5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024

Tiga pemain membela klub besar

Sheffield United tampil di English Premier League (EPL) 2023/2024 dengan status tim promosi. Namun, mereka memulai musim ini dengan buruk. Sheffield baru meraih satu poin dari delapan pekan pertama. Alhasil, The Blades pun terpuruk di posisi buncit klasemen sementara.

Kesulitan Sheffield di EPL musim ini sebenarnya cukup bisa dimaklumi. Pasalnya, skuad Sheffield terbilang nihil pemain bintang. Beberapa penggawa The Blades memang pernah bermain untuk tim besar. Namun, mereka pun belum mampu mengangkat performa Sheffield.

Sheffield United sebenarnya pernah menghasilkan sejumlah pemain berkualitas dari akademinya. Namun, mereka telah hengkang dan membela klub lain di EPL 2023/2024. Sementara Sheffield terpuruk, deretan lulusan akademi mereka kini berada di peringkat lebih baik bersama klubnya masing-masing.

1. Kyle Walker sukses menangi belasan trofi bersama Manchester City

5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024Kyle Walker (instagram.com/kylewalker2)

Kyle Walker adalah salah satu jebolan akademi Sheffield United dengan karier tersukses. Walker lulus dari akademi Sheffield pada 2008. Hanya semusim bersama tim senior Sheffield, Walker lalu dilepas ke Tottenham Hotspur. Di sana ia mulai berkembang jadi bek kanan kelas dunia.

Karier Walker makin meningkat setelah ia pindah ke Manchester City pada 2017. Bersama The Citizens, Walker sudah memenangi 15 trofi sejauh ini. Jumlah itu pun masih bisa terus bertambah. Manchester City masih diunggulkan untuk jadi juara di berbagai ajang musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum Trusty

2. Harry Maguire sempat bersinar bersama Manchester United

5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024Harry Maguire berseragam Sheffield United (twitter.com/SheffieldUnited)

Harry Maguire pun ternyata merupakan hasil didikan akademi Sheffield United. Maguire mengawali kariernya di Sheffield selama 3 tahun medio 2011–2014. Namun, saat itu Sheffield hanya bermain di divisi bawah Liga Inggris.

Belakangan, nama Maguire mulai melambung saat ia membela Leicester City. Ia lalu diboyong Manchester United pada 2019 dengan status bek termahal dunia saat itu. Maguire sempat bersinar pada awal kariernya di Manchester United. Sayangnya, belakangan performanya menurun.

Maguire tak lagi jadi bek pilihan utama Manchester United sejak musim lalu. Jabatan kapten pun sudah diambil darinya. Namun, setidaknya ia sudah memenangi trofi Piala Liga 2022/2023 bersama Setan Merah. Manchester United juga masih diunggulkan finis di papan atas EPL musim ini.

3. Aaron Ramsdale bawa Arsenal bersaing di papan atas EPL

5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024Aaron Ramsdale (instagram.com/aaronramsdale)

Ada satu lagi jebolan akademi Sheffield United di klub besar EPL. Ia adalah Aaron Ramsdale, kiper asal Inggris yang memperkuat Arsenal. Ramsdale memulai kariernya bersama Sheffield pada 2015–2017. Sempat hengkang, Ramsdale kembali membela Sheffield pada musim 2020/2021.

Saat itu, Ramsdale gagal menyelamatkan Sheffield yang terdegradasi dari EPL. Namun, secara mengejutkan Arsenal malah mendatangkannya ke Emirates Stadium. Langkah berani Arsenal kemudian terbukti tepat karena Ramsdale sukses bersinar bareng The Gunners.

Musim 2022/2023 lalu, Ramsdale berperan vital saat Arsenal bersaing mengincar gelar juara EPL. Meski akhirnya gagal juara, Ramsdale tetap masuk tim terbaik EPL musim tersebut. Kini, Ramsdale bersama Arsenal kembali jadi salah satu kandidat serius juara EPL 2023/2024.

4. Dominic Calvert-Lewin setia membela Everton sejak 2016

5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024Dominic Calvert-Lewin (instagram.com/domcalvertlewin)

Berikutnya, ada Dominic Calvert-Lewin, striker yang membela Everton sejak 2016. Calvert-Lewin bergabung dengan Everton setelah dilepas Sheffield. Ia sempat bertahan 2 tahun di Sheffield, tetapi hanya pernah tampil 12 kali di semua ajang.

Bersama Everton, Calvert-Lewin sempat bersinar dan mencetak banyak gol. Sayangnya, dalam beberapa musim terakhir kariernya sering diganggu cedera panjang. Sejauh ini, Calvert-Lewin sudah bermain 215 kali bagi Everton dan mencetak 63 gol di semua ajang.

5. David Brooks huni zona degradasi EPL 2023/2024 bersama Bournemouth

5 Lulusan Akademi Sheffield United di Klub EPL Lain pada 2023/2024David Brooks (instagram.com/db_36)

David Brooks lebih dulu menimba ilmu di akademi Manchester City. Namun, ia kemudian pindah ke akademi Sheffield United. Brooks pun memulai karier profesionalnya bersama Sheffield. Ia berseragam The Blades pada 2015–2018 dan melakoni 37 penampilan.

Brooks kemudian pindah ke Bournemouth dan bertahan hingga saat ini. Sayangnya, Brooks sulit diandalkan karena rentan cedera. Prestasi Bournemouth sendiri musim ini hanya sedikit lebih baik dari Sheffield United. Mereka bertengger di peringkat 19 EPL, satu tingkat di atas Sheffield.

Andai lima pemain di atas tidak meninggalkan Sheffield United, mungkin performa The Blades musim ini akan lebih baik. Kini, dengan materi pemain yang ada, mampukah Sheffield bangkit dan bertahan di EPL?

Baca Juga: 4 Pemain yang Dijual Sheffield United dengan Harga Mahal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya