madrid menjadi klub terbanyak yang memenangkannya dengan mengoleksi lima trofi. Sementara itu, Barcelona membuntuti di bawahnya dengan mempunyai tiga trofi. Meski demikian, para klub di atas mampu menjadi pernah menjadi wajah Inggris sebagai klub terbaik di dunia.

Baca Juga: Daftar Juara Piala Dunia Antarklub 1960-2023, Terbaru ManCity

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya