5 Pemain yang Meninggalkan Lazio pada Musim Panas 2023

Banyak andalan yang dilepas I Biancocelesti

Lazio aktif merekrut pemain pada musim panas 2023. Hal tersebut juga dibarengi dengan keluarnya sejumlah nama. Para pemain yang hengkang ingin menjajal tantangan baru dengan pindah dari I Biancocelesti.

Beberapa pemain sejatinya merupakan andalan Lazio. Namun, terdapat juga yang pergi setelah kontraknya habis. Ada lima pemain yang memutuskan untuk pergi dari tim Elang Ibu Kota. Siapa saja?

1. Sergej Milinkovic-Savic hijrah ke Arab Saudi dengan memperkuat Al-Hilal

5 Pemain yang Meninggalkan Lazio pada Musim Panas 2023Sergej Milinkovic-Savic (twitter.com/Alhilal_EN)

Sergej Milinkovic-Savic hijrah ke Arab Saudi dengan menerima tawaran bermain untuk Al-Hilal. Lazio menerima biaya transfer senilai 40 juta euro atau Rp662 miliar. Ia dikontrak selama 3 tahun hingga 2026 mendatang.

Kepindahan Milinkovic-Savic dari Lazio sempat mendapatkan sorotan. Pasalnya, pemain berusia 28 tahun ini tengah berada pada masa keemasan. Banyak yang menyayangkan kepindahannya ke Arab Saudi hanya karena gaji. Padahal, ia merupakan salah satu gelandang top di Eropa.

Pemain internasional Serbia ini memperkuat Lazio mulai pada 2015 lalu. Selama 8 tahun, Milinkovic-Savic berkembang menjadi gelandang yang bermain konsisten bersama I Biancocelesti. Ia telah mencatatkan 341 pertandingan di lintas ajang dengan mengemas 69 gol dan menghasilkan 59 assist. Ia juga berhasil mempersembahkan 1 trofi Copa Italia dan 2 Supercoppa Italiana.

2. Francesco Acerbi dipermanenkan Inter Milan

5 Pemain yang Meninggalkan Lazio pada Musim Panas 2023Francesco Acerbi (twitter.com/Inter)

Pada 2022/2023 lalu, Inter Milan meminjam Francesco Acerbi dari Lazio. Permainan sang bek veteran berhasil mengantarkan I Nerazzurri menembus final Liga Champions Eropa. Selama masa peminjaman, pemain berusia 35 tahun ini mencatatkan 49 penampilan.

Pengalaman yang dimiliki Acerbi sangat membantu Inter Milan untuk tampil kompetitif. Hal tersebut yang menjadi alasan manajemen memermanenkannya. Ia ditebus dengan harga 3,5 juta euro atau Rp57 miliar dan dikontrak dengan durasi 2 tahun, yang berlaku hingga 2025 mendatang.

Kendari baru semusim bersama Inter Milan, Acerbi mampu menjadi sosok pemain yang menonjol. Usia bukan menjadi halangan baginya untuk tetap kompetitif dan bersaing di skuad utama. Kini, ia siap bersaing lagi bersama I Nerazzurri untuk menjalani musim kompetisi 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut oleh Lazio, Ada Kamada!

3. Luka Romero dilepas gratis ke AC Milan

5 Pemain yang Meninggalkan Lazio pada Musim Panas 2023Luka Romero (acmilan.com)

Luka Romero mencuri perhatian kala memperkuat Lazio. Bintang muda berusia 18 tahun ini mampu menjadi sensasi dalam skuad I Biancocelesti. Ia sudah menunjukkan talenta spesialnya sejak bergabung pada 2021 lalu. 

Potensi yang dimiliki Romero pun berkembang pesat di Lazio. Ia mampu membuat 21 kali penampilan. Namun, sang pemain memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya. Ia memutuskan untuk berpindah klub pada musim panas 2023.

Romero kemudian memilih untuk bergabung dengan AC Milan secara gratis. I Rossoneri seperti mendapatkan berkah dengan datangnya talenta muda seperti Romero. Pemain asal Argentina ini diberi kontrak dengan durasi selama 4 tahun di San Siro.

4. Gonzalo Escalante bergabung permanen ke Cadiz

5 Pemain yang Meninggalkan Lazio pada Musim Panas 2023Gonzalo Escalante (instagram.com/gonzaescalante5)

Gonzalo Escalante menjalani masa peminjaman yang sukses di Cadiz pada 2022/2023 lalu. Ia bergabung dengan klub asal Spanyol ini pada paruh kedua musim. Pemain berusia 30 tahun ini terlibat dalam 16 pertandingan dengan mengemas 4 gol dan 2 assist.

Kiprah singkat Escalante tersebut membuat Cadiz terkesan dan memermanenkannya pada musim panas 2023. Ia ditebus dari Lazio dengan biaya transfer senilai 2,5 juta euro atau Rp41 miliar. Gelandang berpaspor Argentina ini dikontrak selama 3 tahun hingga 2026 mendatang.

Kepindahan Escalante ini menjadi pilihan yang tepat. Lazio lebih sering meminjamkannya dalam beberapa musim terakhir. Sebelum Cadiz, ia pernah dipinjamkan ke Cremonese dan Alaves. Bersama Tim Elang Ibu Kota, ia hanya bermain sebanyak 31 kali.

5. Nicolo Armini pindah ke Potenza Calcio

5 Pemain yang Meninggalkan Lazio pada Musim Panas 2023Nicolo Armini (potenzacalcio.eu)

Nicolo Armini dilepas secara permanen Lazio ke klub kasta ketiga atau Serie C Italia, Potenza Calcio. Pada 2022/2023 lalu, pemain berusia 22 tahun ini menjalani masa peminjaman di sana dengan catatan 25 kali bermain. Ia pun dikontrak selama 2 tahun hingga 2025 mendatang.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini merupakan didikan akademi Lazio. Armini menjadi salah satu prospek yang potensial bagi I Biancocelesti. Sayangnya, ia gagal bersaing dengan para pemain yang lebih berpengalaman. Ia hanya pernah dimainkan sebanyak empat kali, selebihnya bermain untuk Lazio U-19.

Para pemain di atas meninggalkan Lazio sebab ingin menjajal tantangan baru. Meski harus kehilangan pemain andalan, seperti Sergej Milinkovic-Savic dan Luka Romero, I Biancocelesti sudah merekrut sejumlah nama baru sebagai pengganti. Skuad asuhan Maurizio Sarri tetap percaya diri untuk kompetitif pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Remaja yang Pernah Didatangkan AC Milan, Luka Romero Terbaru

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya