Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Sergio Aguero jadi yang terbaik sekaligus melegenda

Selain Boca Juniors, River Plate dan Racing Club, Independiente juga merupakan salah satu klub yang paling disegani di Argentina. Independente punya sejarah besar dalam sepak bola Argentina. Total 14 kali gelar juara Liga Argentina dan 7 Copa Libertadores sukses mereka dapatkan.

Sayangnya, hal tersebut kebanyakan terealisasi sebelum abad ke-21. Kendati demikian, Independiente kerap lahirkan talenta hebat, terutama dari tim akademi mereka. Lima di antaranya bahkan sukses menembus English Premier League (EPL) yang disebut sebagai kompetisi paling populer di dunia. Siapa saja?

1. Esteban Fuertes

5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLEsteban Fuertes (radioeme.com)

Esteban Fuertes merupakan pemain jebolan akademi Independiente pertama sekaligus yang berlaga bermain di Premier League. Penyerang yang hanya catatkan satu caps di Timnas Argentina ini baru promosi ke tim utama pada tahun 1992.

Derby County yang pada tahun 2000 berada di EPL merupakan klub Eropa pertama yang dibela Fuertes dalam kariernya. Sayangnya, kebersamaan Derby County hanya bertahan selama setengah musim dengan catatan 1 gol dari 8 laga di kompetisi EPL.

2. Diego Forlan

5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLDiego Forlan (thesefootballtimes.co)

Meski berasal dari Uruguay, namun Diego Forlan pernah menimba ilmu di tim junior Independiente. Momen tersebut terjadi selama 4 tahun, tepatnya dari 1994 hingga ia promosi ke tim utama Independiente pada 1998.

Sama seperti Fuertes, klub yang berlaga di EPL juga merupakan klub pertama yang dibela Forlan. Klub tersebut adalah Manchester United yang dibelanya selama 2,5 musim. Forlan sukses catatkan 96 penampilan dengan koleksi 17 gol dan 9 assists, meski Forlan lebih sering hadir dari bangku cadangan.

Baca Juga: 5 Pemain Top Argentina yang Saat Ini Berseragam Klub Premier League

3. Oscar Ustari

5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLOscar Ustari (skysports.com)

Oscar Ustari merupakan mantan kiper Timnas Argentina yang saat ini jadi kapten dari tim Pachuca di Liga MX Apertura Mexico. Ustari berada 5 tahun di tim akademi Independiente, sebelum promosi ke tim utama pada 2005.

Pada paruh kedua musim 2013/2014, Ustari pernah mencoba peruntungan untuk berkarier di Inggris bersama Sunderland. Sayangnya, Ustari tak pernah tampil di ajang EPL. Catatan tiga penampilan yang ia torehkan untuk The Black Cats terjadi untuk Piala FA.

4. Sergio Aguero

5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLSergio Aguero (skysports.com)

Sergio Aguero telah dianggap sebagai nama terbesar jebolan akademi Independiente atau bahkan Argentina di tanah Britania Raya. Catatan 184 gol dan 95 assists dari 275 laga di ajang EPL selama 10 tahun membela Manchester City adalah buktinya.

Selain itu, Aguero yang dikenal sebagai penyerang yang sangat tajam ini telah berhasil raih lima gelar juara EPL selama berkarier di Inggris. Sebelum menjadi legenda, Aguero pernah menghabiskan 6 tahun (1997—2003) di tim akademi Independiente. Sayangnya, ia kini memutuskan pensiun lebih cepat karena masalah jantung.

5. Emiliano Martinez

5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLEmiliano Martinez (skysports.com)

Satu-satunya pemain jebolan akademi Independiente yang berlaga di Premier League 2021/2022 adalah Emiliano Martinez. Kiper utama Timnas Argentina ini merupakan kiper dari Aston Villa sejak 2020. Martinez cukup lama berkarier di Inggris.

Dari sekian banyak klub yang pernah ia bela, catatannya di kompetisi EPL hanya terjadi saat berseragam Aston Villa dan Arsenal. Pemain yang telah catatkan 89 laga di EPL ini pernah berada di tim akademi Independiente selama 2 tahun (2008—2010).

 

Kualitas Independiente sebagai salah satu klub besar Argentina jelas menurun dari puluhan tahun silam. Mereka harus siap bangkit cepat agar bisa kembali menyaingi Boca Juniors, River Plate atau Racing Club.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Boca Juniors Terbaik yang Pernah Main di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya