5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher Nkunku

Pernah dipakai oleh rekan senegara Christopher Nkunku

Setelah sempat menggunakan nomor punggung 45 pada laga pramusim, Christopher Nkunku akhirnya memilih nomor punggung 18. Pemain yang didatangkan dari RB Leipzig ini akan menggunakan nomor punggung tersebut terhitung pada pekan pertama English Premier League (EPL). Dengan nomor punggung barunya ini, Nkunku tampaknya sangat nyaman.

Hal ini cukup beralasan karena Nkunku sudah terbiasa memakai nomor punggung 18 ketika 4 musim berseragam Die Roten Bullen. Ia pun menggunakan nomor punggung 18 ketika membela Timnas Prancis. Di Chelsea sendiri, nomor punggung 18 memang cukup akrab dipakai oleh beberapa penyerang. Lalu siapa sajakah mereka? Berikut ini lima pendahulu Nkunku yang pernah memakai nomor punggung 18 di Chelsea.

1. Romelu Lukaku

5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher NkunkuRomelu Lukaku (premierleague.com)

Romelu Lukaku membela Chelsea dalam dua masa yang berbeda. Nomor punggung 18 merupakan nomor punggung yang akrab dipakai Lukaku ketika pertama kali bergabung dengan Chelsea (2011--2013). Pada momen keduanya bermain untuk Chelsea (2021--sekarang), Lukaku memilih nomor punggung 9.

Baik pada momen pertama maupun kedua, Lukaku tak pernah tampil gemilang bersama Chelsea. Kemampuannya menurun drastis, bahkan layak dikatakan tak bertaji. Sejauh ini, Lukaku baru mencetak 15 gol dan 3 assist dari 59 laga bersama Chelsea. Meski saat ini masih berseragam Chelsea, Lukaku dikabarkan tak masuk dalam skema Mauricio Pochettino.

2. Loic Remy

5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher NkunkuLoic Remy (premierleague.com)

Penampilan apik Loic Remy ketika dipinjamkan ke Newcastle United (2013/2014) membuat Chelsea kepincut memboyongnya. Oleh karena itu, penyerang asal Prancis ini langsung dibeli dari Queen Park Rangers semusim setelahnya. Tak jauh berbeda dengan Romelu Lukaku, Remy pun gagal bersinar di Chelsea.

Persaingan penyerang top yang terus berdatangan membuat Remy terpaksa duduk di bangku cadangan. Oleh karena itu, Remy hanya bisa mencetak 12 gol dan 3 assist dari 47 laga selama 2 tahun (2013--2015). Sempat dipinjamkan ke Crystal Palace pada musim 2015/2016, Remy pun dilepas secara gratis ke Las Palmas pada musim panas 2016.

Baca Juga: Chelsea Gak Pakai Sponsor di Jersey saat Lawan Liverpool

3. Olivier Giroud

5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher NkunkuOlivier Giroud (premierleague.com)

Penyerang asal Prancis lain yang pernah menggunakan nomor pungguing 18 di Chelsea adalah Olivier Giroud. Dibandingkan dua penyerang sebelumnya, reputasi Giroud ketika berseragam Chelsea jauh lebih baik. Ia mampu tampil ciamik dan kerap menjadi pembeda dalam sebuah laga yang berjalan ketat.

Dari 3,5 tahun (2018--2021) masa baktinya bersama Chelsea, Giroud tampil ciamik dengan torehan 39 gol dan 15 assist dari 119 laga. Dengan statistik menterengnya ini, Giroud layak disebut sebagai pewaris nomor punggung 18 terbaik di Chelsea. Giroud sendiri hengkang dari Chelsea untuk bergabung dengan AC Milan pada musim panas 2021.

4. Ross Barkley

5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher NkunkuRoss Barkley (premierleague.com)

Ross Barkley diboyong Chelsea pada musim panas 2017 karena permainan cemerlangnya di Everton. Pada awalnya, gelandang asal Inggris ini mengenakan nomor punggung 8. Namun, ia menggantinya menjadi nomor punggung 18 setelah pulang dari masa peminjamannya di Aston Villa (2020/2021).

Itu artinya, Barkley hanya semusim (2021/2022) menggunakan nomor punggung 18. Jika dilihat secara statistik, torehan yang diciptakan Barkley ketika berseragam Chelsea cukup bagus. Ia mampu mencetak 12 gol dan 11 assist dari 100 laga. Namun, kiprahnya di Chelsea kerap tercoreng karena perannya yang lebih dominan sebagai pemain pelapis.

5. Armando Broja

5 Pewaris Nomor Punggung 18 Chelsea sebelum Christopher NkunkuArmando Broja (chelseafc.com)

Armando Broja merupakan penyerang muda Chelsea yang saat ini menggunakan nomor punggung 19. Pada musim 2022/2023 lalu, Broja sempat mengenakan nomor punggung 18. Akan tetapi, penampilannya tak maksimal karena cedera yang ia derita.

Pada musim lalu, Broja hanya mencatat 1 gol dan 1 assist dari 12 laga. Pada musim 2023/2024 mendatang, Broja tampaknya akan menjadi penghangat bangku cadangan. Sebab, deretan penyerang top telah siap menjadi pesaingnya.

 

Dengan uang sebesar 60 juta euro (Rp1,003 triliun), Chelsea tentu berharap Christopher Nkunku bisa bersinar. Nkunku pun tampaknya telah bersiap dengan ekspektasi tersebut. Pertanyaannya, mampukah Nkunku memenuhi ekspektasi besar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Chelsea, Ada Nkunku

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya