5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UCL 2023/2024

Ada Joao Felix hingga Julian Alvarez

Matchday perdana fase grup UEFA Champions League (UCL) 2023/2024 telah digelar. Banyak pertandingan yang menghadirkan duel sengit dan seru. Sejumlah tim-tim unggulan, seperti Barcelona, Paris Saint-Germain, hingga Manchester City, mampu meraih kemenangan.

Kemenangan tim-tim tersebut tidak terlepas dari andil besar para pemain. Mereka berhasil bermain impresif untuk membawa tim meraih tiga poin perdana. Siapa saja? Berikut lima pemain yang tampil gemilang pada matchday perdana UCL 2023/2024.

1. Joao Felix membantu Barcelona berpesta gol melawan Royal Antwerp

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UCL 2023/2024Joao Felix (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona melakoni laga perdana di Champions League 2023/2024 dengan melawan Royal Antwerp sebagai sesama penghuni Grup H.  Blaugrana diunggulkan sebab sang lawan merupakan debutan. Klub asal Belgia ini mentas untuk pertama kalinya di kompetisi tertinggi antarklub Eropa.

Status yang jomplang itu pun terlihat dari hasil akhir pertandingan. Barcelona yang lebih berpengalaman menang dengan mudah. Klub asuhan Xavi Hernandez berpesta gol ke gawang Royal Antwerp dengan skor 5-0.

Pemain yang menjadi bintang kemenangan adalah Joao Felix. Winger asal Portugal ini berhasil mencetak brace pada menit 11 dan 66. Ia juga menghasilkan assist untuk gol yang dibuat Robert Lewandowski. Felix dinobatkan sebagai Player of the Match dan masuk ke dalam Team of the Week. Ia juga dinominasikan sebagai Player of the Week.

2. Brace Wenderson Galeno membawa Porto meraih kemenangan di kandang Shakhtar Donetsk

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UCL 2023/2024Wenderson Galeno (instagram.com/fcporto)

Porto bertandang ke markas Shakhtar Donetsk untuk melakoni laga perdana di Grup H. Klub asal Portugal ini berhasil mencuri tiga poin. Mereka menang dengan skor 3-1 atas sang tuan rumah.

Pertandingan kedua tim sejatinya berlangsung sengit dan saling jual beli serangan. Meski bertindak sebagai tim tamu, Porto lebih sering menguasai bola. Mereka mampu bermain lebih efektif dibandingkan Shakhtar Donetsk.

Wenderson Galeno menjadi aktor kemenangan Porto. Semua gol yang diciptakan merupakan kontribusi pemain asal Brasil ini. Ia mencetak brace pada menit 8 dan 15. Ia juga menciptakan assist untuk gol yang dicetak Mehdi Teremi pada menit 29. Peran pentingnya tersebut mampu membawa Porto menang secara meyakinkan.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda di Liga Champions Eropa, Lamine Yamal Terbaru

3. Kreativitas Martin Odegaard mengantarkan Arsenal menang telak atas PSV Eindhoven

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UCL 2023/2024Martin Odegaard (arsenal.com)

Arsenal kembali mentas di Champions League dengan menghadapi PSV Eindhoven. Laga ini merupakan duel penghuni Grup B. Secara dominan, The Gunners berhasil menang atas sang tamu dengan skor meyakinkan 4-0.

Gelontoran gol-gol Arsenal diciptakan Bukayo Saka, Leandro Trossard, Gabriel Jesus, dan Martin Odegaard. Sorotan tertuju kepada Martin Odegaard yang memiliki peran penting di lini tengah The Gunners. Kreativitas yang dimilikinya mampu membawa tim bermain dengan apik.

Kemenangan ini merupakan catatan apik Arsenal dalam mengawali kampanye UCL setelah absen selama 7 tahun. Selain itu, kemenangan pada matchday perdana ini merupakan yang pertama kalinya sejak 2013/2014. Raihan tiga poin ini menjadi awal yang baik bagi Tim Meriam London.

4. Achraf Hakimi jadi aktor kemenangan Paris Saint-Germain kontra Borussia Dortmund

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UCL 2023/2024Achraf Hakimi (twitter.com/AchrafHakimi)

Paris Saint-Germain menghadapi lawan sulit pada matchday perdana Grup G UCL 2023/2024. Skuad asuhan Luis Enrique ditantang oleh wakil dari Jerman, yakni Borussia Dortmund. Kedua klub bermain dengan seimbang dan saling jual beri serangan menjadi suguhan menarik.

Berstatus sebagai tuan rumah nyatanya tak membuat PSG bermain dengan mudah. Borussia Dortmund memberikan perlawanan yang cukup sengit. Namun, Les Parisien bermain lebih efektif dan berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-0.

Gol-gol PSG dicetak Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi. Hakimi mendapatkan kredit lebih berkat perannya di sisi kanan pertahanan. Ia berhasil mencegah Borussia Dortmund melancarkan serangan dari sisi sayap. Pemain asal Maroko ini sukses menjaga gawangnya tak kebobolan.

5. Julian Alvarez mencetak brace saat Manchester City mengalahkan Red Star Belgrade

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UCL 2023/2024Julian Alvarez (mancity.com)

Manchester City bertemu lawan mudah di partai perdana Grup G melawan Red Star Belgrade. Sang juara bertahan Champions League mendapatkan keuntungan dengan bertindak sebagai tuan rumah. Skuad yang dinakhodai Pep Guardiola ini berhasil menang dengan skor 3-1.

Julian Alvarez menjadi bintang kemenangan Manchester City lewat torehan dua golnya. Sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Osman Bukari, pemain asal Argentina itu mampu membalikkan keadaan. Ia mampu mencetak dua gol untuk membuat keunggulan, yang kemudian dilengkapi Rodri.

Para pemain di atas mampu unjuk kualitasnya pada partai perdana UCL 2023/2024. Semuanya berhasil membawa klubnya untuk meraih kemenangan dan mendapatkan tiga poin perdana di babak grup. Menarik untuk menantikan kiprah mereka di laga-laga selanjutnya.

Baca Juga: 4 Wakil Italia di Liga Champions Eropa 2023/2024, Ada Duo Milan

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya