5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!

Ada yang sudah sedekade

RB Leipzig dalam beberapa musim terakhir mampu menjadi tim pesaing juara. Sejak promosi ke Bundesliga Jerman pada 2016/2017 lalu, Die Roten Bullen konsisten menghuni papan atas. Mereka juga menjadi penantang serius dalam perebutan trofi di kompetisi domestik lainnya.

Konsistensi yang ditunjukkan RB Leipzig ini tentu tidak terlepas dari peran para pemain. Mereka menjadi figur utama keberhasilan tim untuk terus bisa berada di level atas. Sejumlah nama bahkan sudah menghuni skuad sebelum promosi ke Bundesliga. Hal itu menjadi wujud loyalitas mereka terhadap tim.

Lantas, siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya? Berikut lima pemain aktif RB Leipzig dengan masa abdi terlama.

1. Yussuf Poulsen memasuki masa sedekade bersama RB Leipzig

5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!Yussuf Poulsen (twitter.com/RBLeipzig)

Yussuf Poulsen memasuki masa sedekade bersama RB Leipzig. Ia direkrut dari Lyngby BK pada musim panas 2013. Kendati menjadi pemain paling senior, usianya masih 29 tahun. Pasalnya, ia bergabung saat berusia 19 tahun. Ia turut merasakan jatuh bangun dan berkembang bersama Die Roten Bullen sejak bermain di kasta ketiga liga Jerman hingga membawa tim berprestasi.

Pemain yang berposisi sebagai striker ini baru saja diberi perpanjangan kontrak dari RB Leipzig. Ia menekan kontrak baru pada 24 Oktober 2023 dengan tambahan durasi 3 tahun. Kontrak ini akan membuatnya bertahan di Red Bull Arena hingga 2026 mendatang. Sejauh ini, ia sudah berkontribusi dalam 370 pertandingan dengan catatan 85 gol dan 65 assist.

2. Lukas Klostermann berperan mengawal sisi kanan pertahanan

5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!Lukas Klostermann (twitter.com/RBLeipzig)

Lukas Klostermann sudah bergabung bersama RB Leipzig sejak musim panas 2014 lalu. Saat itu, ia direkrut dari VfL Bochum ketika masih 18 tahun. Ia datang sebagai salah satu pemain muda bertalenta saat Die Roten Bullen baru promosi ke kasta kedua Liga Jerman.

Saat ini, usianya sudah menginjak 27 tahun. Klostermann merupakan andalan RB Leipzig di pos bek kanan. Musim 2023/2024 menjadi musim kesembilannya berada di Red Bull Arena. Pemain internasional Jerman ini sudah terlibat dalam 266 laga di semua ajang. Ia mampu menyumbang 13 gol dan 12 assist bagi Die Roten Bullen.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 20 RB Leipzig sebelum Xavi Simons

3. Emil Forsberg menjadi kreator serangan RB Leipzig dari lini tengah

5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!Emil Forsberg (twitter.com/RBLeipzig)

Emil Forsberg didatangkan RB Leipzig pada bursa transfer Januari 2015. Ia diboyong dari Malmo FF untuk membantu tim yang saat itu berlaga di kasta kedua liga Jerman. Pada musim penuh perdananya, ia mengantarkan Die Roten Bullen promosi ke Bundesliga 2016/2017.

Setelah itu, pemain asal Swedia ini menjadi andalan di lini tengah RB Leipzig. Forsberg menjadi kreator serangan tim dan berperan penting dalam mengalirkan bola ke lini depan. Ia juga tampil produktif dengan telah menghasilkan 69 gol dan 67 assist dari 314 laga di semua ajang.

4. Peter Gulacsi menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang

5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!Peter Gulacsi (twitter.com/RBLeipzig)

Peter Gulacsi memasuki musim kedelapannya bersama RB Leipzig. Ia telah berada di Red Bulla Arena sejak bergabung pada musim panas 2015 lalu. Ia turut berperan membawa tim meraih promosi ke Bundesliga 2016/2017. 

Kiper berusia 33 tahun ini merupakan sosok vital konsistensi RB Leipzig dalam beberapa musim terakhir. Peran pentingnya di bawah mistar gawang menjadi tembok terakhir agar tim tidak kebobolan. Gulacsi sudah mencatatkan 285 penampilan di semua ajang dengan 90 clean sheet.

5. Willi Orban menyandang status sebagai kapten RB Leipzig

5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!Willi Orban (twitter.com/RBLeipzig)

Willi Orban merupakan sosok panutan di dalam skuad RB Leipzig. Sejak bergabung pada 2015 lalu, ia berperan penting sebagai bek tangguh di lini pertahanan tim. Hal itu membawanya ke tanggung jawab yang lebih besar dengan mengemban ban kapten.

Bek berpaspor Hungaria ini telah bermain sebanyak 292 pertandingan di semua ajang. Orban tampil cukup produktif dengan torehan 27 gol dan 9 assist. Ia turut membawa RB Leipzig meraih prestasi dengan 2 titel DFB-Pokal dan 1 DFL-Supercup dalam 3 musim terakhir.

Para pemain di atas merupakan sosok penting di balik konsistensi RB Leipzig. Mereka berperan vital membawa Die Roten Bulle untuk bisa promosi ke Bundesliga dan bermain konsisten. Pada 2023/2024, semua pemain tersebut masih menjadi andalan di dalam skuad inti.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Harga Pasar Tertinggi di RB Leipzig pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya