5 Rekrutan Liverpool asal Belanda Era Juergen Klopp, Ada Nama Baru

Ryan Gravenberch jadi yang teranyar

Liverpool berhasil mendatangkan Ryan Gravenberch pada deadline day bursa transfer musim panas 2023. Gelandang berusia 21 tahun ini didatangkan dari Bayern Muenchen. Kehadirannya akan menambah kedalaman skuad lini tengah The Reds.

Ryan Gravenberch merupakan pemain yang berasal dari Belanda. Ia bukanlah satu-satunya pemain dari Belanda yang membela Liverpool. Pada era kepelatihan Juergen Klopp, The Reds sudah merekrut empat pemain yang berasal dari Negeri Kincir Angin.

Siapa saja? Termasuk Ryan Gravenberch, berikut rekrutan Liverpool asal Belanda era Juergen Klopp!

1. Georginio Wijnaldum merupakan pemain pertama yang direkrut

5 Rekrutan Liverpool asal Belanda Era Juergen Klopp, Ada Nama BaruGeorginio Wijnaldum (liverpoolfc.com)

Georginio Wijnaldum merupakan pemain Belanda pertama yang direkrut Liverpool era pelatih Juergen Klopp. Ia didatangkan dari Newcastle United pada musim panas 2016 lalu. The Reds mengeluarkan biaya transfer senilai 25 juta pound sterling atau Rp482 miliar. 

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mampu bermain konsisten di Liverpool. Wijnaldum menjadi bagian skuad awal pembangunan The Reds di tangah pelatih Juergen Klopp. Ia menjadi salah satu sosok tak tergantikan di lini tengah selama memperkuat Tim Merseyside Merah. 

Wijnaldum menghabiskan waktu selama 5 tahun di Anfield pada 2016–2021. Ia mencatatkan 237 penampilan dengan torehan 22 gol dan 16 assist. Gelar mentereng berhasil diperolehnya seperti juara English Premier League hingga Liga Champions Eropa. Saat ini, ia bermain untuk klub Arab Saudi, Al-Etiffaq.

2. Virgil van Dijk jadi andalan lini pertahanan dan bertugas sebagai kapten

5 Rekrutan Liverpool asal Belanda Era Juergen Klopp, Ada Nama BaruVirgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Virgil van Dijk menjadi salah satu sosok penting kesuksesan Liverpool. Kedatangannya ke Anfield pada musim dingin 2018 lalu memecahkan rekor transfer sebagai bek termahal. Ia diboyong dari Southampton dengan biaya 75 juta pound sterling atau Rp1,44 triliun.

Harga mahal yang dibayarkan Liverpool tersebut terbukti tidak mengecewakan. Van Dijk menjadi pemain vital di lini pertahanan tim. Ia berhasil mengantarkan The Reds meraih berbagai gelar bergengsi seperti juara Liga Champions, Piala FA, hingga Premier League. 

Sejauh ini, Van Dijk sudah terlibat dalam 225 pertandingan. Ia mampu menghasilkan 19 gol dan 12 assist. Pada Juli 2023, pemain berusia 32 tahun ini didapuk sebagai kapten baru Liverpool. Ia menggantikan Jordan Henderson yang merupakan kapten sebelumnya sebab hengkang dari klub pada musim panas 2023.

Baca Juga: Liverpool Digoda Tawaran Fantastis Klub Arab, Rela Lepas Salah?

3. Sepp van den Berg didatangkan berkat potensinya sebagai pemain muda

5 Rekrutan Liverpool asal Belanda Era Juergen Klopp, Ada Nama BaruSepp van den Berg (liverpoolfc.com)

Sepp van den Berg direkrut Liverpool pada musim panas 2019. Ia dibeli dari PEC Zwolle dengan biaya 1,3 juta pound sterling atau Rp25 miliar. Kala itu, ia datang ke Anfield saat usianya masih 17 tahun. Talentanya sebagai pemain muda diproyeksikan sebagai bek masa depan.

Pada periode 2019–2021, Van den Berg sering dilibatkan ke dalam skuad utama Liverpool. Namun, posisinya hanya berada di bangku cadangan dan tercatat hanya bermain sebanyak empat kali. Ia lebih sering bermain untuk tim Liverpool U-21 dalam musim-musim awalnya tersebut.

Demi menambah pengalamannya, Van den Berg beberapa kali dipinjamkan agar mendapatkan menit bermain reguler. Ia pernah memperkuat Preston North End dan Schalke 04. Pada musim panas 2023, ia kembali dipinjamkan ke Mainz 05 selama semusim penuh pada 2023/2024.

4. Cody Gakpo diproyeksikan sebagai suksesor Roberto Firmino

5 Rekrutan Liverpool asal Belanda Era Juergen Klopp, Ada Nama BaruCody Gakpo (liverpoolfc.com)

Liverpool berhasil meyakinkan Cody Gakpo untuk bergabung pada musim dingin 2018 lalu. Saat itu, perebutan terjadi dengan Manchester United yang merupakan peminat awal. Namun, The Reds berhasil membajak kesepakatan tersebut.

Gakpo dibeli dari PSV Eindhoven dengan harga 37 juta pound sterling atau Rp714 miliar. Sosok bertinggi 193 cm ini merupakan tipikal pemain serbabisa di lini serang. Posisi aslinya adalah winger kiri, tetapi pelatih Juergen Klopp memberikannya peran false nine atau penyerang palsu.

Posisi tersebut diberikan kepada Gakpo untuk menggantikan sosok Roberto Firmino yang hengkang. Pemain asal Brasil itu dikenal sebagai salah satu pemain dengan peran false nine terbaik. Sejauh ini, peran Gakpo tersebut dinilai sudah cukup terlihat di Liverpool. Kemampuannya itu bisa membawa The Reds kembali bermain dengan kompetitif.

5. Ryan Gravenberch direkrut dari Bayern Muenchen

5 Rekrutan Liverpool asal Belanda Era Juergen Klopp, Ada Nama BaruRyan Gravenberch (liverpoolfc.com)

Ryan Gravenberch merupakan pembelian terbaru Liverpool pada musim panas 2023. Pemain asal Belanda ini direkrut dari Bayern Muenchen. Biaya senilai 34,2 juta pound sterling atau Rp660 miliar menjadi kesepakatan kedua klub. Ia akan dikontrak selama 5 tahun hingga 2028 mendatang.

Kedatangan Gravenbech ini menambah kedalaman skuad lini tengah Liverpool. Kualitasnya diharapkan bisa membawa The Reds kompetitif. Juergen Klopp sejatinya adalah penggemar lama dari sang pemain. Sebelum pindah ke Bayern Muenchen pada musim panas 2022 lalu, sang gelandang merupakan incaran Liverpool.

Para pemain di atas sebagian besar terbukti menjadi sosok vital dalam permainan Liverpool. Kepindahan Ryan Gravenberch bisa menjadi titik balik kariernya yang meredup di Bayern Muenchen. Menarik untuk dinantikan kiprah pemain berusia 21 tahun ini di Anfield.

Baca Juga: 3 Pemain Aktif Liverpool asal Belanda, Gravenberch Jadi yang Terbaru!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya