Mengenal Akor Adams, Bomber Tajam Andalan Montpellier asal Nigeria

Sosok striker yang mencuri perhatian di Ligue 1 2023/2024

Montpellier merupakan salah satu klub yang mentas di Ligue 1 Prancis. Kiprahnya di ajang ini terbilang begitu-begitu saja setiap musimnya. Kejutan terakhir dari klub berjuluk La Paillade ini adalah menjadi juara pada 2011/2012. Setelah itu, mereka hanya berkutat di papan tengah.

Pada 2023/2024, Montpellier tidak memberi kejutan secara performa tim di Ligue 1. Namun, mereka memunculkan bintang baru bernama Akor Adams. Ia merupakan striker yang baru datang pada musim panas 2023. Kemampuannya sebagai seorang penyerang membawanya bersaing memperebutkan gelar top skor.

Siapakah sebenarnya sosoknya dan bagaimana perjalanan kariernya? Mari mengenal lebih dekat sosok Akor Adams melalui ulasan di bawah ini!

1. Awal karier sepak bola Akor Adams dimulai dengan bergabung bersama Jamba Football Academy

Mengenal Akor Adams, Bomber Tajam Andalan Montpellier asal NigeriaAkor Adams (instagram.com/akoradams)

Akor Adams lahir di Kogi State, Nigeria, pada 23 Januari 2000. Saat ini, usianya menginjak 23 tahun. Awal kariernya di dunia kulit bundar dimulai dengan bergabung bersama akademi lokal bernama Jamba Football Academy. Ia menimba ilmu sepak bola di sini hingga 2018.

Selama di Jamba Football Academy, Adams merupakan sosok striker yang tajam dan cepat. Ia memiliki kemampuan fisik dan menyerang yang baik berkat postur yang dimilikinya. Potensi ini yang membawanya dilirik oleh klub asal Norwegia, Sogndal. Ia menjajal tantangan dengan berkarier di Eropa.

2. Potensinya terlihat menjanjikan ketika meniti karier di Eropa bersama klub Norwegia, Sogndal

Mengenal Akor Adams, Bomber Tajam Andalan Montpellier asal NigeriaAkor Adams (instagram.com/akoradams)

Pada musim panas 2018, saat usianya 18 tahun, Akor Adams mulai meniti kariernya di Eropa. Ia bergabung bersama klub Norwegia, Sogndal, dengan status sebagai pemain pinjaman. Selama setahun, ia bermain cukup apik. Ia dipermanenkan pada musim panas 2019.

Adams berada di Sogndal selama 3,5 tahun pada 2018–2021. Ia sempat menderita cedera yang membuat sebagian waktu bermainnya pada 2020 hilang. Secara keseluruhan, ia terlibat dalam 58 penampilan dengan membukukan 16 gol dan menghasilkan 7 assist. Ia kemudian pergi dari Sogndal setelah kontraknya habis pada akhir 2021.

Baca Juga: Kiprah OGC Nice 5 Musim Terakhir di Ligue 1, Musim Ini Membaik?

3. Kualitasnya mulai terlihat ketika memperkuat Lillestorm

Mengenal Akor Adams, Bomber Tajam Andalan Montpellier asal NigeriaAkor Adams (instagram.com/akoradams)

Kendati karier Akor Adams di Sogndal tak begitu impresif, ia masih punya potensi mengingat usianya yang muda. Pada Januari 2022, Lillestorm mengontraknya secara bebas transfer. Raksasa Norwegia ini memberikannya kesempatan bermain yang lebih baik.

Keputusan Adams menerima tawaran bermain untuk Lillestorm terbukti tepat. Ia menghabiskan waktu singkat di sini, yakni hanya 1,5 tahun. Namun, performanya meningkat dibandingkan bersama Sogndal. Ia berhasil membukukan 28 gol dan menciptakan 7 assist dari 58 kali bertanding di semua kompetisi.

4. Berkat kiprahnya di Lillestorm, Montpellier merekrutnya pada musim panas 2023

Mengenal Akor Adams, Bomber Tajam Andalan Montpellier asal NigeriaAkor Adams (instagram.com/akoradams)

Performa impresif Akor Adams di Lillestorm mengantarkannya ke daratan Prancis. Montpellier terkesan dan kepincut dengan kualitasnya. Manajemen tertarik untuk memboyongnya dan kemudian membelinya pada musim panas 2023.

Montpellier mengeluarkan biaya senilai 4,5 juta euro atau Rp75 miliar demi menebusnya dari Lillestorm. Adams dikontrak dengan durasi selama 4 tahun. Kontrak ini akan membuatnya berada di Stade de la Mosson hingga 2027 mendatang.

5. Berpotensi bertarung memperebutkan gelar top skor di Ligue 1 2023/2024

Mengenal Akor Adams, Bomber Tajam Andalan Montpellier asal NigeriaAkor Adams (instagram.com/akoradams)

Kedatangan Akor Adams ke Stade de la Mosson menghadirkan ketajaman baru di lini serang Montpellier. Sejauh ini, ia telah bermain dalam 10 pertandingan di Ligue 1 Prancis. Ia langsung moncer dengan mengemas 7 gol. Performa tersebut membuatnya menjadi sorotan tersendiri sebagai pemain baru. Ia ikut bersaing dalam perebutan gelar top skor 2023/2024.

Kendati Adams menjadi tumpuan di lini serang Montpellier, hingga saat ini tim masih belum konsisten. La Paillade berada di peringkat 13 klasemen sementara Ligue 1 2023/2024. Namun, ketajamannya dalam mencetak gol berpotensi membuat tim kompetitif. Bukan tidak mungkin gelontoran gol-golnya di laga-laga mendatang mampu membawa tim bersaing di papan atas.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dipermanenkan Montpellier pada Musim Panas 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya