5 Pemenang Terakhir Piala Dunia Antarklub, Wakil Eropa Mendominasi!

Sebagai raja UCL, Real Madrid koleksi gelar paling banyak

Piala Dunia Antarklub akan digelar mulai 13 Desember hingga 22 Desember 2023. Edisi kali ini merupakan yang terakhir diikuti oleh tujuh klub dari enam konfederasi.

Format baru di mana Piala Dunia Antarklub bakal diikuti 32 klub peserta baru akan mulai diberlakukan pada 2025 mendatang. Nah, sebelum menikmati ajang Piala Dunia Antarklub 2023, mari menilik lagi kelima klub terakhir yang menjadi juara Piala Dunia Antarklub berikut, yuk!

1. Real Madrid sudah mengoleksi 5 gelar usai menjadi juara pada edisi 2022

5 Pemenang Terakhir Piala Dunia Antarklub, Wakil Eropa Mendominasi!Selebrasi para pemain Real Madrid setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub 2022. (olympics.com)

Real Madrid merupakan pemenang terakhir Piala Dunia Antarklub edisi 2022. Los Blancos melenggang ke turnamen ini setelah berhasil menjuarai Liga Champions Eropa 2021/2022. 

Langsung bermain di babak semifinal, Real Madrid menumbangkan wakil dari Afrika, Al-Ahly. Los Blancos memenangi laga dengan skor 4-1. Gol-gol Madrid diciptakan oleh Vinicius Junior, Rodrygo, Federico Valverde, dan Sergio Arribas. Sementara Al-Ahly hanya bisa membalas satu gol melalui lesakkan Ali Maalou.

Di partai final, Real Madrid menggila saat mengalahkan wakil dari Asia, Al-Hilal. Tak tanggung-tanggung, Los Blancos menang lewat skor 5-3. Vinicius Junior dan Federico Valverde masing-masing mencetak brace yang dilengkapi oleh satu gol Karim Benzema. Ada pun, Al-Hilal berhasil menghasilkan beberapa gol balasan melalui Moussa Marega dan dwigol Luciano Vietto.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama Santos

2. Chelsea memenangi Piala Dunia Antarklub perdana pada edisi 2021

5 Pemenang Terakhir Piala Dunia Antarklub, Wakil Eropa Mendominasi!Selebrasi para pemain Chelsea setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub 2021. (chelseafc.com)

Chelsea berhasil memenangi Piala Dunia Antarklub pada 2021. Gelar ini merupakan yang perdana bagi The Blues. Status mereka sebagai pemenang Liga Champions Eropa 2020/2021 berhasil dilengkapi dengan raihan juara di kompetisi ini. 

Al-Hilal menjadi lawan tangguh Chelsea di semifinal. The Blues menangi pertandingan dengan susah payah lewat skor 1-0. Gol tunggal dari Romelu Lukaku mengantarkan tim asal Inggris ini melaju ke partai final.

Di puncak, Chelsea ditunggu oleh wakil Amerika Selatan, yakni Palmeiras. The Blues harus bermain hingga babak perpanjangan waktu untuk menyegel kemenangan dengan skor 2-1. Dua gol tersebut dicetak oleh Romelu Lukaku dan Kai Havertz, sedangkan sang lawan hanya bisa membalas satu gol melalui Raphael Veiga.

3. Bayern Munich meraih Piala Dunia Antarklub 2020 untuk melengkapi raihan sextuple

5 Pemenang Terakhir Piala Dunia Antarklub, Wakil Eropa Mendominasi!Selebrasi para pemain Bayern Munich setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020. (fcbayern.com)

Bayern Munich sukses menjuarai Piala Dunia Antarklub edisi 2020. Kemenangan ini membawa Die Roten menciptakan sejarah. Tambahan trofi ini menyempurnakan raihan sextuple atau enam gelar dalam semusim pada 2019/2020. 

Pada partai semifinal, Bayern Munich menghadapi Al-Ahly yang merupakan wakil dari Afrika. Die Roten sukses menang dengan skor 2-0. Robert Lewandowski berhasil mencetak brace untuk mengantarkan tim melaju ke final. 

Di laga final, Bayern Munich ditantang klub asal Meksiko, Tigres. Die Roten menang dengan susah payah atas wakil dari Amerika Utara ini. Skor 1-0 menjadi hasil akhir laga ini dengan satu-satunya gol diciptakan oleh Benjamin Pavard.

4. Liverpool sukses meraih Piala Dunia Antarklub perdana pada 2019

5 Pemenang Terakhir Piala Dunia Antarklub, Wakil Eropa Mendominasi!Selebrasi para pemain Liverpool setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub 2019. (liverpoolfc.com)

Liverpool menciptakan sejarah kala memenangi Piala Dunia Antarklub perdana pada 2019. The Reds berhasil melengkapi pencapaian ini usai menjuara Liga Champions Eropa 2018/2019. Gelar ini menandai kebangkitan tim asal Merseyside di bawah asuhan pelatih Juergen Klopp.

Di semifinal, Liverpool melawan Monterrey yang berasal dari Meksiko. The Reds berhasil menang dramatis dengan skor akhir 2-1. Naby Keita dan Roberto Firmino menjadi pencetak gol Liverpool, sedangkan satu-satunya gol Monterrey dihasilkan melalui kaki Rogelio Munes Furi.

Sementara di partai final, Liverpool sempat kesulitan ketika menghadapi wakil dari Amerika Selatan, Flamengo. Klub asal Brasil ini memaksa The Reds untuk bermain hingga babak perpanjangan waktu. Gol kemenangan akhirnya berhasil dicetak oleh Roberto Firmino. Skor 1-0 cukup untuk mengantarkan Liverpool menjuarai Piala Dunia Antarklub.

5. Real Madrid digdaya dengan memenangi Piala Dunia Antarklub edisi 2018

5 Pemenang Terakhir Piala Dunia Antarklub, Wakil Eropa Mendominasi!Selebrasi para pemain Real Madrid setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub 2018. (uefa.com)

Piala Dunia Antarklub 2018 berhasil dimenangi oleh Real Madrid. Raihan juara ini merupakan ketiga kali mereka secara beruntun sejak 2016. Hal itu sejalan dengan kedigdayaan Los Blancos yang hattrick Liga Champions Eropa pada 2016–2018.

Real Madrid melawan Kashima Antlers yang mewakili Asia untuk mengawali kiprah di Piala Dunia Antarklub 2018. Los Blancos sukses mengalahkan klub asal Jepang itu dengan skor 3-1. Bintang lapangan di laga ini adalah Gareth Bale yang mencetak trigol

Di partai final, Real Madrid menghadapi klub asal Uni Emirat Arab, Al-Ain. Los Blancos berhasil menang meyakinkan dengan skor 4-1. Gelontoran gol tersebut dicetak melalui kaki Luka Modric, Marcos Llorente, Sergio Ramos, dan gol bunuh diri Yahia Nader. 

Para juara Piala Dunia Antarklub didominasi oleh wakil dari Eropa dalam sedekade terakhir. Pada edisi 2023 kali ini, Manchester City bakal bertugas menjadi wakil dari UEFA. Mereka menjadi wakil setelah menjuarai Liga Champions 2022/2023. Mampukah The Citizens meneruskan dominasi tim Eropa untuk menjadi juara edisi kali ini?

Baca Juga: 3 Eks Real Madrid Castilla yang Membela Girona pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya