4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcello Lippi saat Jadi Pemain

Marcello Lippi layak disebut sebagai legenda!

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa Marcelo Lippi adalah seorang pelatih legendaris. Pria yang membawa Timnas Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 ini memiliki segudang pengalaman di dunia sepak bola. Lippi layak disebut sebagai legenda karena prestasi dan warisannya yang hebat.

Selama puluhan tahun berkarier sebagai pelatih, Lippi pernah memainkan ratusan pemain berbeda. Kini, banyak dari mantan anak asuhnya menjelma mengikuti jejak Lippi sebagai pelatih. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan nama besar di dunia kepelatihan. Siapa sajakah nama yang dimaksud? 

1. Didier Deschamps jadi pemain asing yang diandalkan Marcelo Lippi di Juventus

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcello Lippi saat Jadi PemainDidier Deschamps (twitter.com/fifacom)

Didier Deschamps adalah sosok yang sangat karismatik ketika menjadi seorang pemain. Ia adalah gelandang pekerja keras yang sangat diandalkan oleh pelatihnya. Bahkan, Deschamps menjadi salah satu pemain asing yang paling diandalkan Marcello Lippi di Juventus. Dengan catatan 161 laga, Deschamps hanya kalah dari Paulo Montero yang berasal dari Uruguay.

Ketika menjadi pelatih, Deschamps menjelma sosok pelatih hebat. Kegemilangannya ini terbukti kala ia membawa Olympique Marseille, AS Monaco, dan Timnas Prancis berprestasi. Torehan gelar juara Ligue 1, Coupe de France, UEFA Nations League, dan Piala Dunia menjadi buktinya.

2. Laurent Blanc berprestasi kala melatih PSG dan Bordeaux

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcello Lippi saat Jadi PemainLaurent Blanc (twitter.com/championsleague)

Dalam karier profesionalnya sebagai seorang pesepak bola, Laurent Blanc pernah dilatih oleh banyak juru taktik. Salah satunya ialah Marcelo Lippi yang ia temui kala berseragam Inter Milan (1999--2001). Di bawah arahan Lippi, Blanc tampil cukup hebat pada musim pertamanya. Namun, ia menurun drastis pada musim kedua sehingga ia hanya mampu mencatat 48 laga dengan sumbangan 3 gol dan 1 assist.

Kini, Blanc telah melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Ia tercatat pernah melatih Girodins Bordeaux, Paris Saint-Germain (PSG), Timnas Prancis, Al Rayyan, dan Olympique Lyon. Namun, ia hanya mencatatkan prestasi kala melatih Bordeuax dan PSG.

Baca Juga: 5 Pelatih Top Eropa yang Belum Mendapatkan Klub Baru, Ada Conte!

3. Antonio Conte pernah membawa tiga tim juara

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcello Lippi saat Jadi PemainAntonio Conte (premierleague.com)

Antonio Conte dipandang sebagai salah satu pelatih top dunia saat ini. Dari 10 tim yang pernah dilatihnya, 4 di antaranya sukses meraih gelar juara. Tim tersebut adalah Bari, Chelsea, Inter Milan, dan Juventus.

Saat jadi pemain pun Conte cukup populer. Ia juga menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan oleh Marcello Lippi dengan catatan 226 laga, 20 gol, dan 19 assist. Catatan itu membuat Conte berada di urutan keenam sebagai pemain yang paling diandalkan Lippi di Juventus. 

4. Zinedine Zidane dikenal sebagai sosok pemain dan pelatih hebat

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcello Lippi saat Jadi PemainZinedine Zidane (twitter.com/championsleague)

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa Zinedine Zidane merupakan salah satu sosok terhebat dalam sejarah sepak bola. Pelatih asal Prancis ini sangat berprestasi ketika menjadi pemain dan pelatih. Bahkan, ia pernah meraih gelar pemain dan pelatih terbaik dunia.

Saat masih menjadi pesepak bola, Zidane pernah dilatih oleh Marcello Lippi. Momen tersenit terjadi ketika keduanya berada di Juventus (1996--1999). Kala itu Zidane menorehkan 121 laga dengan mencatat 20 gol dan 30 assist.

Selain keempat nama di atas, masih ada banyak pelatih masa kini yang pernah dilatih oleh Marcello Lippi. Gennaro Gattuso, Igor Tudor, Andrea Pirlo, Vincenzo Montella, Fabio Cannavaro, Eusebio Di Fransesco, Enzo Maresca, Filippo Inzaghi, dan Fabio Grosso menjadi beberapa di antaranya. Dengan fakta ini, Marcello Lippi sangat layak untuk disebut sebagai bapak para pelatih Italia.

Baca Juga: 8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektif

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya