5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling Mahal

Sebagian besar masih aktif bermain

Paris Saint-Germain (PSG) melakukan perombakan skuad besar-besaran pada musim panas 2023. Sang juara bertahan Ligue 1 Prancis memboyong 12 pemain dan melepas 9 pemain secara permanen. Di antara nama-nama yang dilepas, Neymar Jr tentu paling menarik perhatian.

Neymar dijual PSG ke Al Hilal, salah satu klub besar Arab Saudi. Sang bintang Brasil pun bakal bermain di Asia untuk pertama kalinya. Namun, Neymar tentu bukan pemain PSG pertama yang memilih hengkang ke Asia. Inilah lima pemain terakhir yang dilepas PSG ke klub Asia.

1. Nene pernah jadi top skor Ligue 1 sebelum hengkang ke Qatar

5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling MahalNene (psg.fr)

Jauh sebelum Neymar, PSG pernah memiliki banyak pemain Brasil yang sukses bersinar. Salah satunya Anderson Luiz de Carvalho atau biasa dipanggil Nene. Ia adalah gelandang serang yang membela PSG pada 2010–2013.

Selama membela PSG, Nene sukses menjadi pencetak gol andalan. Ia bahkan sempat merebut gelar top skor Ligue 1 pada 2011/2012. Namun, ia mulai minim kesempatan bermain pada musim berikutnya. Nene pun dilepas ke klub Qatar, Al Gharafa, pada Januari 2013.

Bersama Al Gharafa, Nene sukses mempertahankan ketajamannya. Ia bertahan selama 2 tahun di Qatar sebelum kembali ke Eropa untuk waktu singkat. Kini, Nene yang sudah berusia 42 tahun masih aktif bermain di divisi kedua Liga Brasil.

2. Ezequiel Lavezzi pensiun bersama klub China

5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling MahalEzequiel Lavezzi (psg.fr)

Ezequiel Lavezzi memilih hengkang ke China setelah membela PSG. Lavezzi adalah winger Argentina yang berseragam PSG pada selama 3,5 musim pada 2012–2016. Ia merupakan pemain kunci PSG hingga mencatat total 161 penampilan dan turut meraih tujuh trofi.

Lavezzi dilepas PSG ke klub Liga Super China, Hebei China Fortune, pada Februari 2016. Ia menghabiskan 4 tahun membela Hebei dengan statistik 75 penampilan dan 35 gol. Hebei bahkan akhirnya jadi klub terakhir Lavezzi. Ia pensiun pada akhir 2019, sayangnya tanpa raihan trofi di China.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli oleh PSG dari Bundesliga, Fantastis!

3. Rafinha gagal penuhi potensi di Eropa

5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling MahalRafinha (psg.fr)

Berikutnya, ada Rafael Alcantara atau biasa dipanggil Rafinha. Ia adalah gelandang Brasil yang merupakan adik dari Thiago Alcantara. Tak seperti sang kakak, Rafinha terbilang gagal memenuhi potensinya di sepak bola Eropa.

Rafinha memulai kariernya dengan membela Barcelona selama 9 tahun. Namun, ia tak pernah jadi pemain kunci Blaugrana. Saat berseragam PSG pada 2020–2022 pun Rafinha hanya menjadi pelapis. Ia dilepas PSG ke klub Qatar, Al-Arabi SC, dan saat ini masih bertahan dengan kontrak hingga 2024.

4. Neymar Jr hengkang ke Al Ahli sambil memecahkan dua rekor

5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling MahalNeymar Jr (psg.fr)

Neymar Jr pantas disebut aset paling berharga yang dilepas PSG pada musim panas 2023. Fans sepak bola pasti tahu betul betapa besar talenta yang dimiliki sang pemain. Sejak bergabung dengan PSG pada 2017, Neymar senantiasa jadi andalan di lini depan Les Parisiens.

Karier Neymar di PSG memang beberapa kali diganggu cedera. Namun, performanya hampir selalu apik saat fit. Selama 6 tahun di PSG, Neymar mencatat total 173 penampilan di semua ajang dengan 118 gol dan 77 assist. Perannya amat besar dalam 13 trofi yang dimenangi PSG.

Saat didatangkan PSG, Neymar memecahkan rekor pemain termahal dunia. Kini, ia hengkang sembari memecahkan dua rekor. Neymar dibeli Al Hilai dengan mahar 90 juta euro atau Rp1,48 triliun. Ia pun menjadi pemain termahal yang pernah dijual PSG sekaligus pemain termahal dalam sejarah Saudi Pro League.

5. Abdou Diallo susul Rafinha ke Qatar

5 Pemain Terakhir yang Dilepas PSG ke Klub Asia, Neymar Paling MahalAbdou Diallo bergabung dengan Al Arabi SC. (instagram.com/abdou.lakhad.diallo)

Neymar bukan satu-satunya pemain PSG yang hijrah ke Asia pada musim panas 2023. Ada pula Abdou Diallo, bek tengah asal Senegal yang membela PSG sejak 2019. Diallo menyusul Rafinha dengan hengkang ke Qatar dan bergabung ke Al Arabi SC.

Nilai transfer Diallo adalah 15 juta euro atau Rp248 miliar. Selama berbaju PSG, Diallo kesulitan merebut tempat inti. Ia hanya mencatat 75 penampilan dan sempat dipinjamkan ke klub lain. Sementara, bersama Al Arabi, Diallo langsung diplot jadi bek utama sejak bergabung.

PSG sudah beberapa kali melepas pemain ke Asia. Namun, kepindahan Neymar patut mendapat perhatian lebih karena nama besar dan harga jualnya yang luar biasa. Mampukah Neymar menunjukkan kebintangannya di Arab Saudi seperti saat ia membela PSG?

Baca Juga: 5 Pemain Baru Al-Hilal Pada Musim Panas 2023, Banyak Pemain Bintang!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya