Frank Wormuth Gak Berkuasa di Timnas U-17, Tapi Bima Sakti

Frank Wormuth hanya akan memberi nasihat

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Frank Wormuth ke Timnas Indonesia U-17 tak akan mengubah posisi dan pengaruh Bima Sakti Tukiman. Bima tetap memegang kendali penuh dan berperan sebagai pelatih kepala.

Nantinya, Wormuth akan menjadi konsultan saja. Itu sudah sesuai dengan tugas pokok fungsionalnya sebagai konsultan atau Direktur Teknik.

"Pembagian tugasnya, mereka hanya memberikan saran. Saya tetap yang bertanggungjawab di lapangan, semuanya. Karena itu, memang tanggung jawab saya," kata Bima ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

1. Belum berkomunikasi dengan Wormuth

Frank Wormuth Gak Berkuasa di Timnas U-17, Tapi Bima SaktiPelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Bima mengaku belum berkomunikasi dengan Wormuth. Namun, Bima memastikan siap bekerja sama dengan pelatih asal Jerman tersebut. Menurutnya, kesempatan berkolaborasi dengan Wormuth jadi momen buatnya belajar.

"Belum (berkomunikasi). Tapi saya berterima kasih, kami bisa belajar lagi" ujar Bima.

Baca Juga: Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17

2. Belajar dari sederet pelatih

Frank Wormuth Gak Berkuasa di Timnas U-17, Tapi Bima SaktiPelatih Timnas Indonesia U-20 saat memimpin latihan Timnas Indonesia, di Uzbekistan, Jumat (3/3/2023). (Dok. PSSI).

Bima mengakui, sejauh ini sederet pelatih di Indonesia menjadi sudah mentornya. Mulai dari Shin Tae Yong, Indra Sjafri, hingga Luis Milla, disebut Bima memberi banyak pelajaran kepadanya.

"Saya diberi kesempatan luas untuk memilih siapa saja. Makanya, saya ambil semua ilmu dari mereka, mana yang cocok. Termasuk dari STY, Indra, kemudian kemarin mohon maaf saya juga sempat ketemu Luis Milla, cuma memang saya gak unggah di medsos," ujar Bima.

3. Wormuth datang pada Agustus 2023

Frank Wormuth Gak Berkuasa di Timnas U-17, Tapi Bima SaktiFrank Wormuth (YouTube.com/FC Groningen)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan Wormuth akan datang ke Indonesia pada Agustus 2023. Nantinya, dia akan beradaptasi sampai akhirnya mengerti karakter dan kondisi pemain tim U-17.

"Jadi coach Frank (Wormuth) akan hadir Agustus 2023, lalu ada pendampingan satu hingga dua pekan di sini sampai mengerti karakter dan kondisi pemain. Supaya, waktu di Jerman, kami tidak perlu ada adaptasi panjang lagi," kata Erick di Menara Danareksa, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Thomas Doll Siap Ajak Frank Wormuth Kopi Darat

Baca Juga: Frank Wormuth Datang Agustus, Magang 4 Bulan di Timnas U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya