8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCL

Belum pernah ada yang juara

Dari 32 klub yang berlaga di Liga Champions Eropa 2023/2024, tak ada satu pun klub yang berasal dari Polandia. Padahal, Polandia merupakan salah satu depot pemain hebat yang ada di Eropa. Selain itu, klub Polandia juga pernah memiliki sejarah yang cukup mentereng di kancah UEFA Champions League (UCL).

Pada masa lalu, klub-klub Polandia menjadi langganan lolos ke babak fase grup. Bahkan, ada delapan klub asal Polandia yang pernah lolos ke fase knock out UCL. Angka tersebut lebih banyak ketimbang klub dari negara top lain, seperti Belgia, Turki, Rusia, bahkan Portugal. Lalu, Polandia mana sajakah yang pernah lolos ke babak knock out UCL?

1. Ruch Chorzow berjaya di era European Cup

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLRuch Chorzow (twitter.com/RuchChorzow1920)

Pada musim 2023/2024 ini, Ruch Chorzow adalah tim papan bawah yang menghuni divisi teratas sepak bola Polandia. Namun, pada masa lalu, Ruch Chorzow pernah berjaya dan sering mewakili Polandia di kompetisi Eropa. Ruch Chorzow tercatat pernah 4 kali lolos ke fase gugur European Cup (format lama Liga Champions), tepatnya pada 1975, 1976, 1980, dan 1990. Prestasi terbaik mereka adalah menembus babak quarter finals pada European Cup 1975.

2. Polonia Bytom dua kali mewakili Polandia

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLKrzysztof Krol saat berseragam Polonia Bytom (en.cfmontreal.com)

Polonia Bytom tercatat pernah 2 kali menjadi juara Liga Polandia (1953/1954 dan 1961/1962). Dalam dua kesempatan tersebut, Polonia Bytom bisa ikut serta ke kompetisi European Cup. Sayangnya, mereka gagal berbicara banyak. Tim Divisi ketiga Liga Polandia ini tersingkir di ronde pertama European Cup 1955 oleh MK Budapest dan kalah di babak 16 besar oleh Galatasaray pada edisi 1963.

3. Nasib Szombierke Bytom yang jadi tim amatir saat ini

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLSzombierke Bytom (szombierkibytom.com)

Szombierke Bytom pernah mewakili Polandia di European Cup 1981. Akan tetapi, mereka kalah di babak 16 besar oleh CSKA Sofia dengan agregat 5-0. Nasib Szombierke Bytom yang dulu berubah 180 derajat jika melihat kiprahnya sekarang. Pasalnya, Szombierke Bytom saat ini sudah berubah menjadi tim yang berlaga di level amatir.

4. Widzew Lodz berjaya di era '80-an

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLWidzew Lodz (twitter.com/RTS_Widzew_Lodz)

Widzew Lodz adalah klub Polandia yang sangat berjaya di era '80-an. Kala itu, mereka sangat sering ikut serta pada kompetisi Eropa, termasuk European Cup pada edisi 1982 dan 1983. Pada dua kesempatan tersebut, Widzew Lodz tampil cukup baik. Pada edisi pertama, mereka kalah di ronde pertama oleh RSC Anderlecht. Sementara itu, pada edisi 1983, Widzew Lodz disingkirikan Juventus di babak semifinal.

Baca Juga: 6 Klub yang Tersingkir di Fase Grup UCL Meski Mencetak Banyak Gol

5. Lech Poznan selalu disingkirkan tim besar

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLLech Poznan (lechpoznan.pl)

Lech Poznan tercatat 3 kali masuk ke fase gugur European Cup, tepatnya pada 1984, 1985, dan 1991. Dari tiga kesempatan tersebut, Lech Poznan tampaknya kurang beruntung karena selalu disingkirkan oleh tiga tim besar. Pada 1984, Lech Poznan dikalahkan Athletic Bilbao. Setahun setelahnya, mereka dikalahkan Liverpool, sedangkan pada 1991, Marseille sukses menyingkirkan Lech Poznan.

6. Legia Warszawa jadi tim Polandia terakhir yang tampil di fase gugur Liga Champions

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLLegia Warszawa (twitter.com/LegiaWarsawEN)

Legia Waszawa adalah tim Polandia paling sukses. Tim asal ibu kota Polandia ini juga tercatat sebagai tim Polandia terakhir yang tampil di fase gugur Liga Champions. Pada edisi 1996, mereka disingkirkan oleh Panathinaikos. Jika dihitung dengan kiprahnya di era European Cup, Legia Warszawa telah lima kali masuk ke fase gugur Liga Champions.

7. Wisla Krakow dikalahkan Malmo FF pada edisi 1979

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLWisla Krakow (twitter.com/WislaKrakowSA)

Tim Divisi kedua Liga Polandia, Wisla Krakow, pernah satu kali lolos ke fase gugur European Cup. Momen tersebut terjadi pada edisi 1979. Sayangnya, mereka harus kalah di babak quarter finals oleh tim kuat asal Swedia, Malmo FF.

8. Gornik Zarbze paling sering mewakili Polandia di European Cup

8 Klub Polandia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLGornik Zarbze (gornikzabrze.pl)

Klub Polandia yang paling sering tampil di ajang European Cup adalah Gornik Zabrze. Tim yang sekarang diperkuat Lukas Podolski ini tercatat pernah 12 kali masuk ke babak knock out European Cup. Prestasi terbaiknya terjadi pada edisi 1968 ketika mereka lolos ke babak quarter finals. Sayangnya, mereka dikalahkan Manchester United. Meski hebat di European Cup, Gornik Zarbze belum pernah sekalipun lolos ke fase gugur kompetisi ini setelah berubah format menjadi UEFA Champions League (UCL).

Dari delapan tim ini, Legia Warszawa dan Widzew Lodz menjadi tim yang memiliki kiprah paling gemilang. Keduanya pernah menembus babak semifinal meski tak bisa menjadi juara. Legia Warszawa mengalaminya pada European Cup 1970, sedangkan Widzew Lodz mendapatkan kesempatan tersebut pada European Cup 1983.

Baca Juga: 4 Pemain Top yang Tampil 100 Kali di UCL, tetapi Tidak Pernah Juara

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya