5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!

Tambahan segar bagi finansial klub

Sporting CP menjadi salah satu klub yang aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Klub asal Portugal ini lebih banyak menjual pemainnya daripada membeli. Beberapa nama dilepas dengan harga mahal. Hal tersebut memberikan keuntungan tambahan bagi finansial klub.

Berikut lima pemain yang dijual Sporting CP pada musim panas 2023.

1. Pedro Porro dijual ke Tottenham Hotspur

5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!Pedro Porro (premierleague.com)

Pedro Porro menuntaskan kepindahan secara permanen ke Tottenham Hotspur. Sebelumnya, pemain berusia 23 tahun itu menjalani masa peminjaman bersama The Lilywhites. Ia bergabung pada deadline day bursa transfer Januari 2023 lalu.

Kesepakatan Tottenham Hotspur dan Sporting CP adalah membeli pada akhir musim 2022/2023. Permainan Pedro juga menjanjikan di tim asal London Utara ini. Ia mampu menjadi andalan di sisi kanan pertahanan dengan 17 kali bermain. Pedro kemudian dikontrak selama 5 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang. Kepindahannya ke Inggris ini membuat Sporting mendapatkan dana besar senilai 40 juta euro atau Rp670 miliar.

2. Manuel Ugarte bergabung dengan PSG

5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!Manuel Ugarte (en.psg.fr)

Manuel Ugarte menjadi salah satu penjualan mahal Sporting CP pada musim panas 2023. Paris Saint-Germain menebusnya dengan harga 60 juta euro atau Rp1 triliun. Les Parisiens mengikatnya dengan kontrak selama 5 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang.

PSG berani mengeluarkan harga mahal tersebut berkat kualitas dari Ugarte. Posisinya sebagai gelandang bertahan mampu menjaga kestabilan lini tengah Sporting. Ia bermain selama 2 musim dengan catatan 85 pertandingan. Kedatangannya ke PSG menjadi prospek cerah sebab usianya yang masih 22 tahun. Ia dapat berkembang lebih baik lagi di Paris.

Baca Juga: 5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!

3. Tiago Tomas dilepas ke VfL Wolfsburg

5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!Tiago Tomas (twitter.com/VfL_Wolfsburg)

Sporting CP melepas Tiago Tomas ke VfL Wolfsburg. Klub Bundesliga Jerman tersebut membelinya dengan harga 8 juta euro Rp133 miliar. Ia dikontrak selama 4 tahun, yang berlaku hingga 2027 mendatang.

Tomas merupakan lulusan akademi Sporting. Ia bergabung sejak usia muda. Namun, Tomas baru promosi ke tim utama pada musim panas 2020 lalu. Ia berhasil tampil sebanyak 66 kali. Ia sempat dipinjamkan selama 1,5 tahun ke VfB Stuttgart pada 2022–2023. Pada periode tersebut, ia bermain dalam 44 pertandingan dengan mengemas 9 gol dan 4 assist. 

4. Arthur Gomes merapat ke Cruizero

5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!Arthur Gomes (instagram.com/arthur)

Arthur Gomes dilepas Sporting CP ke klub Brasil, Cruzeiro. Pemain yang berposisi sebagai winger kiri itu dijual seharga 3 juta euro atau Rp50 miliar. Ia diikat kontrak 3,5 tahun, yang berlaku hingga akhir 2026 mendatang.

Kembalinya Gomes ke Brasil, yang merupakan negara asalnya, terbilang cepat. Ia berada di Sporting baru setahun setelah pindah pada musim panas 2022. Padahal, ia baru bermain di Eropa, khususnya Portugal mulai pada 2021 ketika bergabung dengan Estoril Praia. Selama masa singkatnya di Sporting, ia bermain dalam 38 pertandingan. Ia berhasil mencetak 4 gol dan 4 assist. 

5. Chermiti menjadi pemain Everton

5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!Chermiti (evertonfc.com)

Chermiti menjadi pemain terakhir yang dijual Sporting CP. Pemain berusia 19 tahun ini dijual seharga 15 juta euro atau Rp251 miliar. Ia mendapat kontrak selama 4 tahun, yang berlaku hingga 2027 mendatang, dari Everton.

Kedatangan Chermiti ke Everton ini menambah kualitas serangan The Toffees. Usianya yang masih muda berpotensi untuk berkembang lebih baik lagi. Terlebih lagi, ia dapat mengasah kemampuannya di Inggris.

Para pemain di atas mampu memberi suntikan dana terhadap Sporting CP. Secara total, manajemen sudah mendapatkan dana segar senilai 126 juta euro atau Rp2,11 triliun. Dengan masih dibukanya bursa transfer musim panas 2023, mungkin akan ada pemain yang berpotensi dijual lagi.

Baca Juga: 10 Fakta Manuel Ugarte, Gelandang Tangguh yang Diincar Klub Top Eropa

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya