6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024

Salah satunya Thibaut Courtois

Belgia menjadi salah satu negara kuat di Eropa dalam sedekade terakhir. Banyak pesepak bola yang lahir di sini dan berkembang menjadi bintang top dunia. Hal itu berkat kualitas mereka yang di atas rata-rata sehingga mampu menonjol dan mencuri perhatian.

Tak cuma berkarier di negara sendiri, banyak para pemain Belgia yang melebarkan sayapnya dengan berkompetisi di negara lain. Mereka ingin kompetitif di luar negeri sebagai ajang unjuk kualitas yang dimiliki. Salah satu tempat berkarier yang menjadi tujuan adalah LaLiga Spanyol.

Pada 2023/2024, terdapat enam pemain asal Belgia yang memperkuat klub-klub LaLiga. Siapa saja mereka dan bagaimana performanya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Thibaut Courtois tangguh di bawah mistar gawang Real Madrid

6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024Thibaut Courtois (instagram.com/thibautcourtois)

Thibaut Courtois telah membuktikan dirinya sebagai salah satu kiper top dunia. Sejak membela Real Madrid pada 2018, kualitasnya semakin meningkat ketika bermain. Ia sudah diandalkan dalam 230 laga di lintas kompetisi dengan mencatatkan 91 clean sheets dan kemasukan 219 gol. Kematangan bermainnya membuat Los Blancos bisa kompetitif di berbagai ajang.

Salah satu prestasi mewahnya adalah membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions Eropa 2021/2022. Courtois tampil gemilang di partai final melawan Liverpool dengan melakukan sejumlah penyelamatan penting. Laga ini menjadi pembuktiannya sebagai kiper papan atas. Sayangnya, ia melewatkan sebagian besar musim 2023/2024. Ia mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada Agusutus 2023 lalu dan diprediksi pulih Maret 2024 mendatang. 

2. Axel Witsel menjadi bek andalan di Atletico Madrid

6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024Axel Witsel (instagram.com/axelwitsel28)

Axel Witsel merupakan salah satu pemain andalan Atletico Madrid. Sejak bergabung pada 2022 lalu, ia menjadi pemain tak tergantikan di lini pertahanan Los Rojiblancos. Peran kokohnya di posisi bek tengah membuatnya dipercaya tampil di berbagai ajang.

Berkat pengalaman matangnya, Witsel telah mencatatkan 70 laga bersama Atletico Madrid. Usianya yang sudah 35 tahun membuatnya menjadi panutan sebagai sosok senior. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa ia selalu diandalkan di lini pertahanan Los Rojiblancos.

3. Adnan Januzaj baru kembali dari masa peminjaman

6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024Adnan Januzaj (instagram.com/adnanjanuzaj)

Adnan Januzaj kembali memperkuat Sevilla pada 2023/2024. Sebelumnya, ia menjalani masa peminjaman di Istanbul Basaksehir pada paruh kedua 2022/2023. Peminjamannya ini bertujuan untuk memberikannya menit bermain reguler setelah perannya tak maksimal di dalam tim.

Sekembalinya ke Sevilla, Januzaj cukup bermain apik di lini serangan. Secara keseluruhan, ia telah bermain sebanyak 16 kali di berbagai kompetisi. Namun, produktivitasnya dipertanyakan mengingat posisinya sebagai winger. Ia belum mencetak gol sama sekali bersama Sevilla sejak bergabung pada 2022 lalu. 

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Sevilla pada 2023/2024, Ada Sergio Ramos

4. Dodi Lukebakio langsung menjadi andalan sebagai pemain baru Sevilla

6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024Dodi Lukebakio (instagram.com/lukebakio)

Dodi Lukebakio merupakan salah satu pemain anyar Sevilla. Ia direkrut dari Hertha BSC seharga 10 juta euro atau Rp146 miliar. Kontrak berdurasi 5 tahun akan membuatnya berada di Ramon Sanchez-Pizjuan Stadium hingga 2028 mendatang.

Perekrutan Lukebakio ini bertujuan untuk menambah daya gedor serangan. Lukebakio adalah pemain serbabisa yang dapat mengisi berbagai posisi di lini depan. Tempat idealnya berada di sisi kanan, tetapi ia bisa berperan di sebelah kiri ataupun menjadi striker. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 12 kali dan baru mencetak 2 gol serta 1 assist untuk Sevilla.

5. Siebe van der Heyden baru bergabung bersama RCD Mallorca pada musim panas 2023

6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024Siebe van der Heyden (instagram.com/svdheyden44)

Siebe van der Heyden merupakan pemain yang baru menjajal tantangan berkarier di Spanyol. Ia pindah dari Union Saint-Gilloise ke RCD Mallorca pada musim panas 2023. Dana 2,7 juta euro atau Rp46 miliar menjadi biaya kesepakatan transfer kedua klub. Ia dikontrak selama 5 tahun hingga 2028 mendatang.

Kiprahnya bersama Mallorca sejauh ini belum bisa dikatakan maksimal. Berposisi sebagai bek tengah, Van der Heyden kesulitan bersaing dan menyegel tempat utama. Ia masih perlu beradaptasi dengan kultur sepak bola Spanyol. Hingga paruh musim 2023/2024, ia baru bermain sebanyak sepuluh kali di berbagai kompetisi.

6. Largie Ramazani merupakan pemain serbisa andalan lini serang Almeria

6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024Largie Ramazani (twitter.com/LaLiga)

Largie Ramazani merupakan andalan lini serang Almeria. Ia sudah berada di Power Horse Stadium sejak 2020 lalu. Usianya masih 22 tahun, tetapi sudah langganan bermain di starting line-up. Ia juga merupakan sosok pemain serbabisa di berbagai posisi.

Jebolan akademi Manchester United ini tak hanya piawai sebagai winger di kedua sisi, Ramazani juga bisa berperan sebagai striker. Tak cuma itu, peran gelandang sayap juga pernah dilakoninya. Ia adalah salah satu sosok penting yang membawa Almeria menjuarai Segunda Division atau kasta kedua liga Spanyol pada 2021/2022 sekaligus membawa promosi ke LaLiga 2022/2023 lalu. Ia sudah membuat 119 penampilan dengan koleksi 21 gol dan 8 assist.

Para pemain di atas menjadi bukti menyebarnya para pemain berkualitas asal Belgia di LaLiga. Meski belum semuanya tampil maksimal, tetapi peran mereka di klubnya masing-masing sangat penting. Mereka mampu membawa tim bermain kompetitif di berbagai ajang berkat kualitas dan kemampuannya.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Liga Belgia yang Tampil Impresif pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya