5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama Santos

Neymar Jr. salah satunya

Musim 2023 adalah musim terburuk bagi Santos. Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, klub yang berdiri sejak 1912 itu harus rela terdegradasi ke Serie B Brasil. Kepastian itu terjadi setelah mereka kalah 1-2 dari Fortaleza pada laga terakhir Serie A Brasil 2023, Kamis (07/12/23) pagi hari WIB.

Terdegradasinya Santos merupakan sebuah tragedi bagi klub yang pernah meraih 8 kali juara Serie A Brasil, 1 kali juara Piala Brasil, 3 kali juara Copa Libertadores, 2 kali juara Piala Intercontinental, 1 kali juara Recopa Sudamericana, dan 1 kali juara Piala CONMEBOL. Banyak pemain hebat yang telah lahir di sana. Ada sedikitnya lima pemain aktif yang mengawali karier profesionalnya bersama Santos. Siapa sajakah mereka?

1. Neymar Jr pernah membawa Santos ke final Piala Dunia Antarklub pada 2011

5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama SantosNeymar Jr (twitter.com/SantosFC)

Jauh sebelum terkenal seperti sekarang ini, Neymar Jr. pernah membuat publik takjub di Piala Dunia Antarklub 2011. Selain menunjukkan skill-nya dalam mengolah bola, ia juga mencetak gol indah di semifinal saat Santos melawan Kashiwa Reysol. Gol dari luar kotak penalti itu mengandaskan tim asal Jepang itu dengan skor 3-1 dan membawa timnya melaju ke final. Namun, di final, Santos harus mengakui keunggulan Barcelona dengan skor 0-4.

Setelah itu, Neymar Jr. dikenal sebagai talenta yang menakjubkan. Pada 2013/2014, pemain yang mengoleksi 72 gol dari 139 laga untuk Santos itu memutuskan untuk berkiprah di Eropa bersama Barcelona. Itu juga merupakan awal karier cemerlangnya di Benua Biru.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling Mahal

2. Karier Ganso di Eropa tak semulus Neymar Jr.

5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama SantosGanso (skysports.com)

Paulo Henrique Chagas de Lima atau Ganso adalah salah satu rekan seangkatan Neymar Jr. di Santos dan Timnas muda Brasil. Ia sempat digadang-gadang jadi penerus Ricardo Kaka. Namun, kariernya tak semulus yang diharapkan.

Ganso sendiri pernah berkiprah di Eropa pada 2016–2019 di Sevilla. Namun, Pemain yang mengoleksi 15 gol dari 88 laga untuk Santos itu susah beradaptasi di sana. Sempat dipinjamkan oleh Sevilla ke klub Prancis, Amiens SC, permainannya masih belum berkembang. Alhasil, ia kembali merumput di Brasil bersama Fluminense sejak 2019.

3. Rodrygo Goes menjadi andalan di Real Madrid

5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama SantosRodrygo Goes (www.instagram.com/rodrygogoes)

Rodrygo Goes mengawali karier profesionalnya bersama Santos pada 2017. Di sana, pemain berusia 22 tahun itu sudah memperlihatkan bakatnya dalam bermain sepak bola. Membela Santos selama 2 musim, ia berhasil mengemas 13 gol dan 7 assist dari 58 laga. 

Melihat bakat Rodrygo yang mengesankan di Santos, Real Madrid akhirnya memboyongnya pada 2019. Biayanya mencapai 45 juta euro atau sekitar Rp752 miliar. Ia juga pernah menjadi salah satu pemain termuda yang pernah mencetak hattrick di Liga Champions 2019/2020 pada usia 18 tahun 301 hari.

4. Gabriel Barbosa pernah membela Inter Milan selama 1 musim

5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama SantosGabriel Barbosa (goal.com)

Gabriel Barbosa adalah seorang penyerang haus gol. Penyerang yang memulai karier profesionalnya di Santos pada usia 16 tahun itu punya naluri mencetak gol yang tinggi. Atas capaian itu, ia pun punya julukan Gabigol. 

Pada 2016, Inter Milan berhasil mendapatkan jasa pemain muda Brasil itu dengan biaya mencapai 25 juta euro atau sekitar Rp417 miliar. Namun, kariernya di tim Italia itu tak berjalan mulus. Ia hanya bertahan 1 musim dengan mengemas 1 gol dari 10 laga di semua ajang.

5. Angelo Gabriel adalah calon pemain hebat

5 Pemain Aktif yang Mengawali Karier Profesional Bersama SantosAngelo Gabriel (instagram.com/angelogabriel)

Terakhir, ada Angelo Gabriel. Namanya mungkin terdengar asing bagi sebagian pecinta sepak bola. Namun, pada 2023, ia berhasil direkrut Chelsea dari Santos dengan harga 14 juta pound sterling atau sekitar Rp273 miliar pada usia 18 tahun.

Angelo punya potensi jadi bintang besar di masa depan. Pemain yang berposisi sayap kanan itu berhasil mengemas 4 gol dan 10 assist dari 129 laga di Santos. Saat melakukan debutnya bersama Santos, ia tercatat sebagai pemain termuda yang bermain di Serie A Brasil. Momen itu ia buat pada saat usianya masih 15 tahun 308 hari.

Kelima pemain di atas menempuh jalan karier berbeda setelah keluar dari Santos. Namun, mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu semuanya memulai karier profesionalnya bersama Santos. Santos memang telah terbukti sebagai salah satu klub Liga Brasil yang mampu menghasilkan pemain-pemain bintang.

Baca Juga: Santos Terdegradasi dari Liga Utama Brasil setelah 111 Tahun

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya