4 Pemain yang Dilepas Chelsea ke Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2023

Salah satunya Pierre-Emerick Aubamayeng

Chelsea melakukan perombakan besar-besaran pada musim panas 2023. Banyak pemain muda didatangkan ke Stamford Bridge untuk proyek jangka panjang. Namun, hal tersebut juga membuat sederet pemain senior dan berpengalaman dilepas.

Klub asal London ini tercatat melepas 23 pemain pada musim panas 2023. Sebagian besar berhasil dijual untuk mendapatkan pemasukan, tetapi ada juga yang dipinjamkan. Dari jumlah tersebut, terdapat empat pemain yang dilepas ke klub Ligue 1 Prancis. Siapa saja?

1. Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Marseille

4 Pemain yang Dilepas Chelsea ke Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2023Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/olympiquedemarseille)

Pierre-Emerick Aubameyang menjalani musim yang tidak menyenangkan di Chelsea. Pemain asal Gabon ini hanya bertahan selama setahun di Stamford Bridge. Ia datang pada musim panas 2022 lalu saat masa kepelatihan Thomas Tuchel.

Faktor pergantian pelatih dinilai sebagai penyebab Aubameyang gagal bersaing di skuad utama. Setelah Chelsea memecat Thomas Tuchel dan menggantinya dengan Graham Potter, peluang bermainnya seketika hilang. Begitu pun ketika ditangani oleh Frank Lampard, ia juga jarang diturunkan untuk bermain.

Secara total, Aubameyang hanya bermain sebanyak 21 laga dengan sebagian besar sebagai pemain pengganti. Dari jumlah laga tersebut, ia membuat 3 gol dan 1 assist. Bomber berusia 34 tahun ini akhirnya direkrut oleh Olympique Marseille. Ia diberi kontrak berdurasi 3 tahun, yang berlaku hingga 2026 mendatang.

2. Tiemoue Bakayoko habis kontrak dan berlabuh ke FC Lorient

4 Pemain yang Dilepas Chelsea ke Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2023Tiemoue Bakayoko (fclorient.bzh)

Tiemoue Bakayoko dilepas Chelsea setelah kontrak habis pada Juli 2023. Ia merapat ke FC Lorient dan dikontrak hingga 2025. Kiprahnya bersama The Blues terbilang tidak mengesankan. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain dibanding bermain di klub London ini. 

Gelandang berusia 29 tahun ini didatangkan Chelsea pada musim panas 2017 lalu dari AS Monaco. Perekrutan tersebut berdasarkan performa apiknya yang mampu membawa Les Rouge et Blanc menjuarai Ligue 1 2016/2017. Ia menjadi gelandang andalan dengan tampil sebanyak 51 kali pada musim tersebut.

Musim perdananya pada 2017/2018, Bakayoko mampu terlibat dalam 43 pertandingan. Sayangnya, musim tersebut merupakan satu-satunya peirode ia bermain dengan seragam Chelsea. Tahun-tahun setelahnya, ia lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain, seperti AC Milan, AS Monaco, dan Napoli.

Baca Juga: Duel Bournemouth Vs Chelsea Berakhir Antiklimaks

3. Angelo dipinjamkan ke RC Strasbourg demi menambah pengalaman bermain

4 Pemain yang Dilepas Chelsea ke Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2023Angelo (rcstrasbourgalsace.fr)

Angelo merupakan rekrutan baru Chelsea pada musim panas 2023. Pemain berusia 18 tahun ini diboyong dari klub Brasil, Santos. Namun, ia langsung dipinjamkan ke RC Stasbourg selama musim 2023/2024.

Chelsea membeli Angelo untuk diproyeksikan sebagai pemain masa depan klub. Ia dikontrak dengan durasi panjang dan dipinjamkan dahulu demi menambah pengalaman bermain. Peminjaman tersebut juga bertujuan untuk membuatnya beradaptasi dengan sepak bola Eropa.

Kendati masih muda, Angelo sudah membuktikan diri sebagai pemain bertalenta. Ia melakoni debutnya bersama Santos saat berusia 15 tahun pada 2020 lalu. Ia membela Santos selama 3 tahun dengan catatan 129 laga. Ia berhasil menyumbang 5 gol dan menghasilkan 10 assist.

4. Diego Moreira menjalani masa peminjaman di Lyon selama semusim

4 Pemain yang Dilepas Chelsea ke Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2023Diego Moreira (twitter.com/OL)

Diego Moreira dipinjamkan ke Olympique Lyon selama musim 2023/2024. Peminjaman yang dilakukan Chelsea ini bertujuan untuk menambah pengalamannya. Hal itu juga berguna agar dirinya bisa mendapatkan menit bermain reguler.

Pemain berusia 19 tahun ini baru direkrut Chelsea pada musim panas 2023. Moreira bergabung dari Benfica secara bebas transfer. Ia tak memperpanjang kontraknya dan menjajal tantangan baru dengan berpindah klub.

Winger asal Portugal ini merupakan lulusan akademi Benfica. Ia baru berkesempatan bermain sebanyak 2 kali dengan skuad utama. Meski demikian, statistikanya di akademi membuatnya menjadi pemain potensial. Ia terlibat dalam 62 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 11 assist.

Dari empat pemain di atas, dua di antaranya yang dilepas sejatinya tidak menambah pemasukan sebab pergi setelah habis kontrak. Namun, dua pemain lain yang dipinjamkan diharapkan dapat meningkatkan kualitasnya setelah kembali memperkuat Chelsea. Keduanya berpotensi menjadi andalan masa depan bagi The Blues.

Baca Juga: Cemoohan bagi Chelsea Adalah Sebuah Kewajaran

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya