Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Nigeria yang Merumput di Bundesliga 2021/2022 

Bakat Nigeria makin diminati Eropa

Sejak lama, Nigeria dianggap sebagai kekuatan besar di olahraga sepak bola Afrika. Bakat alami yang mendukung menjadi alasan kenapa negara ini bisa maju dalam sepak bola. Bahkan, karena ketenarannya, klub-klub Eropa berlomba mengirimkan pemandu bakat ke Nigeria untuk mencari pemain muda hebat untuk mengisi akademi mereka.

Tak mengherankan jika pemain Nigeria cukup banyak menghiasi Eropa, termasuk Bundesliga. Dalam sejarahnya, puluhan pesepak bola Nigeria berbeda telah merumput di Bundesliga. Lima di antaranya masih merumput hingga musim ini.

1. Anthony Ujah

5 Pesepak Bola Nigeria yang Merumput di Bundesliga 2021/2022 Anthony Ujah (bundesliga.com)

Pemain asal Nigeria paling senior di Bundesliga ialah Anthony Ujah. Pada musim ini, ia membela Union Berlin. Karier Ujah di Bundesliga sendiri dimulai pada 2011. Ketika itu, ia bergabung bersama Mainz 05 dari klub Norwegia, Lillestrom SK.

Selain Mainz 05 dan Union Berlin, Anthony Ujah juga sempat bermain untuk Werder Bremen dan FC Koln. Dalam daftar pemain Nigeria yang merumput di Bundesliga, Ujah merupakan pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak ke-4, dengan catatan 133 penampilan dan torehan 30 gol.

2. Kevin Akpoguma

5 Pesepak Bola Nigeria yang Merumput di Bundesliga 2021/2022 Kevin Akpoguma (dfb.de)

Nama kedua ialah Kevin Akpoguma yang berposisi sebagai bek tengah. Walaupun lahir dan besar di Jerman, Akpoguma telah resmi menjadi warga negara Nigeria dan membela timnas Nigeria sejak 20 Oktober 2020.

Pemain berusia 26 tahun ini juga pernah membela timnas Jerman usia muda. Musim ini merupakan musim keempat bagi Akpoguma merumput di Bundesliga bersama Hoffenheim. Hingga pekan ke-13, Akpoguma masih terus diandalkan dengan catatan 11 penampilan dan 1 gol.

Baca Juga: 10 Pemain Berdarah Afrika yang Pernah Menjuarai Piala Dunia

3. Taiwo Awoniyi

5 Pesepak Bola Nigeria yang Merumput di Bundesliga 2021/2022 Taiwo Awoniyi (bundesliga.com)

Salah satu nama yang mengalami peningkatan performa pada musim ini ialah Taiwo Awoniyi. Striker berkebangsaan Nigeria ini beberapa kali bermain di Bundesliga sebagai pemain pinjaman dari Liverpool.

Sebelum membela Union Berlin, Awoniyi juga sempat membela Mainz 05 pada 2019/2020. Namun, berkat penampilan impresifnya musim lalu, Awoniyi akhirnya dipermanenkan Union Berlin awal musim ini.

Hal tersebut ternyata berbuah manis bagi Union Berlin. Dari 13 laga, Awoniyi sudah bisa mengemas 8 gol dan bercokol di posisi ketiga top scorer Bundesliga musim ini.

4. Kingsley Ahizibue

5 Pesepak Bola Nigeria yang Merumput di Bundesliga 2021/2022 Kingsley Ahizibue (aoifootball.com)

Musim ini menjadi musim ketiga Kingsley Ahizibue merumput di Bundesliga bersama FC Koln. Ahizibue sebetulnya lahir di Munchen, Jerman, tetapi memulai kariernya bersama tim PEC Zwolle di Eredivisie.

Berposisi sebagai bek kanan, Ahizibue cukup diandalkan FC Koln. Musim ini, ia baru mencatatkan tujuh penampilan. Jumlah itu diprediksi akan terus bertambah jika mampu tampil konsisten dan tidak diganggu cedera.

5. Dickson Abiama

5 Pesepak Bola Nigeria yang Merumput di Bundesliga 2021/2022 Dickson Abiama (omasports.com)

Nama yang terakhir ialah Dickson Abiama yang merupakan pendatang baru di Bundesliga. Penampilan gemilangnya musim lalu berhasil membawa timnya saat ini, Greuther Furth, promosi ke kasta tertinggi Bundesliga.

Musim lalu, Dickson mampu mencetak 7 gol dari 29 pertandingan sebagai seorang penyerang untuk Furth. Namun, musim ini, ia belum berhasil menyarangkan satu gol pun hingga penampilan ke-10.

Nigeria memang sangat layak disebut sebagai pusatnya sepak bola Afrika dengan segala prestasi, pemain, dan sejarah yang mereka miliki. Namun, dengan berkembangnya negara-negara lain, mampukah Nigeria bertahan dan tetap menjadi yang terbaik?

Baca Juga: 5 Pemain Nigeria di Premier League yang Dipanggil Timnas Nigeria

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya