4 Penjaga Gawang yang Menjadi Kapten di Bundesliga Jerman 2023/2024

Ada yang sedang memuncaki klasemen sementara

Dalam sebuah tim sepak bola, jabatan kapten tentu sebaiknya diemban oleh pemain dengan jiwa kepemimpinan tinggi. Namun, posisi dan peran di atas lapangan pun kerap menentukan. Pemain bertahan umumnya lebih ideal jadi kapten karena memiliki sudut pandang lebih luas di atas lapangan.

Tak heran jika banyak kapten yang berposisi sebagai bek di liga-liga Eropa. Penjaga gawang pun cukup sering diserahi jabatan tersebut. Di Bundesliga Jerman, setidaknya ada empat kiper yang menjadi kapten klubnya mengarungi musim kompetisi 2023/2024.

1. Manuel Neuer masih jadi kapten Bayern Munich meski cedera

4 Penjaga Gawang yang Menjadi Kapten di Bundesliga Jerman 2023/2024Manuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Bayern Munich masih memercayakan jabatan kapten kepada kiper senior mereka, Manuel Neuer. Neuer sudah mengemban peran tersebut sejak 2017, alias sudah lebih dari 6 tahun lamanya. Sebagai kapten, Neuer terbilang amat sukses memimpin rekan-rekannya.

Sebelum Neuer menjabat, Bayern Munich sudah mendominasi Bundesliga Jerman. Setelahnya pun Neuer sukses membawa Die Roten mempertahankan dominasi. Bayern Munich belum pernah gagal juara Bundesliga selama dikapteni Neuer. Ada pula tambahan sembilan trofi lain selama periode yang sama.

Tak heran jika ban kapten Bayern Munich masih melekat di lengan Neuer hingga sekarang. Padahal, Neuer sudah absen membela Bayern sejak Desember 2022 karena cedera. Selama Neuer menepi, ia biasanya diwakili oleh Joshua Kimmich atau Thomas Muller sebagai kapten di atas lapangan.

Baca Juga: 3 Pesepak Bola Korea Selatan yang Bermain di Bundesliga 2023/2024

2. Lukas Hradecky bawa Bayer Leverkusen puncaki klasemen Bundesliga

4 Penjaga Gawang yang Menjadi Kapten di Bundesliga Jerman 2023/2024Lukas Hradecky (instagram.com/bayer04fussball)

Sementara, Lukas Hradecky mulai menjadi kapten Bayer Leverkusen pada musim 2021/2022. Hradecky dipercaya karena setia membela Leverkusen sejak 2018. Pria asal Finlandia itu juga tak tergantikan sebagai kiper utama Leverkusen sejak bergabung.

Selama membela Leverkusen, Hradecky belum berhasil mempersembahkan trofi. Namun, ia beberapa kali membawa Die Schwarzroten bersaing di papan atas Bundesliga Jerman. Bahkan, pada musim 2023/2024 ini, Leverkusen sedang memuncaki klasemen Bundesliga hingga pekan ketujuh.

Sebagai kiper utama sekaligus kapten, Hradecky tentu punya peran penting dalam capaian tersebut. Ia melakoni seluruh laga Bayer Leverkusen di Bundesliga musim ini dan membuat tiga clean sheet. Bukan mustahil, Hradecky akhirnya bisa meraih trofi bersama Leverkusen musim ini.

3. Jonas Omlin jadi kapten Borussia Monchengladbach meski belum lama bergabung

4 Penjaga Gawang yang Menjadi Kapten di Bundesliga Jerman 2023/2024Jonas Omlin (instagram.com/omlinjonas1)

Borussia Monchengladbach juga memercayakan jabatan kapten kepada kiper mereka, Jonas Omlin. Keputusan itu terbilang unik karena Omlin baru bergabung ke Monchengladbach pada Januari 2023. Namun, kiper asal Swiss itu memang langsung menjadi pilihan utama di bawah mistar Monchengladbach.

Sialnya, saat ini Omlin belum bisa memimpin rekan-rekannya di lapangan. Ia harus menepi sejak akhir Agustus 2023 karena cedera bahu. Belum diketahui kapan Omlin bisa merumput lagi. Monchengladbach sendiri sedang bertengger di peringkat 12 klasemen sementara Bundesliga 2023/2024.

4. Oliver Baumann pemain paling senior di TSG Hoffenheim

4 Penjaga Gawang yang Menjadi Kapten di Bundesliga Jerman 2023/2024Oliver Baumann (instagram.com/olibaumann90)

Satu lagi penjaga gawang yang menjadi kapten di Bundesliga musim ini adalah Oliver Baumann. Ia adalah kiper yang loyal membela TSG Hoffenheim sejak 2014. Sebagai pemain paling senior di skuad Hoffenheim, wajar jika Baumann dipercaya memakai ban kapten.

Selain itu, Baumann juga tak tergantikan di bawah mistar Hoffenheim. Sejauh ini, ia sudah bermain 338 kali bagi Hoffenheim di semua ajang. Belum ada trofi yang dipersembahkan Baumann bagi klubnya. Namun, Hoffenheim tampil apik pada awal Bundesliga 2023/2024 hingga sanggup bertengger di peringkat kelima klasemen sementara.

Dipercaya jadi kapten klub Bundesliga Jerman pada 2023/2024, hasilnya hampir semua klub deretan kiper di atas sedang berada di papan atas klasemen sementara. Siapa dari mereka yang bakal meraih prestasi terbaik pada akhir musim nanti?

Baca Juga: Kinerja 3 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan ke Bundesliga 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya