Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!

Semuanya langsung tawarkan kontribusi nyata

Barcelona tidak terlalu banyak merekrut pemain baru pada bursa transfer musim panas 2023. Faktor finansial yang kurang stabil membuat manajemen memutuskan berhemat, termasuk untuk urusan membeli pemain. Namun, Barcelona tetap mendatangkan sejumlah pemain melalui skema bebas transfer atau peminjaman.

Untuk mengarungi musim kompetisi 2022/2023, Barcelona tercatat mendatangkan lima nama anyar ke Camp Nou. Kendati tak banyak, tambahan amunisi ini mampu membantu tim bersaing dalam perebutan juara LaLiga Spanyol 2023/2024. Siapa saja dan bagaimana performa mereka sejauh ini?

1. Joao Felix langsung moncer di lini serangan Barcelona

Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!Joao Felix (fcbarcelona.com)

Joao Felix langsung tampil nyetel bersama Barcelona. Keinginannya untuk membela Blaugrana berhasil terwujud dan tidak mengecewakan. Meski statusnya sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid, ia bermain dengan hati sehingga kualitasnya keluar dengan maksimal.

Sejauh ini, Felix sudah terlibat dalam 11 pertandingan di semua ajang. Penggawa Timnas Portugal ini telah mengemas 3 gol dan 3 assist sejauh ini. Catatan tersebut sangat apik mengingat penampilannya dalam beberapa musim terakhir yang cenderung menurun. Jika ia mampu meneruskan konsistensi ini, potensinya untuk dipermanenkan oleh Barcelona terbuka lebar pada musim panas 2024 mendatang.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Tampil untuk Barcelona di El Clasico 2023

2. Joao Cancelo mampu bermain produktif sebagai bek kanan

Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!Joao Cancelo (fcbarcelona.com)

Joao Cancelo datang ke Barcelona sebagai pemain pinjaman dari Manchester City. Ia akan berada di Camp Nou selama 2023/2024. Kualitasnya menjadi tambahan signifikan bagi lini belakang Blaugrana, terutama di sektor bek sayap. 

Pemain berpaspor Portugal ini telah membuktikan sebagai sosok kreatif. Cancelo memang dikenal sebagai pemain belakang dengan insting menyerang jempolan. Fitur tersebut yang membuat perannya lebih masif dalam fase penyerangan Barca. Selain itu, pengalamannya membela deretan klub top, seperti Juventus, Manchester City, hingga Bayern Munich menjadi nilai plus. Sejauh ini, Cancelo sudah bermain dalam 11 laga lintas kompetisi dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist

3. Oriol Romeu menjalankan peran gelandang bertahan dengan baik

Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!Oriol Romeu (fcbarcelona.com)

Oriol Romeu didatangkan Barcelona dari Girona. Biaya senilai 3,40 juta euro atau Rp57 miliar menjadi kesepakatan kedua klub. Sang pemain dikontrak selama 3 tahun hingga 2026 mendatang. Ia sekaligus menjadi satu-satunya pembelian Blaugrana pada musim panas 2023.

Kedatangannya ke Camp Nou sempat dipertanyakan. Pasalnya, ia diplot sebagai suksesor Sergio Busquets di pos gelandang bertahan. Nama besar sang mantan dianggap tidak sepadan dengan kualitas Romeu. Meski begitu, pemain yang juga jebolan La Masia ini mampu membuktikan kualitas. Gelandang 32 tahun ini berperan vital dalam 16 pertandingan di berbagai kompetisi bersama Barcelona sejauh ini. 

4. Inigo Martinez tampil apik di lini pertahanan Barcelona

Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!Inigo Martinez (fcbarcelona.com)

Barcelona merekrut Inigo Martinez secara gratis pada musim panas 2023. Ia bergabung setelah kontraknya habis bersama Athletic Bilbao. Kehadirannya menambah kedalaman skuad di lini pertahanan. Ia disodori kontrak berdurasi 2 tahun hingga 2025 mendatang.

Sejauh ini, penampilannya cukup apik meski belum bermain secara reguler. Martinez terlibat dalam 6 penampilan lintas ajang. Bek berusia 32 tahun ini mempunyai peran cukup penting dalam skuad. Pengalamannya selama membela Athletic Bilbao dan Real Sociedad membantu Barca bermain lebih solid.

5. Ilkay Guendogan menjadi sosok kreatif dalam permainan tim

Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!Ilkay Guendogan (fcbarcelona.com)

Ilkay Guendogan menjadi rekrutan gratis yang memainkan peranan di lini tengah Barcelona. Ia meninggalkan Manchester City setelah pengabdian bergelimang kesuksesan selama 7 tahun. Gelandang berpaspor Jerman ini ingin menjajal tantangan baru bersama Blaugrana. 

Pengalaman dan kualitasnya sebagai seorang gelandang jadi tambahan amunisi yang signifikan bagi Barcelona. Guendogan menjadi sosok kreatif di dalam permainan tim. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 14 kali lintas kompetisi. Peran kreatifnya juga menghasilkan 1 gol dan 4 assist untuk Barcelona.

Deretan pemain baru di atas mampu menunjukkan kemampuannya bersama Barcelona. Kendati baru bergabung, mereka langsung nyetel ke dalam permainan tim arahan Xavi Hernandez. Sejauh mana mereka mampu membawa Barcelona di akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Eks Barcelona yang Berkiprah di Saudi Pro League pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya