7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024

Pencetak deretan nama manajer muda potensial

Masa kepepemimpinan Roberto Mancini di Inter Milan meninggalkan memori yang cukup baik. Selama menukangi Inter, pria asal Italia itu berhasil meraih 7 gelar juara yang didapat dari 3 kompetisi berbeda. Hal itu didapat dari 2 kali masa kepelatihan, tepatnya pada 2004--2008 dan 2014--2016.

Selama melatih Inter Milan, Mancini sukses melahirkan banyak pemain hebat. Tak sampai di situ, legacy Mancini nyatanya tetap bertahan hingga dewasa ini ketika banyak anak didiknya dulu yang kini menjadi manajer potensial 

Pada musim 2023/2024 saja, ada tujuh mantan didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang kini tengah berperan sebagai manajer klub. Siapa sajakah mereka dan klub apa yang dilatih oleh masing-masing?

1. Hernan Crespo bawa Al Ain tampil perkasa di Asia

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Hernan Crespo (instagram.com/hernancrespo)

Hernan Crespo adalah salah satu penyerang tajam yang pernah dilatih Roberto Mancini di Inter Milan. Saat ini, Crespo telah pensiun dan telah berprofesi sebagai seorang manajer. Pada November 2023, Crespo baru mendapatkan pekerjaan dari Al-Ain untuk melatih klub tersebut untuk musim kompetisi 2023/2024.

Crespo memberikan performa yang baik untuk Al-Ain di UAE Pro League. Bahkan, Al-Ain mampu tampil perkasa dengan mendominasi papan atas klasemen UAE Pro League. Tak hanya itu, Al-Ain pun ia bawa lolos ke babak semi final AFC Champions League 2023/2024.

Baca Juga: 6 Rekrutan Pertama Roberto Mancini saat Melatih Manchester City

2. Dejan Stankovic punya peluang besar membawa Ferencvaros juara Liga Hungaria

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Dejan Stankovic (sampdoria.it)

Dejan Stankovic merupakan salah satu pemain andalan Roberto Mancini. Pria asal Serbia ini pernah menjadi rekan setim dan anak asuh Mancini. Ia juga menjadi salah satu pemain yang diboyong Mancini dari Lazio ke Inter Milan saat awal melatih La Beneamata pada 2004.

Sempat melatih Red Star Belgrade dan Sampdoria, kini Stankovic sedang melatih Ferencvaros, klub raksasa asal Hungaria. Pada 2023/2024, Stankovic punya peluang besar membawa timnya menjadi juara Liga Hungaria. Pasalnya, Ferencvaros saat ini sedang menempati posisi puncak per pekan ke-25 dengan selisih 8 poin dari urutan kedua.

3. Fabio Grosso hanya melatih Olympique Lyon selama 2 bulan

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Fabio Grosso saat menjadi pelatih. (frosinonecalcio.com)

Nama Fabio Grosso melejit setelah menjadi salah satu aktor penentu juara Italia pada final Piala Dunia 2006. Akan tetapi, kiprahnya tak terlalu bagus ketika ia dilatih Roberto Mancini di Inter Milan. Grosso hanya bermain setahun (2006/2007) bersama Inter Milan di bawah arahan Mancini. Kemampuan aslinya dinilai tak terlalu berkembang.

Setelah pensiun, Fabio Grosso mengikuti jejak Roberto Mancini untuk menjadi seorang manajer sepak bola. Pada 2023/2024, Grosso sempat melatih Olympique Lyon. Akan tetapi, ia dipecat. Terhitung, ia hanya melatih tim Ligue 1 Prancis itu selama 2 bulan saja (September--November 2023).

4. Alvaro Recoba sedang merintis karier di dunia kepelatihan

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Alvaro Recoba (instagram.com/nacional)

Alvaro Recoba baru saja merintis karier sebagai seorang manajer. Pria asal Uruguay ini baru melatih Nacional pada awal musim 2023/2024. Klub ini juga merupakan klub profesional pertama Alvaro Recoba ketika masih berkarier sebagai pemain.

Setelah tampil gemilang di Nacional, Recoba pindah ke Inter Milan pada 1997. Pemain berjuluk El Chino ini pernah dilatih oleh Roberto Mancini. Momen tersebut terjadi medio 2004--2008.

5. Kily Gonzalez baru melatih CA Union pada awal musim 2023/2024

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Kily Gonzalez (instagram.com/kilygonzalezdt

Kily Gonzalez ditunjuk sebagai manajer CA Union pada awal musim 2023/2024. Mantan pemain Timnas Argentina ini membawa CA Union tampil cukup seimbang di Copa de Liga Argentina. Mereka tak begitu perkasa, namun, bukan juga tim penghuni papan bawah.

Semasa masih menjadi pemain Gonzalez pernah dilatih Roberto Mancini di Inter Milan. Momen tersebut terjadi dari 2004--2006. Meski begitu, Gonzalez sejatinya tak termasuk ke dalam pemain andalan Mancini di Inter Milan.

6. Patrick Vieira diambang pemecatan di Strasbourg

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Patrick Vieira (premierleague.com)

Patrick Vieira cukup tersohor kala menjadi seorang pesepak bola. Ia merupakan gelandang bertahan yang sangat kuat dan mampu diandalkan. Ia juga termasuk ke dalam pemain andalan Roberto Mancini saat melatih Inter Milan.

Akan tetapi, kiprah Vieira di dunia kepelatihan belum sementereng kala ia jadi pemain. Vieira masih dianggap sebagai manajer yang medioker sejauh ini. Bahkan, pada 2023/2024, ia berada di ambang pemecatan oleh klub yang sedang ia tangani, RC Strasbourg.

7. Emre Belozoglu memulai petualangan di Ankaragucu

7 Didikan Roberto Mancini di Inter Milan yang Melatih Klub 2023/2024Emre Belozoglu (instagram.com/ankaragucu)

Emre Belozoglu berhenti bekerja sama dengan Istanbul Basaksehir pada 2022/2023. Ia pun melanjutkan petualangannya di dunia kepelatihan bersama Ankaragucu pada awal musim 2023/2024. Bicara soal performa, Belozoglu belum bisa membawa Ankaragucu tampil konsisten di Super Lig Turki.

Emre Belozoglu punya nama cukup mentereng saat masih menjadi pemain. Ia menjadi salah satu pemain terbaik Turki pada eranya. Roberto Mancini kerap menurunkannya selama semusim ia berada di Inter Milan pada 2004/2005.

Tujuh pemain ini hanya segelintir manajer yang pernah merasakan didikan Roberto Mancini di dunia sepak bola. Di luar mantan pemain Inter Milan, Mancini juga pernah mengasuh Vincent Kompany, Sinisa Mihajlovic, Diego Simeone, hingga Simone Inzaghi yang kini tengah membawa Inter Milan tampil impresif.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter Milan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya