5 Fakta Max Aarons, Bek Muda Berpengalaman Rekrutan Anyar Bournemouth

Kualitasnya sudah teruji di EPL

Bournemouth mendapatkan tambahan amunisi untuk 2023/2024. Mereka mendatangkan Max Aarons dari Norwich City. The Cherries mengeluarkan biaya senilai 7 juta pound sterling atau Rp136 miliar untuk menebusnya dari The Cannaries.

Max Aarons merupakan pemain muda berpengalaman. Ia berposisi sebagai bek kanan dengan jam terbang tinggi di English Premier League (EPL). Seperti apa sosoknya? Berikut sederet fakta Max Aarons!

1. Max Aarons menyukai sepak bola sejak anak-anak

5 Fakta Max Aarons, Bek Muda Berpengalaman Rekrutan Anyar BournemouthMax Aarons (instagram.com/maxaarons2)

Max Aarons merupakan pemain yang lahir pada 4 Januari 2000 di London, Inggris. Ia adalah pemain keturunan Inggris/Jamaika. Sang ayah merupakan pria asal Jamaika yang menikah dengan ibunya yang perempuan asal Inggris.

Kecintaan Aarons terhadap sepak bola berasal dari lingkungan tempat tinggalnya. Masa kecilnya dihabiskan di Milton Keynes, salah satu kota di kawasan pemukiman besar Buckinghamshire. Ia kerap bermain bersama sepupunya, Rolando Aarons, yang kini menjadi pemain sepak bola profesional juga.

Aarons kemudian menjalani uji coba bersama akademi Briston City dan Luton Town. Ia berhasil lulus dan masuk ke akademi Luton Town saat usianya 9 tahun. Talentanya sebagai anak-anak berhasil mencuri perhatian. Ia berada di akademi tersebut hingga usia 16 tahun. Setelah itu, ia memutuskan pindah ke akademi Norwich City pada 2016.

2. Karier sepak bolanya berkembang di akademi Norwich City

5 Fakta Max Aarons, Bek Muda Berpengalaman Rekrutan Anyar BournemouthMax Aarons (instagram.com/maxaarons2)

Max Aarons memutuskan untuk pindah ke akademi Norwich City pada 2016. Kala itu, usianya masih 16 tahun. Namun, potensinya mampu menjadi salah satu yang mencuri perhatian.

Selama di akademi Norwich, Aarons berkembang dengan cepat. Pada periode 1,5 tahun awal, ia menjadi andalan di U-18. Aarons berhasil mencatatkan 36 pertandingan dengan torehan 2 gol. Ia lalu dipromosikan ke jenjang U-23 pada pertengahan musim 2017/2018.

Aarons menjalani masa singkat di U-23. Ia bermain dalam 21 pertandingan dengan menghasilkan 1 assist. Secara keseluruhan, dalam waktu 2 tahun di akademi, Aarons berhasil menjadi andalan. Ia akhirnya diberikan kontrak profesional pertamanya pada 2018. Hal tersebut diikuti dengan keputusan Norwich mempromosikannya ke tim utama pada 2018/2019.

Baca Juga: 5 Rekrutan Baru Bournemouth pada Musim Panas 2023, Ada Justin Kluivert

3. Potensi dan kualitasnya membuat Norwich City menjadikan Max Aarons andalan

5 Fakta Max Aarons, Bek Muda Berpengalaman Rekrutan Anyar BournemouthMax Aarons (instagram.com/maxaarons2)

Pada 2018/2019, Max Aarons berhasil menembus skuad utama Norwich City. Kesempatan debutnya datang pada 14 Agustus 2018 di ajang Piala Liga Inggris. Ia masuk sebagai pemain pengganti saat Norwich melawan Stevenage.

Usai debut impresifnya, Aarons mampu menunjukkan kualitasnya. Ia perlahan menjadi andalan pelatih Norwich saat itu, Daniel Farke. Posisinya sebagai bek kanan membuat sang juru taktik memasangnya sebagai pemain utama. Ia total tampil dalam 43 laga dengan mengemas 3 gol dan 6 assist.

Peran gemilangnya di lini pertahanan Norwich berbuah manis. Aarons menjadi bagian penting keberhasilan The Cannaries menjuarai Chamionship 2018/2019. Hal tersebut sekaligus membuat promosi ke Premier League pada 2019/2020. Ia kemudian menjadi andalan selama 5 musim di Carrow Road.

4. Kiprah impresifnya bersama Norwich City membuatnya dipanggil ke tim muda Inggris

5 Fakta Max Aarons, Bek Muda Berpengalaman Rekrutan Anyar BournemouthMax Aarons (instagram.com/maxaarons2)

Kualitas Max Aarons bersama Norwich tercium hingga ke level internasional. Inggris yang kala itu mencari talenta muda mengetahui kiprah impresifnya. Ia kemudian masuk ke skuad muda U-19.

Aarons dipanggil pada September 2018 dan berhasil membuat tujuh caps. Penampilannya yang memukau membuatnya naik jenjang setahun setelahnya. Aarons kemudian debut pada 6 September 2021 saat melawan Turki di laga Kualifikasi Euro U-21.

Selama di U-21, ia menjadi andalan di sisi kanan dan kiri pertahanan Inggris. Namanya mencuat ketika bermain di Euro U-21 2023. Turnamen yang digelar pada Juni–Juli itu mengantarkan The Young Lions keluar sebagai kampiun. Ia bermain di final saat Inggris mengalahkan Spanyol. Sejauh ini, ia sudah menciptakan 27 caps dan berpotensi menjadi bintang masa depan Timnas Inggris. 

5. Max Aarons memutuskan menjajal tantangan baru dengan bergabung bersama Bournemouth

5 Fakta Max Aarons, Bek Muda Berpengalaman Rekrutan Anyar BournemouthMax Aarons (instagram.com/maxaarons2)

Max Aarons memulai petualangan baru pada 2023/2024. Setelah 5 musim berada di Norwich City, ia bergabung dengan Bournemouth. Ia sudah memiliki pengalaman bermain di Premier League saat membela The Cannaries.

Secara keseluruhan, Aarons bermain sebanyak 213 pertandingan bersama Norwich. Ia berhasil mengemas 6 gol dan 17 assist. Sebanyak 70 pertandingan di antaranya dicatatkannya di EPL. Pengalamannya tersebut diharapkan dapat membawa Bournemouth bersaing kompetitif.

Pengalaman yang dimiliki Max Aarons menjadi tambahan signifikan bagi Bournemouth. Mereka saat ini sedang membenahi skuad agar dapat bermain lebih baik. Dengan hadirnya sang pemain, lini pertahanan diharapkan bertambah kokoh.

Baca Juga: 7 Pesepak Bola yang Sempat Berseragam Norwich City, Ada James Maddison

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya