5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio Reguilon

Salah satunya Nemanja Vidic

Sergio Reguilon bergabung dengan Manchester United pada deadline day bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Spanyol ini dipinjam dari Tottenham Hotspur selama semusim penuh pada 2023/2024. Ia akan mengenakan nomor punggung 15 bersama Setan Merah.

Sebelum Sergio Reguilon, terdapat sejumlah pemain yang mengenakan nomor punggung 15. Siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Marcel Sabitzer mengenakan nomor 15 saat masa peminjaman di Manchester United

5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio ReguilonMarcel Sabitzer (manutd.com)

Marcel Sabitzer menjadi pemakai nomor punggung 15 terakhir sebelum Sergio Reguilon. Ia dipinjam dari Bayern Muenchen pada musim dingin 2023 lalu. Ia hanya menjalani masa singkat sebagai pemain pinjaman di Manchester United, yakni pada paruh kedua musim 2022/2023.

Kendati hanya bermain selama 6 bulan bersama Manchester United, kiprah Sabitzer cukup penting. Ia terlibat dalam 18 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 1 assist. Selain itu, ia juga turut mengantarkan Setan Merah meraih juara Piala Liga Inggris 2022/2023.

Pada musim panas 2023, ia meninggalkan Bayern Muenchen setelah berada di Aliianz Arena 1,5 tahun. Ia kemudian bergabung bersama Borussia Dortmund. Gelandang internasional Austria ini dikontrak selama 4 tahun dan berlaku hingga 2027 mendatang.

2. Andreas Pereira menggunakan nomor 15 saat berada di skuad utama

5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio ReguilonAndreas Pereira (manutd.com)

Andreas Pereira merupakan didikan akademi Manchester United. Ia melakoni debutnya pada 2014 lalu saat usianya masih 18 tahun. Setelah debutnya, ia beberapa kali dipanggil ke skuad utama tetapi belum sebagai pemain reguler.

Pemain asal Brasil ini kemudian lebih sering dipinjamkan untuk mendapat menit bermain. Ia tercatat pernah bermain sebagai pemain pinjaman di Granada, Valencia, hingga Flamengo. Selama masa peminjaman tersebut, ia berhasil meningkatkan kualitas bermainnya.

Setelah dipinjamkan, Pereira bisa menembus skuad utama pada 2018/2019. Ia lalu memilih nomor punggung 15 di Manchester United. Ia mengenakannya pada periode 2018–2022. Ia tercatat bermain sebanyak 75 kali dengan mengemas 4 gol dan 5 assist. Setelah kesulitan bersaing, ia memutuskan pindah ke Fulham pada musim panas 2022 lalu. Kini, ia berhasil menjadi gelandang andalan The Cottagers.

Baca Juga: Profil Sergio Reguilon, Bek Baru Manchester United dari Spurs

3. Adnan Januzaj hanya menggunakan nomor 15 dalam waktu singkat

5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio ReguilonAdnan Januzaj (twitter.com/ManUtd)

Adnan Januzaj merupakan salah satu talenta muda yang pernah dimiliki oleh Manchester United. Ia berhasil menembus skuad utama dari tim akademi saat masih berusia 18 tahun. Debutnya terjadi pada Agustus 2013 lalu di laga Community Shield kontra Wigan Athletic.

Setelah debutnya yang mengesankan, Januzaj perlahan dipercaya bermain untuk mengisi sisi kanan penyerangan Manchester United. Pada awalnya, ia memilih nomor punggung 44 yang digunakan selama musim 2013/2014. Pada musim selanjutnya, yakni 2014/2015, ia berganti menggunakan nomor 11 setelah pensiunnya Ryan Giggs.

Sayangnya, penampilannya tak bersinar pada musim-musim selanjutnya. Ia dipinjamkan pada 2015/2016 ke Borussia Dortmund, tetapi dipulangkan kembali setelah gagal bersinar. Ia kembali dan mengenakan nomor 15 hingga pindah pada musim panas 2017 ke Real Sociedad. Secara keseluruhan, ia bermain sebanyak 63 kali. Kini, pemain asal Belgia ini memperkuat Sevilla.

4. Daley Blind sempat memakai nomor 15 selama semusim

5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio ReguilonDaley Blind (premierleague.com)

Daley Blind mungkin ikonis dengan nomor 17 di Manchester United. Namun, ia pernah menggunakan berganti nomor punggung bersama Setan Merah. Pada musim 2016/2017, ia menggantinya dengan nomor 15.

Kiprah Blind di Manchester United cukup penting pada masa awal transisi pergantian pelatih. Ia datang pada musim panas 2014 saat masa kepelatihan Louis van Gaal. Pemain asal Belanda ini kemudian berkembang menjadi andalan di sisi kiri pertahanan Setan Merah.

Selama memperkuat Manchester United pada periode 2014–2018, Blind mencatatkan 141 penampilan dan menyumbang 6 gol serta 11 assist. Ia juga turut mempersembahkan trofi bergengsi seperti Liga Europa, Piala FA, hingga Piala Liga Inggris. Saat ini, pemain berusia 33 tahun ini memperkuat Girona.

5. Nemanja Vidic menjadi legenda Manchester United

5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio ReguilonNemanja Vidic (twitter.com/ManUtd)

Nemanja Vidic merupakan salah satu bek tertangguh yang pernah membela Manchester United. Ia sudah memilih nomor punggung 15 saat bergabung dari Spartak Moscow pada musim dingin 2006 lalu. Ia berada di Old Trafford pada periode 2006–2014. 

Selama 8,5 tahun berseragam Manchester United, Vidic menjadi kunci sukses kedigdayaan Setan Merah di bawah pelatih Sir Alex Ferguson. Ia membentuk duet kokoh di lini pertahanan bersama dengan Rio Ferdinand. Penampilan impresifnya pada setiap musim selalu menghadirkan trofi ke Old Trafford.

Vidic sukses mempersembahkan deretan trofi bergengsi berupa 5 kali juara Premier League, 7 Community Shield, 3 Piala Liga Inggris, dan 1 titel Liga Champions. Ia total mencatatkan 300 pertandingan dengan menyumbang 21 gol dan 4 assist. Pada 2016 lalu, ia memutuskan pensiun dari sepak bola dengan klub terakhirnya adalah Inter Milan.

Sergio Reguilon didatangkan Manchester United untuk mengisi posisi bek kiri. Hal tersebut menyusul cederanya Luke Shaw dan Tyrell Malacia. Meski hanya berstatus sebagai pemain pinjaman, ia berpotensi menjadi bagian penting berkat pengalamannya di klub-klub top Eropa. Kualitas dan kemampuannya akan berguna untuk kompetitif pada musim 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Spanyol Bela Manchester United sebelum Sergio Reguilon

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya