5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan Timnya

Mereka berstatus sebagai kapten utama

Meski ada banyak pesepak bola dengan masa bakti lama, klub-klub LaLiga Spanyol 2023/2024 masih percaya untuk menjadikan pemain dengan masa abdi yang baru sebentar sebagai kapten. Ada berbagai alasan yang mendasari mereka mengambil keputusan ini. Sikap yang bijaksana, paham dengan klub, serta pengalaman menjadi kapten di klub lain menjadi beberapa alasan itu.

Ini terbukti, beberapa kapten dengan masa bakti yang baru sebentar merupakan jebolan tim akademi atau pemain yang pernah memiliki pengalaman menjadi kapten di klub lain. Lalu, siapa sajakah kapten di LaLiga 2023/2024 yang paling baru bergabung dengan timnya?

1. Jonathan Viera baru memasuki musim ketiga bersama UD Las Palmas

5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaJonathan Viera (twitter.com/VieraJonathan)

Jonathan Viera baru memasuki musim ketiga bersama UD Las Palmas sejak bergabung dari Beijing Guon pada musim dingin 2021. Namun, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini telah dipercaya untuk menjadi kapten tim. Ini disebabkan pengalaman Viera yang telah familier dengan Las Palmas.

Faktanya, Viera memang pernah berseragam Las Palmas (2015--2018) sebelum berseragam Beijing Guon. Itu artinya, kembalinya Viera ke Las Palmas merupakan kali kedua ia berseragam klub asal Gran Canaria ini. Tak heran jika ia mendapatkan kepercayaan untuk memimpin skuad.

2. Aleix Garcia promosi jadi kapten utama Girona

5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaAleix Garcia (twitter.com/97_aleix)

Aleix Garcia baru promosi menjadi kapten utama Girona pada musim ini. Sebelumnya, ia hanya berstatus sebagai wakil kapten di bawah Christian Stuani. Namun, ia akhirnya promosi ke jabatannya sekarang karena Stuani kerap dicadangkan. 

Garcia sendiri baru 2 tahun 2 bulan berseragam Girona. Pengalamannya masih kalah jauh dari beberapa pemain senior, seperti Christian Stuani, Juan Carlos, Bernardo Espinosa, dan Juanpe. Kendati demikian, Garcia tetap dipercaya untuk menjadi pemimpin di timnya sekarang.

Baca Juga: 4 Penjaga Gawang yang Menjadi Kapten di Bundesliga Jerman 2023/2024

3. Oscar Valentin memimpin skuad Rayo Vallecano

5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaOscar Valentin (twitter.com/OscarValentin94)

Oscar Valentin merupakan pemain jebolan akademi Rayo Vallecano. Akan tetapi, ia tak langsung promosi ke tim utama. Ia terlebih dahulu hengkang ke Alcodenbas dan Rayo Majadahonda sebelum kembali ke klub masa kecilnya pada 2019. 

Meski baru 4 tahun membela Rayo Vallecano, Valentin telah dipercaya untuk menjadi kapten utama tim ini. Ia dinilai bisa merepresentasikan klub karena berasal dari tim akademi. Padahal, Oscar Trejo, Bebe, dan Alvaro Garcia terhitung lebih senior ketimbang Valentin di klub ini.

4. Raul Albiol dipilih sebagai kapten Villarreal karena pengalamannya di klub lain

5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaRaul Albiol (twitter.com/europaleague)

Raul Albiol adalah salah satu pemain tertua yang merumput di LaLiga 2023/2024. Namun, ia baru bergabung dengan Villarreal pada musim panas 2019. Itu artinya, mantan bek Napoli dan Real Madrid ini baru mengabdi selama 4 tahun bersama Villarreal.

Kendati demikian, Albiol telah dipercaya untuk menjadi kapten tim sejak musim keduanya berseragam The Yellow Submarine. Padahal jika melihat masa bakti terlama, maka Manu Trigueros, Alfonso Pedraza, atau Gerard Moreno yang seharusnya mendapatkan ban kapten Villarreal saat ini. Kendati demikian, Albiol tetap dipilih karena pernah memiliki pengalaman menjadi kapten saat berseragam Napoli.

5. Andres Guardado menjadi kapten Real Betis menggantikan Joaquin Sanchez yang pensiun

5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaAndres Guardado (twitter.com/AGuardado18)

Andres Guardado merupakan sosok yang cukup berpengalaman untuk menjadi seorang kapten tim. Jabatan ini tak asing baginya. Sebab, ia telah dipercaya untuk menjadi kapten Timnas Meksiko dalam beberapa tahun terakhir.

Meski begitu, untuk menjadi kapten utama Real Betis, Guardado baru mendapatkannya pada 2023/2024. Ia dipercaya menggantikan Joaquin Sanchez yang pensiun pada musim lalu. Namun, jika dilihat dari masa baktinya di klub, maka Guardado terhitung cukup lama. Ia telah bergabung dengan Real Betis sejak Juli 2017.

Meski memiliki masa bakti yang relatif masih baru, para kapten ini mampu menjalankan perannya dengan baik. Pengalaman serta kedekatan dengan internal klub dan suporter membuat mereka pantas dijadikan pemimpin. Lalu, siapakah kapten sepak bola tim LaLiga favoritmu?

Baca Juga: 10 Potret Orkun Kokcu, Kapten Muda Turki sang Kapten Feyenoord

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya