6 Pemain yang Dilepas Permanen Southampton pada Musim Panas 2023

Romeo Lavia jadi yang paling baru

Southampton menjalani musim yang sangat buruk pada 2022/2023. Tim berjuluk The Saints ini harus mengalami degradasi setelah hanya mampu berada di peringkat ke-20 English Premier League (EPL). Ini membuat mereka harus tampil di Championship pada 2023/2024.

Southampton mengalami keadaan yang tidak menentu sehingga beberapa pemain memilih untuk hengkang pada musim panas 2023. Sejauh ini, sudah ada enam penggawa The Saint yang sudah pergi secara permanen. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud tersebut? Yuk, intip pemain yang dilepas permanen Southampton pada musim panas 2023!

1. Romeo Lavia memilih melanjutkan karier bersama Chelsea

https://www.youtube.com/embed/YIZ8hWy7EXU

Romeo Lavia adalah gelandang muda potensial yang bergabung dengan Southampton dari Manchester City pada musim panas 2022. Pemain 19 tahun ini setuju untuk menandatangani kontrak dengan durasi selama 5 tahun. Kehadirannya untuk membantu pertahanan dan memperkuat lini tengah The Saint.

Benar saja, Lavia menjelma jadi salah satu kunci permainan di lini tengah Southampton. Meski masih muda, dirinya sudah mendapat kesempatan secara reguler bersama The Saints. Dia mempunyai naluri bertahan dan kekuatan fisik yang hebat. Selain itu, kecepatannya kerap repotkan pertahanan lawan. Pemain kelahiran Brussels ini telah bermain dalam 34 laga dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist.

Lavia bisa menunjukkan performa yang mengesankan sehingga diperebutkan Chelsea dan Liverpool pada musim panas 2023. Pesepak bola asal Belgia ini lantas memilih untuk bergabung dengan The Blues. Dirinya ditebus dengan harga 62 juta euro atau Rp1 triliun dengan durasi kontrak sampai 2030.

2. James Ward-Prowse bergabung dengan West Ham United

6 Pemain yang Dilepas Permanen Southampton pada Musim Panas 2023James Ward-Prowse (whufc.com)

James Ward-Prowse adalah gelandang tengah jebolan akademi Southampton. Dirinya sudah bermain di berbagai kelompok umur. Pemain kelahiran Portsmouth ini bisa menunjukkan performa gemilang sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2012. Kehadirannya untuk menambah daya kreativitas lini tengah The Saints.

Perlahan, tetapi pasti, Ward-Prowse bisa jadi salah satu instrumen penting di lini tengah Southampton. Dirinya sering dipasang menjadi starter di berbagai ajang. Pemain yang terkenal dengan kemampuan tendangan bebas ini bahkan diplot sebagai kapten dari The Saints. Gelandang 28 tahun ini sudah berkontribusi dalam 410 laga dengan mencetak 55 gol dan 54 assist.

James Ward-Prowse jadi salah satu pemain yang diperebutkan setelah Southampton mengalami degradasi dari Premier League. Dirinya lantas menerima tawaran dari West Ham United pada musim panas 2023. The Hammers harus menebusnya dengan mahar sebesar 35 juta euro atau Rp582 miliar dengan kontrak hingga 2027.

3. Tino Livramento menerima pinangan Newcastle United

6 Pemain yang Dilepas Permanen Southampton pada Musim Panas 2023Tino Livramento (twitter.com/tino_livramento)

Tino Livramento merupakan bek kanan yang diboyong Southampton dari Chelsea pada musim panas 2021. Pesepak bola kelahiran London ini dianggap sebagai aset masa depan sehingga diikat kontrak selama 5 tahun. Dirinya diproyeksikan memperkuat pertahanan dan membantu serangan The Saints.

Livramento langsung menyatu dengan skema permainan Southampton. Dirinya bahkan kerap dipasang jadi starter di berbagai ajang. Namun, cedera mengganggu performanya sehingga harus absen lama. Dirinya hanya tercatat dalam 34 laga dengan mengukir 1 gol dan 2 assist.

Meski sering absen membela Southampton, Tino Livramento berhasil dipinang Newcastle United pada musim panas 2023. Dirinya dianggap masih memiliki potensi sehingga diboyong dengan harga sekitar 37,2 juta euro atau Rp619 miliar. Selain itu, Livramento setuju menandatangani kontrak sampai 2028.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!

4. Mohammed Salisu menjadi pengganti Axel Disasi di AS Monaco

https://www.youtube.com/embed/GVHIar1zIes

Mohammed Salisu berseragam Southampton setelah dibeli dari Real Valladolid pada musim panas 2020. Bek tengah berkebangsaan Ghana ini langsung diikat kontrak selama 4 tahun bersama The Saints. Kehadirannya untuk menambah kedalaman, terutama pada sektor pertahanan.

Musim pertamanya dilalui dengan tidak mudah, Mohammed Salisu mengalami cedera dan jarang mendapat menit bermain. Namun, dia bisa mendapat kepercayaan pelatih sehingga kerap tampil secara reguler di Southampton. Bek 24 tahun ini telah bermain dalam 80 laga dengan mengukir 1 gol dan 1 assist.

Performa solid membuatnya jadi incaran beberapa tim pada musim panas 2023. Mohammed Salisu kemudian diboyong AS Monaco. Dirinya diplot sebagai pengganti Axel Disasi yang hengkang ke Chelsea. Dia ditebus dengan harga sebesar 15 juta euro atau Rp249 miliar dengan durasi hingga 2028.

5. Mislav Orsic bertahan singkat dan memilih pergi ke Trabzonspor

https://www.youtube.com/embed/HBASxN4HD94

Mislav Orsic merupakan penyerang sayap yang didatangkan Southampton dari Dinamo Zagreb pada musim dingin 2023. Dirinya setuju dengan durasi kontrak selama 2 setengah tahun bersama The Saints. Pengalamannya diproyeksikan menambah ketajaman lini depan tim.

Mislav Orsic ternyata kesulitan menembus skuad utama Southampton. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang minim selama berseragam The Saints. Dia hanya mencatatkan lima penampilan di berbagai ajang. Hanya seumur jagung, pemain asal Kroasia ini dijual ke Trabzonspor pada musim panas 2023. Dirinya mendapat kontrak hingga 2025 bersama tim asal Turki tersebut.

6. Mohamed Elyounoussi membela FC Copenhagen setelah dilepas gratis Southampton

6 Pemain yang Dilepas Permanen Southampton pada Musim Panas 2023Mohamed Elyounoussi (fck.dk)

Mohamed Elyounoussi adalah penyerang sayap yang dibeli Southampton dari FC Basel pada musim panas 2018. Dirinya dianggap sebagai rekrutan potensial sehingga dipagari kontrak selama 5 tahun. Kemampuannya diharapkan bisa menambah daya gedor lini depan The Saints.

Kariernya ternyata tak sesuai harapan, Mohamed Elyounoussi kesulitan mendapat menit bermain dan lebih sering diplot sebagai pelapis. Keadaan tersebut diperparah dengan cedera. Ini membuatnya harus dipinjamkan ke Celtic pada musim panas 2019.

Pemain kelahiran Al-Hoceima ini tercatat sudah berkontribusi dalam 90 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 6 assist di berbagai ajang. Mohamed Elyounoussi lantas dilepas gratis oleh Southampton pada musim panas 2023. Tak sampai lama menganggur, dia menerima tawaran dari FC Copenhagen dengan durasi kontrak hingga 2027.

Keenam penggawa di atas dilepas Southampton pada musim panas 2023. Sebagian dari mereka mempunyai peran penting dalam skema permainan tim. Hal tersebut dilakukan karena The Saints mengalami degradasi dari English Premier League (EPL).

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya