5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal Argentina

Valentin Barco terbaru!

Brighton & Hove Albion berbenah untuk menjalani sisa musim 2023/2024. The Seagulls cukup aktif melirik banyak pemain pada bursa transfer Januari 2024. Salah satu yang berhasil digaet adalah pemain muda bernama Valentin Barco. 

Valentin Barco direkrut dari Boca Juniors sebagai salah satu gelandang muda. Usianya baru 19 tahun dan mempunyai talenta potensial. Ia merupakan pemain asal Argentina yang didatangkan ke Amex Stadium. 

Ini bukan kali pertama Brighton & Hove Albion memboyong pemain dari Argentina. Dalam sedekade terakhir, manajemen kerap mendatangkan pemain dari Negeri Tango. Termasuk Valentin Barco, berikut lima rekrutan terakhir The Seagulls asal Argentina.

1. Leonardo Ulloa hanya menjalani masa singkat sebagai pemain pinjaman

5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal ArgentinaLeonardo Ulloa (twitter.com/OfficialBHAFC)

Leonardo Ulloa bergabung bersama Brighton & Hove Albion sebagai pemain pinjaman dari Leicester City pada Januari 2018. Ini bukan kali pertama sang pemain merapat ke Amex Stadium. Sebelumnya, ia memperkuat The Seagulls selama 1,5 tahun pada 2013–2014. 

Pemain yang berposisi sebagai striker ini dikenal luas dengan kiprahnya bersama Leicester City. Pasalnya, Ulloa menjadi salah satu sosok penting keberhasilan The Foxes menciptakan sejarah dengan menjuarai English Premier League 2015/2016. Kepindahannya ke Brighton ini hanya berjalan selama 6 bulan. Ia bermain 12 kali selama masa peminjaman itu dengan koleksi 2 gol.  

2. Ezequiel Schelotto kesulitan bersaing di sektor bek kanan

5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal ArgentinaEzequiel Schelotto (brightonandhovealbion.com)

Brighton & Hove Albion merekrut Ezequiel Schelotto pada musim panas 2017. Ia dibeli seharga 3 juta euro atau Rp51 miliar dari Sporting CP untuk menambah kedalaman skuad di sisi kanan pertahanan. Sayangnya, ia kesulitan bersaing dan hanya menjadi pelapis. 

Musim perdananya pada 2017/2018, Scelotto sejatinya mampu bermain dengan baik. Ia diturunkan dalam 23 pertandingan di berbagai ajang. Namun, hal itu tak cukup membuatnya bertahan. Ia sempat dipinjamkan ke Chievo Verona pada pertengahan musim 2018/2019. Pada akhirnya, ia dilepas pada musim panas 2019. 

Baca Juga: 4 Pemain Brighton 2023/2024 Bersinar sebagai Pinjaman di Klub Lain

3. Alexis Mac Allister berkembang menjadi gelandang berkualitas bersama Brighton

5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal ArgentinaAlexis Mac Allister (brightonandhovealbion.com)

Alexis Mac Allister datang ke Brighton & Hove Albion pada Januari 2020. Namun, sejatinya ia sudah direkrut manajemen sejak setahun sebelumnya. Ia dipinjamkan kepada Argentinos Jr. Ia juga menimba ilmu di Boca Juniors pada paruh pertama musim 2019/2020.

Setelah melakukan adaptasi di Brighton dengan baik, Mac Allister berkembang menjadi gelandang andalan. Ia membela The Seagulls selama 2,5 tahun pada 2020–2023. Total 112 laga dengan koleksi 20 gol dan 9 assist berhasil dibuatnya. Pada musim panas 2023, ia menjajal tantangan baru dengan bergabung bersama Liverpool.

4. Facundo Buonanotte menjalani musim penuh perdananya dengan baik

5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal ArgentinaFacundo Buonanotte (brightonandhovealbion.com)

Facundo Buonanotte bergabung dengan Brighton & Hove Albion pada Januari 2023 lalu. Ia didatangkan dari Rosario Central seharga 6 juta euro atau Rp102 miliar. Harga tersebut cukup mahal mengingat usianya saat itu baru 18 tahun. Musim 2023/2024 merupakan musim penuh perdananya bersama The Seagulls.

Pemain kelahiran 23 Desember 2004 ini diproyeksikan sebagai bintang masa depan. Buonanotte merupakan gelandang muda potensial. Sejauh ini, ia mampu tampil konsisten di lini tengah Brighton. Meski masih muda, ia telah dipercaya dalam 36 laga di semua ajang dengan koleksi 4 gol dan 2 assist. Ia dapat berkembang lebih baik lagi seiring berjalannya waktu.

5. Valentin Barco datang sebagai pemain muda potensial

5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal ArgentinaValentin Barco (brightonandhovealbion.com)

Brighton & Hove Albion mendatangkan Valentin Barco dari Boca Juniors pada Januari 2024. Ia direkrut berkat potensinya sebagai pemain muda. Ia bahkan sudah melakoni debutnya saat masih berusia 18 tahun pada 2021 lalu. 

Pemain yang kini berusia 19 tahun itu diharapkan dapat membantu Brighton kompetitif. Selama di Boca Juniors, Barco sudah memainkan 35 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 4 assist. Kehadirannya diharapkan dapat membantu The Seagulls kembali bersaing setelah mengalami penurunan performa pada pertengahan musim 2023/2024. 

Sebagai pemain muda potensial asal Argentina, Valentin Barco mempunyai kesempatan untuk berkembang lebih baik lagi. Terlebih lagi, Brighton juga dikenal bisa memaksimalkan kualitas yang dimiliki pemain muda. Langkahnya untuk bergabung bersama The Seagulls bisa membuka jalan kariernya untuk berkembang menjadi pemain top pada masa mendatang.

Baca Juga: Kinerja 4 Pemain Sayap Brighton pada Paruh Musim Pertama 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya