Janji Prabowo ke Timnas U-20: TC di Luar Negeri

Prabowo yakin speak bola Indonesia akan maju

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto, mengumbar janji kepada Timnas Indonesia. Prabowo menyatakan akan mengirimkan Timnas kategori junior untuk melakoni pemusatan latihan (TC) di luar negeri.

Bagi Prabowo, berlatih di luar negeri punya manfaat buat sepak bola Indonesia. Dengan TC di luar negeri, para pemain muda Indonesia, dirasa Prabowo, bisa berkembang mental dan kualitas tekniknya lebih pesat.

1. Prabowo janji kirim Timnas ke luar negeri

Janji Prabowo ke Timnas U-20: TC di Luar NegeriPrabowo Subianto di pembukaan Nusantara Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Prabowo berjanji nantinya akan mengirim Timnas Indonesia di level junior ke luar negeri. Timnas Indonesia U-20 disebut Prabowo akan dikirim untuk persiapan jangka panjang di Qatar demi menyambut Piala Dunia U-20 2025.

Janji ini dilontarkan Prabowo karena pernah melayangkannya kepada Timnas U-17. Sayangnya, saat itu Prabowo tak bisa memenuhinya.

"Janji adalah suatu yang harus ditepati. Saya pernah berjanji mengirim Timnas U-17 untuk melakukan persiapan di Qatar. Tapi, karena waktu yang sangat mepet dengan Piala Dunia U-17 hal itu belum terlaksana. Kini, seiring dengan misi Indonesia mencalonkan tuan rumah Piala Dunia U-20 2025, saya akan menunaikan janji, mengirim Timnas U-20 untuk persiapan jangka panjang di Qatar," kata Prabowo di Komplek Garudayaksa Football Academy dalam pembukaan turnamen Nusantara Open, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: Ketika Egy dan STY Dikerubuti Fans Saat Pembukaan Nusantara Open 2023

2. Erick sebut Prabowo bukan karbitan

Janji Prabowo ke Timnas U-20: TC di Luar NegeriCapres Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo (dok.istimewa)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi kepedulian Prabowo pada sepak bola Indonesia. Kecintaan Prabowo pada sepak bola Indonesia, menurut Erick, bukan sekadar kata melainkan tindakan nyata yang telah dibuktikan.

"Saya tahu pak Prabowo merupakan salah satu tokoh yang memang cinta dan peduli sepak bola. Bukan karbitan atau ada udang di balik batu, melainkan memang sosok yang  punya komitmen besar membesarkan sepak bola Indonesia," kata Erick.

3. Prabowo tak bisa dilepaskan dari sepak bola

Janji Prabowo ke Timnas U-20: TC di Luar NegeriCapres Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo (dok.istimewa)

Menurut Erick, kehidupan Prabowo tak bisa dipisahkan dari sepak bola. Prabowo aktif terlibat dalam membina dan membesarkan sepak bola di Indonesia.

"Saat makan siang bersama, saya mendengar cerita langsung dari Pak Prabowo yang semasa muda pernah menjadi kapten tim sepak bola di sekolahnya. Jadi, memang relasi dengan sepak bola sudah terbangun sejak awal," ujar Erick.

Erick mengapresiasi setiap tokoh ataupun individu yang mau membantu mengembangkan sepak bola Indonesia. Termasuk dalam kerja sama mengembangkan timnas usia muda di Tanah Air.

"Apresiasi tinggi pada organisasi, tokoh atau individu yang rela bekerja sama serta berkontribusi untung mengembangkan sepak bola. Memang kerja sama lintas stakeholder diperlukan agar sepak bola kita semakin maju," kata Erick.

Baca Juga: Prabowo ke Anies: Kalau Rakyat Gak Mau, Jangan Pilih Prabowo-Gibran

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya