5 Pemain Tertua yang Memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024

Jadi andalan Les Gones meski tak lagi muda

Olympique Lyon dihuni para pemain muda pada 2023/2024. Mereka mampu menjadi andalan dan berpotensi menjadi bintang masa depan tim.

Tak cuma pemain muda sebenarnya, ada juga nama-nama senior yang memperkuat Lyon. Meski performanya tak sebaik dahulu, para pemain ini punya segudang pengalaman. Mereka masih menjadi andalan dan bisa membantu perkembangan talenta muda dalam klub.

Siapa saja pemain tertua yang memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024?

1. Remy Riou menjadi kiper veteran yang sarat pengalaman

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024Remy Riou (ol.fr)

Remy Riou merupakan sosok kiper veteran berusia 36 tahun. Lyon merekrutnya pada musim panas 2022 lalu dengan kontrak selama 2 tahun. Ia didatangkan untuk menambah pengalaman di pos penjaga gawang.

Kiper bertinggi 191 cm ini merupakan didikan akademi Lyon yang promosi ke skuad utama pada 2006. Sayangnya, Riou kesulitan bersaing sehingga hengkang menjajal tantangan dengan klub lain. Kini, ia kembali lagi ke Lyon dengan banyak pengalaman. Ia total sudah melakoni 350 pertandingan di berbagai klub, seperti FC Lorient, AJ Auxerre, FC Nantes, hingga SM Caen.

2. Dejan Lovren berperan sebagai tembok kokoh di lini pertahanan

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024Dejan Lovren (instagram.com/dejanlovren06)

Lyon merekrut kembali bekas pemainnya, Dejan Lovren, pada Januari 2023 lalu. Kali ini, ia datang dengan segudang pengalaman. Ia pernah berkarier di klub-klub top, seperti Southampton, Liverpool, dan Zenit St Petersburg. Tak cuma mampir, ia menjadi andalan dan mampu berprestasi di klub yang dibelanya.

Berkat pengalaman bermainnya itu, kehadiran Lovren menjadi tambahan penting bagi lini belakang Lyon. Bek berusia 34 tahun ini memberikan kontribusi yang signifikan. Terlebih lagi, ia juga punya catatan bermain bersama Timnas Kroasia di level internasional. Hal bisa berguna untuk membimbing para pemain muda dalam skuad Les Gones.

Baca Juga: 4 Pemain yang Kembali ke Olympique Lyon pada Musim Panas 2023

3. Anthony Lopes tunjukkan kesetiaan dengan mengabdi sejak 2011

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024Anthony Lopes (instagram.com/antholopes_officiel)

Anthony Lopes merupakan kiper utama Lyon dalam sedekade terakhir. Pemain berusia 33 tahun ini adalah produk binaan akademi Lyon. Ia sudah menimba ilmu sejak usianya masih 9 tahun. Kemampuannya sebagai kiper membuatnya dipromosikan ke skuad utama pada 2012/2013.

Lambat laun, Lopes berhasil menyegel posisi kiper utama Lyon. Konsistensinya membuat kariernya bertahan lama. Ia bisa disebut sebagai one man one club sebab masih menjadi andalan hingga saat ini. Ia bisa saja pensiun di sini untuk menyempurnakan status tersebut. Sejauh ini, pemain Portugal ini sudah terlibat dalam 460 laga dengan catatan 148 clean sheet. 

4. Alexandre Lacazatte jadi tumpuan lini serang dalam mencetak gol

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024Alexandre Lacazette (ol.fr)

Tak cuma Remy Riou dan Dejan Lovren yang kembali memperkuat Lyon. Alexandre Lacazette juga memutuskan hal yang sama. Bomber berusia 32 tahun ini pulang ke Prancis setelah kontraknya berakhir dengan Arsenal pada musim panas 2022 lalu.

Periode pertamanya di Lyon pada 2010–2017 terbilang sukses besar. Saat itu, ia berkembang menjadi pemain muda bertalenta. Ia berhasil mencatatkan 275 laga dengan torehan 129 gol. Setelah kembali memperkuat Les Gones, ia didapuk sebagai kapten dan menjadi tumpuan lini serang. Pada 2022/2023 lalu, ia berhasil menciptakan 32 gol dan 6 assist dari 43 laga.

5. Nicolas Tagliafico tak tergantikan di sisi kiri pertahanan tim

5 Pemain Tertua yang Memperkuat Olympique Lyon pada 2023/2024Nicolas Tagliafico (ol.fr)

Nicolas Tagliafico datang ke Lyon pada musim panas 2022 lalu. Ia menjajal karier baru di Prancis setelah berkarier di Belanda bersama Ajax Amsterdam pada 2018–2022. Bek kiri berusia 31 tahun ini mempunyai pengalaman matang dalam bermain. 

Hal itu terbukti dengan statusnya sebagai juara dunia. Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, Tagliafico berperan besar mengantarkan Timnas Argentina merengkuh juara. Kini, ia menjadi andalan di sisi kiri pertahanan Lyon berkat pengalaman yang dimilikinya. 

Para pemain di atas menunjukkan bahwa berusia tua bukan berarti tak terpakai. Tak cuma nama-nama di atas, banyak pemain senior yang menghuni tiap lini. Pengalaman bermain di berbagai klub dan level internasional berguna membantu pemain muda Lyon berkembang.

Baca Juga: 7 Pemain Paling Sering Dimainkan Laurent Blanc di Olympique Lyon

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya