Performa 5 Gelandang Bayern Munich pada Paruh Musim 2023/2024

Jamal Musiala tampil ciamik!

Bayern Munich konsisten pada 2023/2024. Klub asal Jerman ini kompetitif di berbagai ajang. Di Bundesliga, mereka bersaing ketat dengan Bayer Leverkusen untuk memperebutkan titel juara. Sementara, di Liga Champions Eropa, Die Roten juga menjadi salah satu kandidat juara berkat performa impresif selama babak grup.

Penampilan kompetitif Bayern Munich ini terjadi berkat kedalaman skuad yang mumpuni. Die Roten diisi para pemain berkualitas di tiap lini. Selain itu, kompaknya para pemain dalam menjalankan strategi Pelatih Thomas Tuchel membuat tim bisa bersaing di berbagai ajang.

Salah satu posisi vital di dalam tim ini adalah gelandang. Pada 2023/2024, Bayern Munich memiliki enam pemain di posisi yang sama. Mereka menjadi penjaga stabilitas permainan tim di lini tengah. Begini performa mereka selama paruh musim ini.

1. Jamal Musiala tampil produktif sebagai gelandang serang

Performa 5 Gelandang Bayern Munich pada Paruh Musim 2023/2024Jamal Musiala (instagram.com/jamalmusiala10)

Jamal Musiala menunjukkan kemampuan bermainnya yang makin matang. Pemain berusia 20 tahun ini menjadi andalan di sektor gelandang serang Bayern Munich. Ia berperan sebagai kreator serangan untuk membantu produktivitas gol tim. 

Hingga paruh musim 2023/2024, Musiala sudah memainkan 19 laga di berbagai ajang. Ia juga berhasil membuat 7 gol dan menciptakan 3 assist. Selain sebagai gelandang serang, ia beberapa kali dipasang sebagai winger kiri maupun kanan. Kualitasnya yang berkembang sebagai pemain muda membuatnya menjadi prospek masa depan Bayern Munich.

2. Joshua Kimmich bermain spartan sebagai gelandang bertahan

Performa 5 Gelandang Bayern Munich pada Paruh Musim 2023/2024Joshua Kimmich (instagram.com/jok_32)

Joshua Kimmich dikenal sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik saat ini. Berkat kemampuan dan kualitasnya, ia bisa menjaga stabilitas permainan Bayern Munich dengan baik. Permainannya yang spartan dalam memutus serangan lawan menjadi senjatanya di lini tengah.

Pemain internasional Jerman ini telah terlibat dalam 21 pertandingan hingga paruh musim 2023/2024. Meski berposisi sebagai gelandang bertahan, Kimmich bermain cukup produktif. Ia sudah mengoleksi 1 gol dan 6 assist bersama Bayern Munich.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain NBA yang Memperkuat Bayern Munich 2023/2024

3. Leon Goretzka mampu menunjukkan performa impresif di lini tengah Bayern Munich

Performa 5 Gelandang Bayern Munich pada Paruh Musim 2023/2024Leon Goretzka (instagram.com/leon_goretzka)

Leon Goretzka menempati posisi sebagai gelandang tengah di Bayern Munich. Ia merupakan salah satu pengatur tempo permainan tim. Tugasnya menjadi penghubung antara lini pertahanan dan penyerangan sesuai dengan taktik yang dijalankan.

Sejauh ini, Goretzka sudah turun berlaga sebanyak 19 kali di semua kompetisi. Ia mampu mencetak 2 gol dan menghasilkan 3 assist. Meski berposisi sebagai gelandang tengah, ia beberapa kali dipasang sebagai gelandang bertahan dan bek tengah. Hal ini menjadi salah satu keunggulannya sehingga diandalkan pelatih Thomas Tuchel.

4. Konrad Laimer berperan sebagai gelandang serbabisa

Performa 5 Gelandang Bayern Munich pada Paruh Musim 2023/2024Konrad Laimer (instagram.com/konradlaimer)

Konrad Laimer merupakan pemain anyar Bayern Munich yang direkrut pada musim panas 2023 lalu. Ia bergabung secara bebas transfer setelah kontraknya habis bersama RB Leipzig. Pemain asal Austria ini meneken kontrak berdurasi 4 tahun hingga 2027 mendatang.

Perekrutan Laimer ini bertujuan untuk menambah kedalaman skuad. Berposisi asli gelandang tengah, ia justru lebih sering dipasang sebagai bek kanan. Dari 25 kali berlaga, 17 di antaranya beroperasi di sisi kanan pertahanan. Sementara itu, sepuluh laga lainnya bermain sebagai gelandang. Perubahan posisi ini akibat Bayern Munich yang mengalami krisis bek kanan.

5. Alexandar Pavlovic baru dipromosikan dari akademi ke tim utama Bayern Munich

Performa 5 Gelandang Bayern Munich pada Paruh Musim 2023/2024Aleksandar Pavlovic (instagram.com/alekspavlovic_)

Alexandar Pavlovic merupakan produk akademi yang berhasil promosi ke tim utama Bayern Munich. Keikutsertaannya pada tur pramusim pada 2023 lalu membuka jalannya menjadi bagian dari skuad. Ia lalu diberikan kontrak profesional pertama pada November 2023 lalu.

Pemain yang beroperasi sebagai gelandang bertahan ini menjadi prospek masa depan Bayern Munich. Usianya baru 19 tahun, tetapi Pavlovic mempunyai bakat potensial. Sejauh ini, ia sudah bermain sepuluh kali di berbagai kompetisi. Dengan berada di skuad utama, ia bisa belajar dan mengambil ilmu dari para pemain berpengalaman untuk meningkatkan kualitasnya.

Para gelandang di atas mampu berkontribusi penting. Peran mereka di lini tengah membantu Bayern Munich tampil konsisten di berbagai ajang. Kualitas yang dimiliki berpotensi menghadirkan gelar juara pada 2023/2024. Mampukah mereka mewujudkannya?

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Bayern Munich, Dier Terbaru!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya