Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern Munich

Salah satu bek kiri potensial yang dimiliki Die Roten

Bayern Munich tidak berhenti menghasilkan talenta muda berkualitas. Kali ini, Die Roten menelurkan bintang baru bernama Frans Kraetzig. Penampilannya di akademi mencuri perhatian sehingga dipromosikan ke skuad utama pada 2023/2024.

Frans Kraetzig merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ia mempunyai bakat dan talenta potensial yang bisa dimaksimalkan. Kualitasnya diharapkan dapat menjadi pemain andalan Bayern Munich di masa mendatang.

Lantas, siapakah sosoknya dan bagaimana perjalanan kariernya? Mari mengenal lebih dekat sosok Frans Kraetzig, calon bintang masa depan Bayern Munich.

1. Memulai karier sepak bola bersama klub lokal di Nuremberg

Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern MunichFrans Kraetzig (instagram.com/franskraetzig03)

Frans Kraetzig lahir di Nuremberg, Jerman, pada 14 Januari 2003. Saat ini, ia telah menginjak usia 20 tahun. Ia memulai kariernya di sepak bola sejak berusia anak-anak. Post SV Nuremberg menjadi klub pertama tempatnya menimba ilmu. Ia berada di sini hingga 2012 sebelum pindah ke akademi yang lebih besar bersama 1. FC Nuremberg.

Waktunya di 1. FC Nuremberg cukup lama, yakni selama 5 tahun pada 2012–2017. Potensinya di akademi terlihat ketika Bayern Munich sedang mencari talenta untuk diboyong ke Bayern Campus yang saat itu baru dibuka pada 2017. Kraetzig yang terlihat menonjol kemudian direkrut dan masuk ke akademi Bayern Munich.

2. Berkat potensi yang dimilikinya, Bayern Munich memboyongnya ke akademi

Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern MunichFrans Kraetzig (instagram.com/fcbayerncampus)

Pada musim panas 2017, Bayern Munich membuka kompleks olahraga baru bernama FC Bayern Campus. Adanya tempat ini bertujuan untuk memfasilitasi pesepak bola muda pria dan perempuan. Terdapat tim U-9 hingga U-19 yang menggunakan tempat ini. Selain itu, terdapat juga lapangan untuk basket, tenis, voli, hingga bisbol sebagai penunjang. 

Frans Kraetzig merupakan salah satu pemain pertama yang masuk ke FC Bayern Campus. Saat itu potensinya terlihat menonjol di akademi 1. FC Nuremberg. Ia kemudian bergabung saat usianya 14 tahun. Menariknya, pihak klub harus meyakinkan orang tua Kraetzig demi bisa masuk ke akademi. Manajemen bersedia memfasilitasi sang pemain dengan boarding school agar tetap mengenyam pendidikan sembari menimba ilmu sepak bola.

Baca Juga: Bayern Munich Tindak Pemainnya yang Dukung Palestina

3. Kraetzig berkembang pesat di akademi Bayern Munich dan naik jenjang dengan cepat

Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern MunichFrans Kraetzig (instagram.com/franskraetzig03)

Perkembangan Frans Kraetzig di akademi Bayern Munich cukup cepat. Hanya dalam waktu 6 tahun, ia naik jenjang dari U-16 hingga ke reserve team atau Bayern Munich II. Seiring waktu, kualitasnya terasah dengan total terlibat dalam 57 laga dengan 5 gol dan 9 assist di tim muda. Berkat talenta potensialnya, ia diberi kontrak profesional pertamanya pada Maret 2023 lalu. 

Kraetzig sejatinya bermain sebagai gelandang serang ketika berada di akademi. Namun, ia mengubah posisinya ke bek kiri saat berada di Bayern Munich II. Hal ini berdasarkan saran sang pelatih, yakni Holger Seitz. Berkat perkembangan kualitasnya yang signifikan, ia kemudian dilibatkan dalam persiapan pramusim Bayern Munich untuk 2023/2024. 

4. Mulai mencuri perhatian saat tur pramusim 2023/2024

Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern MunichFrans Kraetzig (instagram.com/franskraetzig03)

Demi mempersiapkan musim 2023/2024, Bayern Munich melakoni tur ke Asia. Die Roten membawa para pemain utama dan sejumlah nama muda potensial dari akademi. Frans Kraetzig menjadi salah satu nama yang dibawa ketika berlaga di Singapura. 

Kraetzig bermain saat Bayern Munich berlaga menghadapi Manchester City dan Liverpool. Namun, ia mencuri perhatian saat melawan Liverpool. Ia mencetak gol spektakuler melalui tendangan voli dari luar kotak penalti di pengujung laga. Gol tersebut sekaligus mengantarkan Die Roten menang atas The Reds dengan skor 4-3. 

5. Berpotensi menjadi bintang masa depan Bayern Munich

Mengenal Frans Kraetzig, Calon Bintang Masa Depan Bayern MunichFrans Kraetzig (instagram.com/franskraetzig03)

Setelah menjalani tur pramusim, Frans Kraetzig sempat dipanggil pada 12 Agustus 2023. Ia masuk ke dalam skuad Bayern Munich melawan RB Leipzig di DFL-Supercup. Namun, ia belum berkesempatan bermain dan hanya berada di bangku cadangan. 

Debutnya baru terjadi pada 23 September 2023 di ajang Bundesliga. Ia masuk sebagai pemain pengganti saat Bayern Munich menghadapi VfL Bochum. Hanya berselang 3 hari setelahnya, ia menciptakan gol perdananya ke gawang SC Preussen Muenster di putaran pertama DFB-Pokal.

Pada 6 Oktober 2023, Kraetzig diberi perpanjangan kontrak oleh manajemen. Ia akan berada di Allianz Arena hingga 2027 mendatang. Karena kualitas yang dimilikinya, ia diproyeksikan untuk menjadi andalan Bayern Munich di masa mendatang. 

Sejauh ini, Kraetzig sudah bermain dalam 3 pertandingan di semua ajang. Potensinya sebagai bek kiri masih bisa ditingkatkan lagi agar lebih sering dipercaya bermain. Pelatih Thomas Tuchel mengungkapkan bahwa ia berpotensi menjadi bintang muda baru di lini pertahanan Bayern Munich jika terus belajar dan meningkatkan kualitasnya. 

Baca Juga: Harry Kane Sukses Jaga Kesempurnaan Bayern Muenchen

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya