5 Pemain yang Dilepas Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023

Ada Marcus Thuram hingga Jonas Hofmann

Borussia Moenchengladbach aktif berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Sejumlah pemain didatangkan Die Fohlen untuk meningkatkan kualitas skuad. Hal tersebut bertujuan untuk bisa bermain kompetitif pada 2023/2024.

Tak hanya membeli pemain, Borussia Moenchengladbach juga melepas sederet nama. Beberapa di antaranya merupakan pemain andalan dan sudah lama memperkuat Die Fohlen. Para pemain tersebut ada yang ingin menjajal tantangan baru. Namun, terdapat juga yang kontraknya sudah habis.

Siapa saja para pemain tersebut? Berikut sederet nama yang dilepas Borussia Moenchengladbach pada musim panas 2023.

1. Marcus Thuram dilepas ke Inter Milan secara bebas transfer

5 Pemain yang Dilepas Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023Marcus Thuram (inter.it)

Marcus Thuram memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya di Borussia Moenchengladbach. Ia memilih pergi secara bebas transfer pada musim panas 2023. Pemain berusia 26 tahun ini hengkang ke Italia memperkuat Inter Milan.

Inter Milan mengontrak Thuram selama 4 tahun dan akan berlaku hingga 2027. Ia akan menjadi tambahan signifikan bagi lini serang I Nerazzurri. Kualitasnya sebagai seorang striker sudah teruji ketika berseragam Moenchengladbach.

Thuram bermain untuk Moenchengladbach selama 4 musim sejak bergabung pada 2019 lalu. Ia telah terlibat dalam 134 pertandingan di berbagai kompetisi. Bomber kelahiran Parma ini mampu mengemas 44 gol dan menghasilkan 29 assist.

2. Jordan Beyer dipermanenkan Burnley usai kiprah impresif saat masa peminjaman

5 Pemain yang Dilepas Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023Jordan Beyer (burnleyfootballclub.com)

Burnley memermanenkan Jordan Bayer dari Borussia Moenchengladbach pada musim panas 2023. Hal tersebut menyusul performa impresifnya selama masa peminjaman pada 2022/2023. Pemain asal Jerman itu ditebus dengan harga 15 juta euro atau Rp247 miliar.

Selama masa peminjaman, Beyer tampil kokoh di lini pertahanan Burnley. Ia bermain dalam 36 pertandingan. Pemain asal Jerman ini menjadi bagian penting The Clarets menjuarai EFL Champhionship sekaligus promosi ke English Premier League 2023/2024.

Pemain asal Jerman ini akan dikontrak selama 4 tahun hingga 2027 mendatang. Kualitasnya sebagak salah satu bek muda diyakini akan membantu Burnley kompetitif. Performa apiknya diharapkan dapat diteruskan di berbagai kompetisi bersama The Clarets.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dibeli Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023

3. Jonas Hofmann menjajal tantangan baru dengan berlabuh ke Bayer Leverkusen

5 Pemain yang Dilepas Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023Jonas Hofmann (bundesliga.com)

Jonas Hofmann mengakhiri kiprah gemilangnya di Borussia Moenchengladbach pada musim panas 2023. Ia meninggalkan Borussia Park setelah 7,5 tahun berseragam Die Fohlen. Ia berlabuh ke sesama klub Bundesliga Jerman, yakni Bayer Leverkusen.

Bayer Leverkusen membeli Hofmann senilai 10 juta euro atau Rp165 miliar. Ia dikontrak selama 4 tahun hingga 2027 mendatang. Kepindahannya ini akan menjadi tambahan signifikan bagi Die Werkslef. Ia merupakan pemain serbabisa yang berpengalaman level klub maupun internasional.

Selama membela Moenchengladbach, Hofmann terlibat dalam 214 pertandingan. Ia berhasil mengemas 48 gol dan menghasilkan 51 assist. Posisi utamanya adalah winger kanan, tetapi ia bisa berperan sebagai striker, gelandang serang, hingga gelandang tengah. Ia juga merupakan andalan di Timnas Jerman dan sudah mengoleksi 21 caps.

4. Ramy Bensebaini hengkang ke Borussia Dortmund usai kontraknya habis

5 Pemain yang Dilepas Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023Ramy Bensebaini (bvb.de)

Ramy Bensebaini merupakan rekrutan pertama Borussia Dortmund pada musim panas 2023. Pemain berusia 28 tahun ini bergabung secara gratis usai kontraknya habis bersama Borussia Moenchengladbach. Ia dikontrak dengan durasi 4 tahun hingga 2027.

Kualitas Bensebaini akan diandalkan Borussia Dortmund. Pengalamannya di sepak bola Jerman sudah cukup lama. Ia membela Moenchengladbach selama 4 tahun dengan catatan 113 pertandingan. Posisi bermainnya adalah bek kiri, tetapi ia cukup produktif dengan torehan 25 gol dan 8 assist.

Kemampuan Bensebaini juga sudah teruji di level internasional. Ia merupakan andalan bagi Timnas Aljazair. Ia melakoni debutnya pada 2017 lalu dan sejauh ini sudah mengoleksi 54 caps. Pengalamannya akan berguna bagi Borussia Dortmund untuk bisa tampil kompetitif.

5. Lars Stindl kembali ke klub masa kecilnya, Karlsruher SC

5 Pemain yang Dilepas Borussia Moenchengladbach pada Musim Panas 2023Lars Stindl (instagram.com/karlshurersc)

Lars Stindl memutuskan untuk meninggalkan Borussia Moenchengladbach. Ia tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2023. Sang kapten memilih untuk pulang dan kembali ke klub masa kecilnya, Karlsruher SC. Ia menandatangani kontrak jangka pendek selama setahun hingga Juni 2024 mendatang. 

Kepergian Stindl dari Moenchengladbach sekaligus mengakhiri kiprah gemilangnya selama 8 tahun. Ia telah menjadi panutan di dalam tim berkat jiwa kepemimpinan yang dimilikinya. Pemain berusia 35 tahun ini bermain sebanyak 271 kali bersama Die Fohlen. Ia berhasil membukukan 83 gol dan menghasilkan 62 assist.

Karlsruher SC sendiri merupakan klub yang berlaga di kasta kedua liga Jerman, yakni 2.Bundesliga. Karlsruher adalah tempat Stindl menimba ilmu dan mengawali kariernya sebagai pesepak bola. Ia berhasil tampil gemilang di akademi hingga bisa menembus tim utama. Ia menghabiskan waktu selama 10 tahun di sana pada periode 2000–2010. 

Para pemain di atas sejatinya merupakan andalan Borussia Moenchengladbach. Namun, keinginan mereka untuk pergi tidak bisa dibendung Die Fohlen. Manajemen pun sudah mendatangkan sejumlah pemain baru agar tetap bisa kompetitif pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal di Borussia Moenchengladbach pada 2022/2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya