5 Gelandang Bertahan Brasil yang Meramaikan EPL 2023/2024

Mayoritas dari mereka diandalkan oleh tim EPL

Bukan lagi rahasia jika Brasil adalah penghasil gelandang hebat. Di English Premier League (EPL) 2023/2024 sendiri ada sebelas gelandang Brasil yang merumput. Mereka terbagi menjadi tiga posisi, yakni gelandang serang, gelandang tengah, dan gelandang bertahan.

Dari 3 subposisi tersebut, posisi gelandang bertahan menjadi yang terbanyak dengan perwakilan 5 pemain. Lalu, siapa sajakah kelima nama tersebut dan seperti apa kiprahnya sejauh ini?

1. Bruno Guimaraes selalu tampil hebat untuk Newcastle United

5 Gelandang Bertahan Brasil yang Meramaikan EPL 2023/2024Bruno Guimaraes (nufc.co,uk)

Nama yang pertama ialah Bruno Guimaraes yang telah berseragam Newcastle United sejak musim dingin 2022. Per November 2023, Guimaraes menjadi pemain Brasil dengan nilai pasar termahal yang merumput di EPL 2023/2024. Gelandang bertahan andalan Newcastle United ini memiliki nilai pasar sebesar 85 juta euro (Rp1,43 triliun).

Hal ini cukup wajar jika melihat performa yang ditampilkan Guimaraes. Pria berusia 25 tahun ini memang sedang berada pada masa terbaik dan selalu tampil hebat untuk Newcastle United. Ia tak pernah absen dalam 10 laga The Magpies di EPL dengan menyumbangkan 1 gol dan 1 assist.

2. Douglas Luiz jadi kunci sukses Aston Villa

5 Gelandang Bertahan Brasil yang Meramaikan EPL 2023/2024Douglas Luiz (avfc.co.uk)

Pada awal musim 2023/2024 ini, Aston Villa sedang berada di permainan terbaik. The Villans menghuni papan atas klasemen EPL 2023/2024 berkat konsistensi yang mereka ciptakan. Keberhasilan ini adalah salah satu kontribusi besar dari Douglas Luiz. 

Gelandang bertahan berusia 25 tahun ini kerap menjadi kunci dari permainan The Villans. Ia menjalankan tugasnya dengan baik sebagai tembok di lini tengah dan juga aktif dalam membantu penyerangan. Hal ini bisa dilihat dari torehan 5 gol dan 1 assist yang Douglas ciptakan dari 10 laga EPL. Catatan ini sangat produktif bagi seorang gelandang bertahan.

3. Casemiro tampil solid bersama Manchester United

5 Gelandang Bertahan Brasil yang Meramaikan EPL 2023/2024Casemiro (manutd.com)

Datang sebagai pemain bintang dari Real Madrid pada musim panas 2022, Casemiro tetap menunjukkan kelasnya bersama Manchester United. Meski tak lagi muda, Casemiro tetap seorang pemain penting. Bahkan, Casemiro kerap dipandang sebagai salah satu pemimpin karena karakter petarung dan kebijaksanaan yang ia miliki.

Bicara soal performanya musim ini, Casemiro masih berada di level terbaik dengan penampilan solid yang selalu ia tampilkan. Hingga pekan ke-10, Casemiro telah mencatat 8 laga dengan sumbangan 1 gol di EPL. Namun, jika melihat performanya di Liga Champions Eropa, Casemiro justru memiliki catatan yang lebih baik. 

Baca Juga: Bruno Guimaraes dan Nomor 39 yang Terinspirasi dari Sopir Taksi

4. Vini Souza diandalkan Sheffield United

5 Gelandang Bertahan Brasil yang Meramaikan EPL 2023/2024Vini Souza (twitter.com/SheffieldUnited)

Sheffield United juga menggunakan jasa seorang gelandang bertahan asal Brasil sebagai pemain andalan mereka. Sosok yang dimaksud adalah Vini Souza, pemain yang baru didatangkan dari Lommel SK pada awal musim ini. Meski baru, Vini sudah mampu mencuri perhatian.

Hingga pekan ke-10, Vini tak pernah absen dengan mencatatkan rincian 768 menit bermain. Ini merupakan hal yang baik untuk seorang pemain debutan. Selain itu, Vini juga menyimpan potensi besar untuk bisa terus berkembang di EPL.

5. Andrey Santos masih mencari kesempatan di Nottingham Forest

5 Gelandang Bertahan Brasil yang Meramaikan EPL 2023/2024Andrey Santos (twitter.com/04Andrey)

Berbeda dengan gelandang bertahan lain yang menjadi andalan timnya, Andrey Santos justru masih mencari kesempatan. Ia kerap menjadi penghangat bangku cadangan di Nottingham Forest. Padahal, ia merupakan pemain Chelsea yang dipinjamkan ke The Trees untuk mendapatkan menit bermain lebih.

Sejauh ini, Santos baru mencatat 1 laga dengan rincian 7 menit di EPL. Dengan usianya yang baru 19 tahun, Santos tampaknya belum siap untuk bersaing di EPL. Kesempatan bermain lebih banyak mungkin bisa ia dapatkan bila dipinjamkan ke tim Championship atau kompetisi lain di luar liga top Eropa.

Daftar ini hanya merangkum performa lima gelandang bertahan asal Brasil yang bermain di EPL 2023/2024. Selain kelima nama ini,  ada enam gelandang Brasil lain di EPL. Sebut saja, Lucas Paqueta, Joelinton, Danilo, Mateus Franca, Andreas Pereira, dan Joao Gomes.

Baca Juga: 4 Kekalahan Terbesar yang Pernah Dialami Casemiro, Dibantai Rival!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya