4 Wakil Italia di Liga Champions Eropa 2023/2024, Ada Duo Milan

Ada yang masuk grup neraka

UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions Eropa 2023/2024 telah bergulir. Ada total 32 tim yang bersaing untuk menjadi yang terbaik di kompetisi antarklub Eropa ini. Seperti edisi sebelumnya, ada beberapa negara yang mengirim lebih dari satu klub.

Salah satunya adalah Italia yang kembali menempatkan empat wakilnya musim ini. Keempat wakil Italia itu merupakan peringkat empat besar di Serie A 2022/2023. Dari keempat klub tersebut, ada dua wakil dari Milan.

Sayangnya, Juventus yang menjadi klub tersukses di Italia justru harus absen. Keempat wakil Italia di UCL musim ini berisi Napoli, Lazio, AC Milan, dan Inter Milan. Lantas, seperti apa peluang mereka di Liga Champions musim ini?

1. Napoli satu grup dengan raja Liga Champions

4 Wakil Italia di Liga Champions Eropa 2023/2024, Ada Duo Milanskuad Napoli 2023/2024 (sscnapoli.it)

Napoli keluar sebagai juara di Serie A 2022/2023. Mereka tentu saja berhak mewakili Italia di Liga Champions 2023/2024 ini. Menempati Pot 1 saat pembagian grup, mereka justru harus bertemu sang raja UCL, Real Madrid, pada fase grup.

Selain Real Madrid, Napoli juga akan bersua dua tim lain, yaitu SC Braga dan Union Berlin. Klub berjuluk I Partenopei ini tentu berhasrat untuk meraih hasil terbaik di Liga Champions musim ini. Apalagi, mereka belum sekali pun meraih trofi Si Kuping Besar.

2. Lazio bersaing di Grup E

4 Wakil Italia di Liga Champions Eropa 2023/2024, Ada Duo MilanPara pemain Lazio saat merayakan gol ke gawang Atletico Madrid di Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

Berikutnya, ada Lazio yang menjadi runner-up Serie A 2022/2023 lalu. Sama seperti beberapa klub Italia di daftar ini, Lazio juga cukup sering mewakili Italia di kompetisi antarklub Eropa. Namun, mereka tak terlalu superior saat berlaga di kompetisi Eropa khususnya Liga Champions.

Pada 2023/2024 ini, Lazio menempati Pot 3 saat pembagian grup. Mereka pun bersaing di Grup E bersama Feyenoord, Atletico Madrid, dan Celtic. Pada laga perdana, Lazio hanya mampu bermain imbang melawan Atletico Madrid di kandangnya sendiri.

Baca Juga: 4 Faktor Milan Kena Bantai Inter di Derby della Madonnina

3. AC Milan masuk Grup Neraka

4 Wakil Italia di Liga Champions Eropa 2023/2024, Ada Duo MilanPara pemain AC Milan setelah laga melawan Newcastle United di Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

Nasib kurang baik diterima AC Milan di Liga Champions Eropa 2023/2024 ini. Bagaimana tidak, mereka harus berada dalam grup yang disebut-sebut sebagai grup Neraka. Berada di Grup F, Rossoneri bersaing dengan Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, dan Newcastle United.

Melawan Newcastle United pada laga perdana, mereka justru harus puas bermain imbang. Ini menjadi awal yang kurang baik dalam upaya meraih kembali trofi UCL. Seperti yang kita, AC Milan menjadi klub tersukses kedua di ajang ini dengan raihan tujuh trofi.

4. Inter Milan berpeluang lolos dari fase grup dengan mudah

4 Wakil Italia di Liga Champions Eropa 2023/2024, Ada Duo Milanskuad Inter Milan 2023/2024 (inter.it)

Berbeda dengan rival sekota AC Milan, Inter Milan justru tergabung di grup yang relatif mudah di Liga Champions 2023/2024 ini. Hal itu pun membuka peluang Nerazzurri untuk lolos ke babak gugur. Berada di Pot 2 saat pembagian grup, mereka tergabung di Grup D. Ketiga lawan Inter Milan pada fase grup yaitu Benfica, RB Salzburg, dan Real Sociedad.

Praktis hanya Benfica yang diprediksi akan menyulitkan Nerazzurri. Meski begitu, mereka juga harus mewaspadai dua tim lainnya di grup ini. Pada 2022/2023 lalu, Inter Milan sukses menembus final sebelum akhirnya dikandaskan Manchester City.

Keempat wakil Italia tersebut tentu berhasrat meraih hasil maksimal di Liga Champions 2023/2024 ini. Namun, mereka harus lebih dulu melewati fase grup dengan untuk lolos ke babak gugur. Akankah ada wakil Italia yang kembali mencapai final pada musim ini?

Baca Juga: 5 Momen Terakhir AC Milan Berlaga di Liga Champions Eropa, Gagal Terus

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya