3 Pemain Southampton yang Pindah ke Klub EPL Usai Terdegradasi

Romeo Lavia yang terbaru

Southampton melakoni 2022/2023 jauh dari kata memuaskan. Klub berjuluk The Saints ini mengakhiri English Premier League (EPL) di dasar klasemen. Hal tersebut membuat mereka terdegradasi dan harus bermain di EFL Championship pada 2023/2024.

Mentasnya Southampton di kasta kedua sepak bola Inggris membuat mereka kehilangan sejumlah pemain andalan. Beberapa pemain masih ingin berkiprah di kompetisi teratas sehingga hengkang pada musim panas 2023. Ada tiga nama yang dilepas The Saints ke klub EPL pada musim panas ini.

1. Tino Livramento hengkang ke Newcastle United

3 Pemain Southampton yang Pindah ke Klub EPL Usai TerdegradasiTino Livramento (nufc.co.uk)

Tino Livramento menjadi salah satu talenta muda yang mencuri perhatian. Ia bergabung dengan Southampton pada musim panas 2021 lalu dari Chelsea. Pemain yang masih berusia 20 tahun ini mampu menunjukkan penampilan yang mengesankan bersama The Saints.

Bek kanan kelahiran London ini diboyong Newcastle United pada musim panas 2023. The Magpies menebusnya dengan harga 32 juta pound sterling (Rp624 miliar) plus bonus 8 juta pound sterling (Rp156 miliar). Livramento dikontrak selama 5 tahun dan akan berada di St James' Park hingga 2028 mendatang.

Kehadiran Livramento bakal menambah kedalaman skuad yang dimiliki Newcastle United. Pasalnya, tim asuhan Eddie Howe ini bakal mentas di Liga Champions Eropa 2023/2024. Rotasi pemain diperlukan saat jadwal padat agar tetap bisa kompetitif di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 6 Pemain yang Dilepas Permanen Southampton pada Musim Panas 2023

2. James Ward-Prowse meninggalkan Southampton ke Wast Ham United

3 Pemain Southampton yang Pindah ke Klub EPL Usai TerdegradasiJames Ward-Prowse (whufc.com)

James Ward-Prowse merupakan salah satu legenda Southampton. Ia sudah bersama The Saints sejak anak-anak, saat menimba ilmu di akademi. Sang gelandang menjelma menjadi salah satu pemain penting di lini tengah tim.

Kesetiaannya diuji ketika Southampton degradasi dari Premier League pada 2022/2023. Terlebih lagi, statusnya sebagai kapten membuatnya berada dalam pilihan sulit. Namun, pada akhirnya, ia hengkang setelah 20 tahun berada di klub. Ia memutuskan untuk bergabung dengan West Ham United.

West Ham menebusnya dengan biaya 30 juta pound sterling atau Rp584 miliar. The Hammers mengikatnya selama 4 tahun, yang akan berlaku hingga 2027 mendatang. Ward-Prowse telah membuktikan diri sebagai salah satu gelandang terbaik di Premier League. Selama berada di Southampton, ia sudah terlibat dalam 410 laga dan mengemas 55 gol serta 54 assist.

3. Romeo Lavia akhir bergabung dengan Chelsea

3 Pemain Southampton yang Pindah ke Klub EPL Usai TerdegradasiRomeo Lavia (chelseafc.com)

Nama Romeo Lavia menarik perhatian pada musim panas 2023. Meski tak bisa menyelamatkan Southampton dari degradasi, performanya sebagai gelandang muda mampu mencuri perhatian pada 2022/2023 lalu. Ia pun menjadi rebutan pada bursa transfer.

Lavia menjadi rebutan dua klub top Premier League, Chelsea dan Liverpool. Pada awalnya, The Reds merupakan peminat utama Lavia. Southampton memagari sang gelandang dengan harga 50 juta pound sterling atau Rp973 miliar. Namun, bagi Liverpool, harga tersebut terlalu mahal. Mereka mencoba menawar sampai tiga kali di bawah harga tersebut. Sayangnya, Southampton tetap bersikukuh tak akan melepasnya.

Liverpool kemudian beralih ke Moises Caicedo dan mencoba membajak kesepakatan dengan Chelsea. Sayangnya, The Reds gagal dan justru harus kehilangan Lavia juga. Sang pemain memutuskan untuk memilih Chelsea usai merasa tak dijadikan prioritas pembelian. The Blues akhirnya memboyongnya dari Southampton dengan kesepakatan senilai 58 juta pound sterling atau Rp1,12 triliun plus bonus.

Ketiga pemain di atas merupakan andalan bagi Southampton. Sayangnya, mereka harus rela kehilangan, sebab hanya bermain di kasta kedua sepak bola Inggris. Kendati demikian, Southampton juga mendapatkan pemain pengganti di posisi masing-masing. Mampukah The Saints bangkit lagi dan kembali promosi ke Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya