5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!

Ada juga Teddy Sheringham

English Premier League merupakan salah satu liga paling kompetitif di dunia. Banyak pesepak bola muda dan top berkarier di sini. Terdapat juga pemain gaek yang masih eksis di ajang ini. Berkat pengalaman bermainnya, mereka bahkan mampu mencetak gol meski tak lagi muda.

Pada 2023/2024, rekor kembali tercipta di Premier League. Pertarungan sengit tersaji ketika Chelsea melawan Manchester City pada pekan ke-12. Kedua tim bermain ketat dan berakhir imbang dengan skor 4-4. Salah satu pemain veteran yang mencetak gol adalah Thiago Silva.

Bagi Thiago Silva, gol tersebut terasa spesial. Bek Chelsea ini mampu membuat gol sundulan ke gawang Manchester City saat usianya 39 tahun 51 hari. Termasuk sang pemain, berikut daftar pencetak gol tertua dalam sejarah Premier League.

1. Teddy Sheringham pencetak gol tertua pada usia 40 tahun 264 hari saat West Ham vs Portsmouth

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!Teddy Sheringham (whufc.com)

Teddy Sheringham adalah salah satu striker tajam di Liga Inggris. Ia merupakan pemegang rekor sebagai pencetak gol tertua di Premier League. Ia membuatnya bersama West Ham United saat melawan Portsmouth pada 26 Desember 2006. Saat itu, usianya sudah 40 tahun 264 hari. Sayangnya, golnya ini tak bisa membuat tim menang sebab kalah di akhir laga dengan skor 1-2.

Pria yang kini berusia 57 tahun ini aktif bermain pada periode 1984–2008. Ia adalah sosok striker yang hampir keseluruhan kariernya dihabiskan di tanah Inggris. Klub-klub yang dibelanya mulai dari Millwall, Tottenham Hotspur, Nottingham Forest, Manchester United, hingga West Ham United. Secara keseluruhan, ia bermain dalam 418 laga dengan mengemas 146 gol dan 61 assist di Premier League. 

2. Dean Windass berusia 39 tahun 231 hari saat mencetak gol untuk Hull City

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!Dean Windass (twitter.com/HullCity)

Dean Windass mencetak gol pada usia 39 tahun 231 hari saat Hull City berhadapan dengan Portsmouth. Gol itu tercipta di Premier League 2008/2009, tepatnya pada 22 November 2008. Saat itu, gol yang diciptakannya berperan penting mengantarkan The Tigers bermain imbang dengan skor 2-2. 

Bomber asal Inggris ini banyak menghabiskan kariernya di negara sendiri pada periode 1990–2012. Selain di Premier League, ia juga membela klub-klub di kasta kedua atau kasta ketiga liga. Ia pernah memperkuat Oxford United, Bradford, hingga Middlesbrough. Di Premier League, ia bermain dalam 104 pertandingan dengan menghasilkan 17 gol. 

Baca Juga: 5 Pemain Non-Inggris yang Jadi Kapten MU pada Era Premier League

3. Ryan Giggs membuat gol saat Manchester United vs Queens Park Rangers pada usia 39 tahun 85 hari

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!Ryan Giggs (twitter.com/premierleague)

Ryan Giggs merupakan legenda bagi Manchester United. Tak cuma itu, ia juga banyak memegang rekor di ajang Premier League. Salah satunya adalah menjadi pencetak gol tertua. Ia melakukannya pada 23 Februari 2013. Ia membobol gawang Queens Park Rangers pada usia 39 tahun 85 hari dan membawa The Red Devils menang melalui skor 2-0.

Meski lahir di Wales, Giggs berkarier di Inggris dan hanya untuk Manchester United. Ia aktif pada 1990–2014. Selain rekor di atas, ia juga merupakan pemegang assist terbanyak di liga dengan jumlah 162. Ia juga berkontribusi melalui torehan 108 gol dan 632 pertandingan. Ia berhasil membawa The Red Devils mendominasi Premier League dengan raihan 13 kali juara.

4. Thiago Silva mencetak gol bersama Chelsea saat melawan Manchester City pada usia 39 tahun 51 hari

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!Thiago Silva (premierleague.com)

Thiago Silva menjadi pemain teranyar yang masuk daftar pencetak gol tertua di Premier League. Golnya menghadapi Manchester City diciptakannya pada usia 39 tahun 51 hari. Pertandingan yang digelar pada 12 November 2023 ini berkesudahan dengan skor ketat 4-4.

Bek asal Brasil ini telah membuktikan sebagai sosok vital di lini pertahanan Chelsea. Pengalaman yang dimilikinya membantu The Blues untuk transisi dalam membangun skuad baru dengan dominasi nama muda. Meski sudah gaek, ia tetap menjadi andalan di skuad tim London Biru. Ia menjadi panutan berkat konsistensi permainan yang dimilikinya.

5. Stuart Pearce menciptakan gol saat West Ham melawan Southampton pada usia 38 tahun 211 hari

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!Stuart Pearce (whufc.com)

Stuart Pearce merupakan salah satu ikon yang dimiliki Premier League. Berposisi sebagai bek kiri, ia mampu mencetak gol saat usianya 38 tahun 211 hari. Gol tersebut diciptakannya bersama West Ham United saat melawan Portsmouth pada 25 November 2000 silam. Ia berhasil membantu The Hammers memenangi pertandingan dengan skor 3-2. 

Pria yang kini bekerja sebagai asisten pelatih di West Ham United ini aktif bermain pada 1978–2002. Selain West Ham, ia sejatinya menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Nottingham Forest. Ia juga pernah bermain untuk Conventry City, Newcastle United, dan Manchester City. Secara keseluruhan, ia mencatatkan 202 penampilan dengan sumbangsih 20 gol dan 5 assist di Premier League.

Bukan hal yang mudah untuk mencetak gol di Premier League. Namun, para pemain di atas menunjukkan bahwa kualitas mereka masih ada meski usianya tak lagi muda. Mereka menampilkan kelasnya dengan sebagai pemai top dengan mencetak gol bagi klub yang dibelanya.

Baca Juga: 6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandang

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya