9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 Triliun

Para pemain ini diproyeksikan sebagai bintang masa depan

Barcelona baru saja memberikan perpanjangan kontrak kepada wonderkid sensasionalnya, Lamine Yamal. Pemain 16 tahun itu akan bertahan di Camp Nou hingga 2026 mendatang. Blaugrana memasang klausul rilis dengan harga senilai 1 miliar euro atau Rp16,33 triliun.

Harga selangit itu dipasang sebagai upaya memagarinya dari incaran banyak klub. Potensi yang dimiliki Lamine Yamal membuatnya diproyeksikan menjadi bintang masa depan Barcelona. Saat ini, ia merupakan salah satu pemain muda sensasional berkat talentanya.

Lamine Yamal bukanlah nama pertama yang dipagari Barcelona dengan nilai pelepasan fantastis. Sebelumnya, sudah ada banyak pemain yang diberi klausul rilis dengan harga serupa. Siapa saja mereka?

1. Pedri menjadi gelandang muda kreatif bagi Barcelona

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunPedri (instagram.com/pedri)

Pedri didatangkan Barcelona sebagai talenta muda dari Las Palmas. Ia bergabung pada 2020 lalu dan berkembang menjadi gelandang kreatif. Musim debutnya pada 2020/2021, ia bermain impresiff dan berhasil menyabet penghargaan Kopa Thropy dan Golden Boy 2021.

Berkat performa itu, Pedri diberi perpanjangan kontrak pada Oktober 2021 yang membuatnya bertahan hingga 2026. Ia menjadi pemain pertama Barcelona yang memiliki nilai klausul rilis 1 miliar euro atau Rp16,33 triliun. Sejauh ini, ia sudah melakoni 111 laga dan berhasil mengemas 17 gol serta 8 assist.

2. Ansu Fati berusaha mengembalikan performa terbaiknya

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunAnsu Fati (fcbarcelona.com)

Setelah memberi perpanjangan kontrak kepada Pedri, Barcelona melanjutkan proyek masa depan dengan mempercayai Ansu Fati. Ia diberi kontrak anyar selang beberapa hari di bulan yang sama, Oktober 2021. Durasi kerjanya di Camp Nou bertambah hingga 2027 mendatang.

Sayangnya, performa Fati perlahan menurun akibat cedera lutut. Hal itu membuatnya absen selama 9 bulan untuk menjalani pemulihan. Cedera tersebut juga sering kambuh dan diperparah dengan masalah hamstring yang menimpanya. Pada 2023/2024, ia dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion demi mengembalikan ritme bermainnya.

3. Ferran Torres mulai menunjukkan konsistensi bermain

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunFerran Torres (fcbarcelona.com)

Barcelona merekrut Ferran Torres dari Manchester City pada Januari 2022 lalu. Ia datang dengan biaya 55 juta euro atau Rp889 miliar. Ia dikontrak hingga 2027 dan langsung dipagari dengan klausul pelepasan 1 miliar euro.

Sempat mengalami kesulitan di awal kedatangannya, Torres kini perlahan menunjukkan kualtasnya. Pemain berusia 23 tahun ini sudah melakoni 79 pertandingan di berbagai ajang. Winger asal Spanyol ini berhasil menyumbang 17 gol dan 8 assist bagi Barcelona.

4. Ronald Araujo menjadi bek tangguh tak tergantikan

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunRonald Araujo (instagram.com/ronaldaraujo_4)

Ronald Araujo meneken perpanjangan kontrak pada 29 April 2022 lalu. Ia akan bertahan lebih lama di Camp Nou hingga 2026 mendatang. Klausul pelepasan dengan nilai fantastis juga disertakan dalam kontrak barunya tersebut.

Pemain berpaspor Uruguay ini merupakan bek tangguh andalan Barcelona. Araujo telah bermain dalam 116 laga. Ia cukup produktif dengan menyumbang 7 gol dan 3 assist. Dengan usianya yang masih 24 tahun, ia diproyeksikan sebagai pemain jangka panjang klub.

5. Gavi berperan sebagai pengatur permainan Barcelona dari lini tengah

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunGavi (instagram.com/pablogavi)

Pada 14 September 2022 lalu, Barcelona memberikan Gavi perpanjangan kontrak hingga 2026. Nilai pelepasan 1 miliar euro disematkan dalam perjanjian tersebut. Maklum saja, ia merupakan salah satu sosok gelandang muda andalan Blaugrana.

Gavi merupakan didikan akademi La Masia yang sukses menembus skuad utama di usia muda. Kiprah menonjolnya bersama Barcelona terjadi di musim debutnya pada 2021/2022. Ia sukses meraih penghargaan Kopa Thropy dan Golden Boy 2022. Ia kini sudah terlibat dalam 105 laga dengan torehan 7 gol dan 12 assist.

Baca Juga: Gavi, Pemain Termuda dengan 100 Penampilan buat Barcelona

6. Raphinha sudah dipagari klausul rilis fantastis sejak bergabung pada 2022

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunRaphinha (fcbarcelona.com)

Barcelona merekrut Raphinha pada musim panas 2022. Ia diboyong dari Leeds United dengan biaya 58 juta euro atau Rp948 miliar. Pemain berusia 26 tahun ini datang dengan pengalaman matang. Hal itu yang membuatnya diberi klausul rilis fantastis dalam kontraknya.

Musim debutnya pada 2022/2023, Raphinha menjadi andalan baru di sisi penyerangan. Ia terlibat dalam 50 pertandingan di semua ajang. Ia juga produktif lewat torehan 10 gol dan 12 assist. Ia turut berperan penting mengantarkan Blaugrana merengkuh titel LaLiga Spanyol. 

7. Jules Kounde berkembang menjadi bek berkelas dan kokoh di lini pertahanan

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunJules Kounde (instagram.com/jkeey4)

Tak cuma Raphinha yang datang pada musim panas 2022, Barcelona juga merekrut Jules Kounde dari Sevilla. Biaya transfer senilai 50 juta euro atau Rp817 miliar menjadi kesepakatan kedua klub. Bek berusia 24 tahun ini juga menjadi aset masa depan klub berkat kualitasnya.

Kounde telah menunjukkan statusnya sebagai salah satu bek elite. Tak hanya piawai di atas lapangan, ia juga dikenal sebagai salah satu pemain paling stylish. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 49 pertandingan di berbagai ajang. Ia mampu menyumbang 2 gol dan 7 assist.

8. Alejandro Balde dipercaya sebagai suksesor Jordi Alba

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunAlejandro Balde (instagram.com/alejandrobalde)

Alejandro Balde baru memperpanjang kontraknya pada 20 September 2023 lalu. Nilai pelepasan 1 miliar euro atau Rp16,33 triliun disertakan kepadanya. Ia akan bertahan di Camp Nou hingga 2028 mendatang.

Balde menjadi incaran banyak klub usai performa apiknya pada 2022/2023 lalu. Pada mulanya, ia hanya pelapis Jordi Alba. Seiring waktu, ia mampu menggeser sang senior dan menunjukkan permainan apiknya. Kini, ia diplot sebagai suksesor Jordi Alba di pos kiri pertahanan setelah sang pemain hengkang pada musim panas 2023 lalu.

9. Lamine Yamal menjadi sensasi tersendiri di usia yang masih 16 tahun

9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 TriliunLamine Yamal (instagram.com/lamineyamal)

Lamine Yamal menjadi sensasi bersama Barcelona pada 2023/2024. Ia sudah menembus skuad utama di usianya yang masih 16 tahun. Perpanjangan kontrak kemudian diberikan manajemen pada 2 Oktober 2023. Ia merupakan pemain teranyar dengan klausul pelepasan senilai 1 miliar euro. Ia akan berada di Camp Nou hingga 2026 mendatang.

Bukan hal mengejutkan jika Barcelona bergerak cepat memagari Yamal dengan nilai fantastis. Ia mampu menunjukkan talentanya kepada dunia berkat kemampuan bermainnya. Usianya yang masih muda bukan suatu halangan baginya untuk beradaptasi di Barcelona. Hal itu yang membuatnya bisa menembus skuad utama dan langsung nyetel.

Para pemain di atas menjadi tumpuan masa depan Barcelona. Nilai klausul rilis yang fantastis merupakan bagian dari manajemen mencegah bintang mudanya dibajak klub lain. Mereka tidak ingin transfer mengejutkan Neymar Jr ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2017 lalu terulang kembali.

Baca Juga: Klausul Gila Wonderkid Barcelona Lamine Yamal, Sampai Rp16 Triliun

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya