5 Pemain Jepang dengan Caps Terbanyak di Skuad Piala Asia 2023

Jepang masih menjadi favorit juara

Kekalahan atas Irak di laga kedua fase grup, Jumat (19/1/2023), tetap membuat Jepang menjadi unggulan untuk bisa juara pada Piala Asia 2023. Faktor raihan 8 kemenangan dari 9 pertandingan terakhir serta komposisi skuad yang dihuni banyak pemain bintang menjadi alasan kuat.

Dari segi komposisi, sebanyak 26 pemain dipanggil oleh pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, untuk memperkuat Tim Samurai Biru pada Piala Asia 2023. Dari 26 pemain tersebut, 20 pemain di antaranya merumput di Eropa, sementara sisanya bermain di J-League.

Beberapa dari mereka juga telah mencatatkan jumlah penampilan yang banyak bersama Timnas Jepang. Siapa saja kelima pemain Timnas Jepang dengan caps terbanyak yang kini ikut berjuang di Piala Asia 2023?

1. Wataru Endo (57 caps) jadi sosok pemain senior yang diandalkan sebagai otak serangan

5 Pemain Jepang dengan Caps Terbanyak di Skuad Piala Asia 2023Wataru Endo (biru) ketika bermain melawan Vietnam. (instagram.com/endowataru)

Menjalani debut pada 2 Agustus 2015, Wataru Endo saat ini menjadi pemain aktif Timnas Jepang dengan jumlah caps terbanyak. Ia total sudah mencatatkan 57 caps selama 9 tahun bermain untuk Timnas Jepang. Pemain yang kini berseragam Liverpool tersebut juga telah menciptakan 3 gol dan 4 assist.

Wataru Endo juga sudah memiliki 7 caps di Piala Asia sejak edisi 2019. Pada saat melawan Vietnam di laga pembuka Grup D, Minggu (14/1/2023), pemain berusia 30 tahun itu bermain 90 menit dan memberikan 1 assist untuk Takumi Minamino. Lalu, pada laga kedua melawan Irak, Jumat (19/1/2023), ia juga tampil penuh serta mencetak satu gol meski tidak sanggup membantu Jepang terhindar dari kekalahan.

2. Takumi Minamino (54 caps) adalah salah satu andalan Samurai Biru dengan nama yang cukup populer

5 Pemain Jepang dengan Caps Terbanyak di Skuad Piala Asia 2023Takumi Minamino berkostum Tim Nasional Jepang. (instagram.com/takumi18minamino_official)

Bermain bagus saat melawan Vietnam, Takumi Minamino sumbangkan 2 gol dan 1 assist untuk kemenangan Jepang. Sebagai pemain dengan nama yang cukup populer, ia memang saat ini tercatat sebagai salah satu pemain aktif Timnas Jepang dengan koleksi gol terbanyak. Kini, jumlah golnya telah mencapai 20 yang dilengkapi dengan catatan 11 assist.

Sejauh ini, pemain yang pernah mengangkat trofi English Premier League (EPL) bersama Liverpool tersebut punya koleksi 54 caps bersama Timnas Jepang di semua ajang. Ia juga sudah memiliki 8 caps di Piala Asia dengan torehan 3 gol dan 3 assist. Namun, penampilan impresifnya seakan tidak terlihat ketika Jepang kalah dari Irak pada laga kedua fase Grup D Piala Asia 2023. 

3. Junya Ito (53 caps) masih paceklik gol dan assist di ajang Piala Asia

5 Pemain Jepang dengan Caps Terbanyak di Skuad Piala Asia 2023Junya Ito bermain untuk Tim Nasional Jepang. (instagram.com/1409junya)

Selama 7 musim bermain untuk Timnas Jepang, Junya Ito sudah mencatatkan 53 caps. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut juga berhasil menorehkan 13 gol dan 17 assist. Berkat pencapaiannya itu, ia kini menjadi pemain penting di Timnas Jepang bersama dengan Takumi Minamino.

Saat melawan Vietnam dan Irak di Piala Asia 2023, Ito tidak mencetak gol ataupun assist. Hal itu sekaligus membuatnya belum pecah telur untuk menyumbang gol atau assist selama mentas di Piala Asia bersama Timnas Jepang. Meski begitu, pemain Stade Reims tersebut telah memiliki 7 caps di Piala Asia dan cukup menjadi andalan hingga saat ini.

4. Takuma Asano (49 caps) akhirnya menjalani debut di Piala Asia

5 Pemain Jepang dengan Caps Terbanyak di Skuad Piala Asia 2023Takuma Asano dalam sesi latihan. (instagram.com/asatakugram)

Meski tidak diturunkan ketika melawan Vietnam di laga pertama babak Grup D Piala Asia 2023, Takuma Asano akhirnya menjalani debutnya di Piala Asia saat melawan Irak. Sebelumnya, pada 2019, ia juga masuk dalam skuad Timnas Jepang untuk Piala Asia. Namun, karena mengalami cedera otot, pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut tidak bisa dimainkan sama sekali.

Meski baru memiliki 1 caps di Piala Asia, pemain VfL Bochum tersebut sudah mencatatkan 49 caps dengan capaian 9 gol dan 4 assist bersama Timnas Jepang pada berbagai agenda dan turnamen lain. Namanya juga masuk sebagai pemain aktif Timnas Jepang dengan jumlah caps terbanyak.

5. Ritsu Doan (44 caps) masih muda, namun, sudah berpengalaman

5 Pemain Jepang dengan Caps Terbanyak di Skuad Piala Asia 2023Ritsu Doan ketika berlatih menggiring bola. (instagram.com/doanritsu)

Baru debut pada 11 September 2018, Ritsu Doan sudah mencatatkan 44 caps bersama Timnas Jepang. Pemain yang baru berusia 25 tahun tersebut juga sudah mengoleksi 7 gol dan 6 assist untuk Timnas Jepang. Pada saat melawan Vietnam di Piala Asia 2023, Doan hanya bermain selama 27 menit.

Sementara saat melawan Irak, ia tampil 29 menit. Pemain yang musim ini telah mencetak 3 gol dan 4 assist bersama SC Freiburg itu sudah memiliki 8 caps di Piala Asia bersama Timnas Jepang. Dari 8 caps tersebut, ia mencetak 2 gol ketika Jepang mengalahkan Turkmenistan dan Vietnam pada gelaran Piala Asia 2019.

Sebagai peserta Piala Asia 2023 dengan peringkat FIFA tertinggi, Jepang masih jadi unggulan utama untuk menjuarai Piala Asia edisi kali ini. Sejauh mana sederet pemain Timnas Jepang dengan caps terbanyak ini mampu berkontribusi mewujudkan ekspektasi prestasi Piala Asia 2023?

Baca Juga: 6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023

Moh Ikhsani Photo Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya