5 Pemain Andalan Paul Heckingbottom Selama Melatih Sheffield United

Oliver Norwood salah satunya

Sheffield United memecat Paul Heckingbottom dari jabatannya sebagai manajer pada 5 Desember 2023. Kepastian itu terjadi setelah The Blades kalah 0-5 dari Burnley pada pekan ke-14 English Premier League, Sabtu (2/12/2023) malam hari WIB. Manajer asal Inggris itu sendiri memang tak mampu membawa The Blades beranjak dari dasar klasemen EPL musim ini.

Heckingbottom sudah menangani Sheffield United sebanyak dua kali. Ia menjabat sebagai manajer interim dalam sebelas laga pada 13 Maret 2021–30 Juni 2021. Ia menjabat sebagai manajer lagi dalam 98 laga pada 25 November 2021–5 Desember 2023.

Dalam kurun waktu tersebut, ada sedikitnya lima pemain yang menjadi andalan Heckingbottom selama melatih Sheffield United. Perinciannya adalah 2 gelandang, 2 bek, dan 1 kiper.

Siapa sajakah pemain andalan Paul Heckingbottom selama melatih Sheffield United?

1. Oliver Norwood menjadi pemain andalan Paul Heckingbottom dengan mengemas 106 laga

5 Pemain Andalan Paul Heckingbottom Selama Melatih Sheffield UnitedOliver Norwood (instagram.com/ollie.norwood)

Oliver Norwood menjadi pemain teratas yang sering bermain di bawah asuhan Paul Heckingbottom. Pemain berusia 32 tahun itu bermain sebanyak 106 laga di semua ajang. Hal itu membuatnya menjadi pemain andalan di lini tengah Sheffield United.

Norwood bahkan selalu menjadi andalan manajer Sheffield United sebelum-sebelumnya. Sebut saja Chris Wilder, Slavisa Jokanovic, dan Paul Heckingbottom (saat masih menjabat manajer interim). Pemain yang bergabung pada Agustus 2018 itu tampak punya andil yang sangat besar di sana.

2. John Egan, kapten Sheffield United, tampil dalam 96 laga di bawah Paul Heckingbottom

5 Pemain Andalan Paul Heckingbottom Selama Melatih Sheffield UnitedJohn Egan (twitter.com/SheffieldUnited)

John Egan adalah pemain kedua yang diandalkan Sheffield United di bawah asuhan Paul Heckingbottom. Bek tengah Irlandia itu tampil impresif dengan mengemas 96 laga. Ia juga menjadi pilar utama pertahanan The Blades.

Egan jadi salah satu pemain kunci yang membantu Sheffield United kembali ke Premier League pada 2023/2024. Selain menjadi salah satu pemain tertua, pemain yang bergabung pada 2018 itu juga dipercaya menjadi kapten tim sejak 2020/2021. Sayangnya, saat itu, Sheffield United harus rela terdegradasi ke divisi kedua Liga Inggris setelah berada di posisi ke-20 klasemen Premier League.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024

3. Wes Foderingham tak tergantikan di bawah mistar gawang dengan mengemas 88 laga

5 Pemain Andalan Paul Heckingbottom Selama Melatih Sheffield UnitedWes Foderingham (twitter.com/SheffieldUnited)

Posisi ketiga dihuni penjaga gawang, yaitu Wes Foderingham. Kiper berusia 32 tahun itu mencatatkan 88 laga pada masa kepelatihan Paul Heckingbottom. Ia saat itu hampir tak tergantikan di bawah mistar gawang Sheffield United.

Foderingham juga menjadi salah satu kiper yang mencetak assist di EFL Championship pada 2022/2023. Saat itu, ia berhasil mengirim umpan panjang kepada Iliman Ndiaye pada menit ke-7 pada pertandingan antara Sheffield United dan Millwall FC, Sabtu (6/8/2022) malam hari WIB. Laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Sheffield United.

4. Jack Robinson, rekan duet John Egan, berhasil tampil sebanyak 74 laga

5 Pemain Andalan Paul Heckingbottom Selama Melatih Sheffield UnitedJack Robinson (twitter.com/SheffieldUnited)

Jack Robinson menjadi pemain keempat yang menjadi pemain andalan Paul Heckingbottom. Rekan duet John Egan di lini pertahanan Sheffield United ini sudah bermain sebanyak 74 laga. Dari laga sebanyak itu, ia berhasil mengemas 6 gol dan 4 assist.

Robinson ternyata pernah membela Liverpool. Pemain berusia 30 tahun itu bahkan tumbuh dan memulai karier profesionalnya bersama The Reds pada 2010–2014. Namun, ia hanya bermain sebanyak sebelas laga di sana.

5. George Baldock, salah satu pemain senior Sheffield United, berhasil mengemas 71 laga

5 Pemain Andalan Paul Heckingbottom Selama Melatih Sheffield UnitedGeorge Baldock (instagram.com/georgebaldock)

Terakhir, ada George Baldock, pemain Sheffield United yang bisa bermain di beberapa posisi atau versatile. Pemain berusia 30 tahun itu pernah mengisi posisi gelandang kanan, bek kanan, bek kiri, sampai bek tengah. Namun, ia lebih banyak bermain di posisi gelandang kanan dengan mengemas 71 laga di bawah asuhan Paul Heckingbottom.

Baldock sendiri merupakan salah satu pemain senior di Sheffield United. Pemain Timnas Yunani itu bergabung dengan The Blade dari Milton Keynes Dons pada 2017. Saat itu, timnya masih berkompetisi di EFL Championship atau kasta kedua Liga Inggris.

Setelah pemecatan Paul Heckingbottom, Sheffield United langsung bergerak cepat mencari penggantinya. Ia adalah Chris Wilder, manajer yang berhasil membawa The Blades finis di posisi sembilan klasemen Premier League 2019/2020. Pertanyaannya, apakah Wilder bisa mengulangi pencapaian yang diraihnya 3 tahun lalu itu?

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi Liverpool yang Membela Sheffield United 2023/2024

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya