Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024

Sebagian besar masih belum tampil maksimal

Arsenal tidak banyak merekrut pemain pada bursa transfer musim panas 2023 lalu. The Gunners tercatat hanya mendatangkan empat pemain ke Emirates Stadium. Tim Meriam London lebih banyak melepas pemainnya, baik dijual maupun dipinjamkan.

Terdapat 14 pemain yang dilepas oleh Arsenal. Dari jumlah tersebut, terdapat enam pemain yang dipinjamkan ke klub lain. Hal itu bertujuan untuk menambah menit bermain reguler yang berkurang jika tetap bertahan di Emirates Stadium.

Lalu, seperti apa performa para pemain Arsenal ini di klub yang meminjam mereka sejauh ini?

1. Kieran Tierney belum maksimal bersama Real Sociedad akibat menderita cedera

Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024Kieran Tierney (instagram.com/kierantierney)

Kieran Tierney dipinjamkan Arsenal ke Real Sociedad selama 2023/2024. Kedua klub menyepakati biaya peminjaman senilai 1,4 juta euro atau Rp23 miliar. Kedatangannya diharapkan dapat membantu klub asal Spanyol ini bersaing kompetitif.

Pemain asal Skotlandia ini bermain cukup apik di awal musim. Sayangnya, cedera hamstring menghambat kontribusinya untuk Real Sociedad. Tierney absen selama 54 hari dan melewatkan sembilan pertandingan. Sejauh ini ia baru bermain sebanyak 9 kali dengan catatan 1 assist.

2. Nuno Tavares kesulitan bersaing di pos bek kiri Nottingham Forest

Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024Nuno Tavares (twitter.com/NunoTavares)

Nottingham Forest meminjam Nuno Tavares dengan biaya 1,15 juta euro atau Rp19 miliar. Namun, performa yang ditunjukkannya jauh dari harapan. Bek asal Portugal ini baru diturunkan sebanyak tiga kali dan semuanya sebagai pemain pengganti.

Pemain berusia 23 tahun ini kesulitan untuk menjadi pilihan utama dari pelatih Steve Cooper. Sang juru taktik asal Wales ini lebih mempercayai Harry Tofolo untuk mengisi posisi utama di sektor bek kiri. Tavares masih perlu meningkatkan kemampuannya lagi agar bisa dipilih starter.

3. Marquinhos sering memulai laga dari bangku cadangan

Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024Marquinhos (instagram.com/_marquinhos011)

Marquinhos "disekolahkan" Arsenal ke FC Nantes demi bisa bermain reguler. Penampilannya bersama klub asal Prancis itu pun belum bisa maksimal. Beposisi sebagai winger, pemain berusia 20 tahun ini kerap memulai laga dari bangku cadangan.

Sejauh ini, Marquinhos baru dipercaya turun sebanyak 7 kali. Namun, ia hanya sekali diturunkan sebagai starter. Minimnya kontribusi tersebut membuatnya perlu mempercepat adaptasinya dengan sepak bola Eropa. Sebelumnya, ia pernah dipinjamkan ke Norwich City, tetapi masih belum bisa memenuhi harapan Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum Marquinhos

4. Albert Sambi Lokonga kalah bersaing dengan gelandang berpengalaman Luton Town

Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024Albert Sambi Lokonga (instagram.com/sambilokonga48)

Albert Sambi Lokonga merapat ke Luton Town untuk menambah kedalaman skuad di lini tengah tim. Sebagai tim promosi, Arsenal merasa meminjamkannya akan membantu untuk bisa berkembang sebab pengalamannya. Sayangnya, harapan tersebut tidak sesuai ekspektasi.

Pemain berusia 24 tahun ini justru kalah bersaing dengan gelandang yang lebih berpengalaman. Lokonga baru bermain sebanyak tiga kali bersama Luton Town. Ia menjadi pilihan kesekian dari pemain tengah yang ada. Nama-nama seperti Rose Barkley, Jordan Clark, dan Luke Berry lebih diprioritaskan untuk menjadi starter dibandingkan dirinya.

5. Arthur Okonkwo bermain reguler bersama Wrexham United

Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024Arthur Okonkwo (instagram.com/_arthurokonkwo)

Arsenal mengirim Arthur Okonkwo ke klub kasta keempat liga sepak bola Inggris, Wrexham United. Pemain berusia 22 tahun ini mampu unjuk kualitas. Ia dipercaya menjadi penjaga gawang utama klub berjuluk Blue Balls ini.

Okonkwo telah bermain dalam 13 pertandingan dengan catatan 6 kali clean sheets. Jumlah kebobolannya pun terbilang sedikit, yakni hanya 11 kali. Performa impresif tersebut menjadi modal penting bagi pemain muda sepertinya untuk bisa berkembang.

6. Runar Alex Runarsson bersaing ketat memperebutkan posisi kiper utama di Cardiff City

Performa 6 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024Runar Alex Runarsson (instagram.com/runaralex)

Runar Alex Runarsson melakoni masa peminjaman di klub kasta kedua liga sepak bola Inggris, Cardiff City. Performanya cukup baik dan bersaing ketat dengan kiper lainnya, yakni Jak Alnwick. Keduanya kerap dirotasi dan bermain bergantian.

Kiper asal Islandia ini menunjukkan penampilan yang menjanjikan. Ia sudah dipercaya turun bermain dalam delapan pertandingan. Namun, jumlah kebobolannya cukup banyak, yakni 14 kali. Runasson juga baru mencatatkan sekali clean sheet. Meski demikian, ia merupakan kiper potensial yang bisa bermain cukup apik.

Sebagian besar para pemain di atas masih kesulitan bersaing untuk menjadi pilihan utama. Performa yang ditunjukkan masih jauh dari ekspektasi klub yang meminjamnya. Dengan musim yang sudah berjalan setengahnya, mampukah para pemain Arsenal ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan menjadi andalan di klub yang dibelanya pada 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal 2023/2024 yang Pernah Membela Big Six EPL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya