4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Fabio Capello saat Jadi Pemain 

Layak jadi role model bagi pelatih muda

Fabio Capello adalah pria asal Italia yang pernah menjabat sebagai pelatih selama 27 tahun (1991--2018). Capello layak menyabet gelar sebagai sosok legendaris di dunia sepak bola karena prestasi, pamor, dan warisan yang ia miliki. Saat masih aktif sebagai pelatih, Capello pernah melatih 7 tim berbeda dan pernah mencoba memainkan lebih dari 300 pemain.

Dari banyaknya mantan anak asuh Fabio Capello, sejumlah nama melanjutkan karier sebagai pelatih.  Tidak bisa dimungkiri jika sosok Capello merupakan role model bagi banyak pelatih, termasuk para pelatih yang pernah ia tangani dahulu. Dari puluhan sosok yang pernah dilatih Capello, berikut penulis rangkum dan ulas beberapa pelatih top yang pernah dilatih Capello.

1. Pep Guardiola terbukti berprestasi bersama beberapa tim besar

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Fabio Capello saat Jadi Pemain Pep Guardiola (premierleague.com)

Tidak bisa dimungkiri jika Pep Guardiola adalah salah satu pelatih terbaik di sepak bola modern. Skema yang baik dengan mengandalkan umpan pendek menjadi strategi jitu yang sering dikeluarkan oleh pelatih asal Spanyol ini. Berkat permainan apiknya ini, Barcelona, Bayern Munich, dan Manchester City telah berhasil meraih sejumlah gelar juara.

Saat masih menjadi pemain, Guardiola pun terhitung cakap. Ia merupakan sosok gelandang bertahan yang hebat dan sangat bisa diandalkan. Sayangnya, ia tak masuk dalam daftar pemain andalan Capello. Sebab, Capello hanya memainkan Guardiola sebanyak enam kali kala keduanya berada di AS Roma pada 2002/2003.

2. Vincenzo Montella telah melatih 8 klub dengan hasil 1 trofi

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Fabio Capello saat Jadi Pemain Vincenzo Montella (sevillafc.es)

Vincenzo Montella adalah salah satu pria yang sangat diandalkan oleh Fabio Capello.  Keduanya pernah bekerja sama kala berada di AS Roma (1999--2004) . Dalam kurun waktu tersebut, Montella mencetak 70 gol dan 21 assist dari 164 laga.

Sama seperti Capello, Montella juga melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Pria asal Italia ini pernah menukangi delapan klub, yakni AS Roma, Catania, Fiorentina, AC Milan, Adana Demirspor, Sevilla, Sampdoria, dan Timnas Turki yang sekarang ia latih. Dari 8 klub tersebut, Montella baru menghasilkan 1 trofi, yakni Super Coppa Italia 2017 untuk AC Milan.

Baca Juga: 4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep Guardiola

3. Steven Gerrard baru mencatatkan prestasi bersama Rangers FC

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Fabio Capello saat Jadi Pemain Steven Gerrard (premierleague.com)

Fabio Capello pernah melatih Timnas Inggris (2007--2012). Kala itu, Capello cukup sering memainkan Steven Gerrard, pria yang kini menjabat sebagai pelatih Al Ettifaq. Total 7 gol dan 8 assist dicetak Gerrard dalam 26 laga di bawah asuhan Capello.

Saat ini, Gerrard terhitung sedang merintis karier sebagai pelatih. Sebelum ditunjuk sebagai pelatih Al Ettifaq, Gerrard pernah menangani Rangers FC dan Aston Villa. Namun, ia baru mencatatkan prestasi bersama Rangers FC, yakni gelar juara Liga Skotlandia 2020/2021.

4. Igor Tudor pernah melatih beberapa tim

4 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Fabio Capello saat Jadi Pemain Igor Tudor (twitter.com/OM_English)

Saat masih bermain sebagai seorang pesepak bola, Igor Tudor merupakan seorang bek yang tangguh. Pria asal Kroasia ini pernah dilatih oleh Fabio Capello kala berseragam Juventus (2004/2005). Sayangnya, Tudor hanya dimainkan empat kali oleh Capello.

Kini, Tudor telah menjadi pelatih. Ia memiliki CV yang cukup mentereng karena pernah melatih banyak klub. Udinese, Galatasaray, Marseille, dan Hajduk Split merupakana beberapa di antaranya. Namun, ia baru menghasilkan satu gelar kala melatih Hajduk Split.

Selain keempat nama di atas, masih ada banyak pelatih masa kini yang pernah dilatih oleh Fabio Capello. Mereka adalah Wayne Rooney, Ciro Ferrara, Scott Parker, Leonardo, Aleksandr Kerzhakov, Fabio Cannavaro, Michael Carrick, dan Roberto Donadoni. Mungkin salah satu dari mereka benar-benar ingin mengikuti jejak Capello dalam karier kepelatihan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Fabio Capello saat Melatih Real Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya