6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level Klub

David Silva akhirnya terpaksa pensiun karena cedera

Kabar mengejutkan disiarkan oleh David Silva pada, Sabtu (22/7/2023). Mantan gelandang serang andalan Timnas Spanyol, Valencia, dan Manchester City ini memutuskan pensiun bersama Real Sociedad. Cedera ACL yang mengharuskannya absen panjang membuat Silva memutuskan gantung sepatu.

Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, David Silva dikenal sebagai pemain yang hebat. Kehebatannya tersebut diakui oleh beberapa pelatih yang kerap mengandalkannya di level klub. Siapa saja pelatih yang paling sering menurunkan David Silva di level klub tersebut?

1. Pep Guardiola

6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level KlubPep Guardiola (premierleague.com)

Pemain yang paling sering memainkan David Silva di level klub adalah pelatih Manchester City saat ini, Pep Guardiola. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich ini melatih Silva selama 4 tahun (2016--2020) di Manchester City. Dalam kurun waktu tersebut, Silva cukup tajam dengan mencatatkan 34 gol dan 50 assist dari 175 laga. Umumnya, Silva dipasang sebagai gelandang serang dan gelandang tengah oleh Guardiola. Bahkan, Silva dipercaya untuk menjadi kapten Manchester City beberapa kali.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Diubah Posisinya oleh Pep Guardiola

2. Roberto Mancini

6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level KlubRoberto Mancini (legaseriea.it)

Roberto Mancini merupakan sosok pelatih yang membawa David Silva dari Valencia ke Manchester City pada musim panas 2010. Pelatih asal Italia ini sangat membutuhkan Silva dalam skemanya di Manchester City. Oleh karena itu, Silva bisa mencatat 145  pertandingan dengan torehan 19 gol dan 48 assist dalam 3 tahun (2010--2013) arahan Mancini. Saat dilatih Mancini, Silva lebih sering bermain sebagai sayap kanan ataupun kiri. 

3. Manuel Pellegrini

6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level KlubManuel Pellegrini (mancity.com)

Manuel Pellegrini melanjutkan tongkat estafet Roberto Mancini di Manchester City. Pelatih asal Chile ini pun cukup sering memainkan David Silva. Tercatat, 24 gol dan 41 assist ditorehkan Silva dari 117 pertandingan dalam kurun waktu 3 tahun (2013--2016). Bersama Pellegrini, Silva mulai dipercaya untuk menjadi gelandang serang yang bermain di tengah lapangan, di samping posisi aslinya sebagai sayap kiri kala itu. 

4. Imanol Alguacil

6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level KlubImanol Alguacil (twitter.com/RealSociedad)

Real Sociedad menjadi tim terakhir yang dibela oleh David Silva sebelum pensiun. Gelandang serang kelahiran Kota Arguinneguin ini selalu berada di bawah komando Imanol Alguacil selama membela Real Sociedad (2020-2023). Pada usia yang tak lagi muda dan cedera yang cukup sering menerpa, Silva sebetulnya tak bisa tampil maksimal. Kendati demikian, Silva tetap mencatat 93 laga dengan sumbangan 7 gol dan 18 assist di bawah Alguacil.

5. Unai Emery

6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level KlubUnai Emery (twitter.com/championsleague)

Unai Emery sangat berjasa dalam karier David Silva. Pelatih yang sekarang menangani Aston Villa ini membuat David Silva dikenal publik karena permainan apiknya di Valencia. Oleh karena itu, Manchester City kepincut. Unai Emery sendiri melatih Silva selama 2 tahun (2008--2010). Dalam kurun waktu tersebut, Silva mencatatkan 16 gol dan 20 assist dari 67 laga. Kala dilatih Emery, Silva lebih sering dipasang sebagai gelandang serang.

6. Quique Sanchez Flores

6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level KlubQuique Sanchez Flores (premierleague.com)

Sebelum dilatih Unai Emery, David Silva pernah dilatih Quique Sanchez Flores di Valencia. Momen tersebut terjadi selama kurang lebih 2 tahun, yakni dari Juli 2005--Oktober 2007. Dalam kurun waktu tersebut, Silva memainkan 64 laga dengan torehan 12 gol dan 6 assist. Kala dilatih Quique, Silva cukup sering berperan sebagai winger kiri. Quique sendiri merupakan pelatih yang untuk pertama kali berani memainkan David Silva secara reguler di Valencia.

Belum ada kabar terbaru mengenai masa depan David Silva setelah pensiun. Jika pun Silva melanjutkan kariernya sebagai pelatih, pria asal Spanyol ini dinilai bakal sangat cocok. Sebab, ia dikenal sebagai playmaker yang andal dan mengerti seluk beluk permainan sepak bola yang indah.

Baca Juga: David Silva, Legenda Manchester City Berdarah Jepang yang Dikagumi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya