6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level Klub

Pernah dilatih Manuel Pellegrini hingga Claudio Ranieri

Sehari setelah David Silva mengumumkan pensiun, Giuseppe Rossi pun melakukan hal serupa, Minggu (23/7/2023). Mantan penyerang Timnas Italia ini memutuskan pensiun pada usia 36 tahun. Rossi terakhir kali bermain untuk SPAL di Serie B pada musim 2022/2023.

Selama berkarier, Rossi cukup sering berpindah tim. Manchester United, Newcastle United, Parma, Villarreal, Fiorentina, Celta Vigo, Levante, dan Genoa merupakan beberapa di antaranya. Namun, Rossi terhitung cukup bersinar hanya bersama Villarreal dan Fiorentina.

Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, Rossi pun pernah dilatih oleh sejumlah pelatih berbeda. Beberapa di antaranya sangat mengandalkan Rossi di lini serang. Lalu, siapa sajakah pelatih yang paling memainkan pemain kelahiran Amerika Serikat ini?

1. Juan Carlos Garrido

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level KlubJuan Carlos Garrido. (cdcastellon.com)

Juan Carlos Garrido merupakan pelatih yang paling bisa memanfaatkan potensi Giuseppe Rossi. Hal ini cukup beralasan karena Rossi mampu tampil cemerlang dengan mencetak 42 gol dan 13 assist dari 84 laga ketika dilatih juru racik asal Spanyol ini. Itu merupakan catatan terbaik Rossi dalam kariernya. Momen tersebut terjadi ketika Garrido dan Rossi berada di Villarreal (2010--2012).

2. Manuel Pellegrini

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level KlubManuel Pellegrini (mancity.com)

Manuel Pellegrini merupakan sosok yang memboyong Giuseppe Rossi dari Manchester United ke Villarreal pada tahun 2007. Namun, kebersamaan keduanya hanya bertahan selama 2 musim (2007--2009). Pasalnya, Pellegrini ditawari pekerjaan untuk melatih Real Madrid pada musim 2009/2010. Selama dilatih Pellegrini, Rossi memainkan 78 laga dengan menyumbangkan 28 gol dan 10 assist.

3. Ernesto Valverde

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level KlubErnesto Valverde (fcbarcelona.com)

Ernesto Valverde tercatat pernah setengah tahun melatih Villarreal. Momen tersebut terjadi pada paruh pertama musim 2009/2010. Saat melatih The Yellow Submarine, Valverde benar-benar menggunakan Giuseppe Rossi dengan baik. Hal tersebut terlihat dari catatan 12 gol dan 3 assist dari 32 laga yang dicatat Rossi pada paruh pertama musim tersebut.

Baca Juga: 10 Potret Lucas Martinez Quarta, Bek Andalan Fiorentina yang Tangguh

4. Eduardo Berizzo

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level KlubEduardo Berizzo (fifa.com)

Eduardo Berizzo merupakan pelatih Timnas Chile saat ini. Berizzo dan Giuseppe Rossi bekerja sama pada musim 2016/2017 di Celta Vigo. Saat itu Rossi baru datang ke Celta Vigo, sedangkan Berizzo menjalani musim terakhirnya bersama klub asal Galicia tersebut. Selama melatih Rossi, Berizzo memainkan penyerang asal Italia tersebut sebanyak 29 laga dengan kreasi 6 gol dan 1 assist.

5. Vincenzo Montella

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level KlubVincenzo Montella (sevillafc.es)

Sempat meredup pada musim-musim terakhirnya di Villarreal, Giuseppe Rossi kembali memanas ketika bergabung dengan Fiorentina. Kala itu, Rossi berada di bawah tangan dingin Vincenzo Montella. Di bawah polesan mantan penyerang AS Roma itu, Rossi tampil gemilang dengan mencetak 17 gol dan 5 assist dari 24 pertandingan pada musim 2013/2014. Sayangnya, Rossi mengalami cedera panjang. Hal tersebut mengakibatkannya absen hingga 1,5 musim di bawah asuhan Montella.

6. Claudio Ranieri

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giuseppe Rossi di Level KlubClaudio Ranieri (premierleague.com)

Claudio Ranieri pun tercatat pernah melatih Giuseppe Rossi. Momen tersebut terjadi ketika Rossi dipinjamkan ke AC Parma pada musim 2006/2007. Pada masa tersebut, Ranieri cukup piawai dalam membentuk karakter Rossi. Sebagai pemain muda yang ingin berkembang, Rossi kerap diberi jatah bermain oleh pelatih berjuluk The Tinkerman ini. Total, 8 gol dan 4 assist dicetak Rossi di bawah asuhan Ranieri.

 

Giuseppe Rossi belum menentukan masa depannya setelah pensiun sebagai pesepak bola profesional. Jika Rossi ingin melanjutkan karier sebagai pelatih, pemain kelahiran Amerika Serikat ini sedikitnya memiliki bekal yang cukup. Pasalnya, pelatih-pelatih ternama pernah menjadi bosnya. Taktik dan strategi mereka bisa dicontek oleh Rossi nantinya.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum Cagliari

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya