4 Kapten Serie A 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan Timnya

Karakter membuat mereka terpilih sebagai kapten

Pemain senior yang berpengalaman kerap ditunjuk sebagai kapten sebuah klub. Namun, beberapa tim memilih jalan lain dengan memilih kapten yang notabene merupakan pemain yang baru bergabung di klub tersebut. Dapat diartikan, pemain tersebut masih memiliki masa bakti yang pendek untuk dipercaya dan mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin sebuah tim.

Fenomena ini juga berlaku di Serie A Italia 2023/2024. Dari 20 kapten utama tim Serie A musim ini, ada sejumlah pemain yang belum lama bergabung justru ditunjuk sebagai kapten. Mereka memiliki masa bakti yang pendek, tetapi memiliki kapasitas hebat sebagai kapten tim.

Siapa sajakah kapten Serie A Italia 2023/2024 yang paling baru bergabung dengan timnya? Untukmu yang penasaran, berikut inilah daftar dan ulasan empat di antaranya!

1. Luca Mazzitelli datang ke Frosinone sebagai pemain pinjaman terlebih dahulu

4 Kapten Serie A 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaLuca Mazzitelli (twitter.com/lucaMazzi36)

Luca Mazzitelli baru bergabung dengan Frosinone pada musim panas 2022. Pada awalnya, ia datang sebagai pemain pinjaman dari AC Monza. Bermain apik dan memberikan kontribusi yang ciamik, Mazzitelli pun dipermanenkan pada awal musim 2023/2024.

Belum sebulan dipermanenkan, manajemen Frosinone telah menunjuk Mazzitelli sebagai kapten baru Frosinone. Pemilihan Mazzitelli sebagai kapten ternyata cukup masuk akal. Sebab, ia terhitung sebagai pemain lama di klub ini. Hanya ada Karlo Lulic dan Luca Garritano yang lebih senior setahun darinya.

2. Matteo Pessina telah akrab dengan AC Monza

4 Kapten Serie A 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaMatteo Pessina (acmonza.com)

Matteo Pessina bergabung dengan AC Monza pada musim panas 2022. Setelah 6 bulan, Pessina langsung mengemban amanat sebagai kapten Monza untuk menggantikan Gabriel Paletta yang pensiun pada pertengahan musim 2022/2023. Faktanya, saat itu Pessina masih berstatus sebagai pemain pinjaman dari Atalanta Bergamo.

Penunjukkan Pessina sebagai kapten sebetulnya cukup aneh karena pemain ini terhitung baru di klub. Namun, jika dilihat dari sejarah karier Pessina, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sebetulnya cukup akrab dengan Monza. Pessina merupakan jebolan akademi Monza yang promosi pada 2014 dan sempat merantau ke klub lain sebelum kembali pada 2021. 

Baca Juga: 5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti Terlama

3. Federico Fazio menggantikan peran Franck Ribery sebagai kapten Salernitana

4 Kapten Serie A 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaFederico Fazio (twitter.com/OfficialUSS1919)

Federico Fazio bergabung dengan Salernitana pada Januari 2022. Sembilan bulan kemudian, bek asal Argentina ini langsung dipercaya sebagai kapten. Ia ditunjuk secara mendadak karena Franck Ribery pensiun.

Hingga sekarang, Fazio masih mengemban tanggung jawab sebagai kapten. Padahal, jika melihat dari panjangnya masa bakti, Fazio terhitung baru membela klub ini selama 2 tahun 9 bulan. Norbert Gyomber, Lassana Coulibaly, dan Vincenzo Glorilla masih lebih senior dari Fazio di Salernitana.

4. Gabriel Strefezza menjalani debut sebagai kapten Lecce pada 2023/2024

4 Kapten Serie A 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan TimnyaGabriel Strefezza (uslecce.it)

Winger asal Brasil, Gabriel Strefezza, adalah kapten Lecce saat ini. Strefezza baru bergabung dengan klub pada musim panas 2021. Seiring waktu, Strefezza menunjukkan karakter hebat sebagai pemimpin.

Alhasil, ia pun ditunjuk sebagai kapten untuk menggantikan Morten Hjulmand yang pindah ke Sporting CP pada musim panas 2023. Itu artinya, musim 2023/2024 ini merupakan musim pertama bagi Strefezza mengemban tugas sebagai kapten. Ini adalah tugas yang besar bagi seorang pemain yang terhitung baru seperti Strefezza.

Kelima nama ini sukses membuktikan jika pemilihan kapten sepak bola tak harus berdasarkan senioritas di dalam klub. Faktor pengalaman di klub sebelumnya, kedekatan dengan penggemar, dan karakter menjadi beberapa alasan mereka ditunjuk sebagai kapten tim. Mereka sangat layak mendapatkan jabatannya saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Serie A 2023/2024 yang Digaet dari Serie B

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya