4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep Guardiola

Matheus Nunes jadi yang teranyar

Manchester City membeli gelandang baru pada akhir bursa transfer musim panas 2023. Setelah merekrut Mateo Kovacic, lini tengah The Citizens kedatangan Matheus Nunes. Pemain asal Portugal ini diboyong dari Wolverhampton Wanderers.

Matheus Nunes bukanlah satu-satunya pemain dari Portugal di skuad Manchester City. Pada era kepelatihan Pep Guardiola, The Citizens sudah merekrut tiga pemain lain. Siapa saja? Simak informasinya di bawah ini!

1. Bernardo Silva menjadi sosok penuh kreativitas di lini tengah

4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep GuardiolaBernardo Silva (mancity.com)

Bernardo Silva menjadi pemain asal Portugal pertama di skuad Manchester City asuhan Pep Guardiola. Ia direkrut dari AS Monaco pada musim panas 2017 lalu. The Citizens menebusnya dengan biaya 43,5 juta pound sterling atau Rp842 miliar.

Kiprah Silva di Etihad Stadium berhasil menonjol sebagai pemain bertalenta. Ia menjadi bagian awal Pep Guardiola dalam membangun skuad. Pada musim debutnya 2017/2018, ia bermain dalam 53 pertandingan dengan torehan 9 gol dan 11 assist. Ia turut mempersembahkan gelar juara di ajang English Premier League dan Piala Liga Inggris.

Seiring waktu, Silva menjadi andalan Manchester City. Musim 2022/2023 lalu, ia menjadi bagian penting The Citizens meraih treble winners. Sejauh ini, ia sudah terlibat dalam 309 penamplan dengan torehan 55 gol dan 59 assist. Pada musim panas 2023, pemain berusia 29 tahun ini memperpanjang kontraknya di Etihad Stadium hingga 2026 mendatang.

2. Joao Cancelo sempat tak tergantikan, tetapi kini sering dipinjamkan

4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep GuardiolaJoao Cancelo (premierleague.com)

Joao Cancelo didatangkan Manchester City dari Juventus pada musmi panas 2019. Ia dibeli dengan biaya mencapai 60 juta pound sterling atau Rp1,1 triliun bersamaan dengan Danilo sebagai bagian pertukaran. Nilai tersebut menjadikannya sebagai bek kanan termahal.

Posisi asli Cancelo adalah bek kanan, tetapi juga bisa bermain di sisi kiri dan gelandang sayap. Kemampuannya tersebut yang membuat Pep Guardiola tertarik kepadannya. Ia kemudian menjadi andalan lini belakang Manchester City pada periode 2019–2022. 

Sayangnya, pada Januari 2023 Cancelo dipinjamkan ke Bayern Muenchen. Peminjaman tersebut disinyalir akibat adanya perselisihan dengan Pep Guardiola. Hal itu membuatnya diasingkan dari skuad meski sebelumnya merupakan andalan. Kini, ia dipinjamkan lagi pada 2023/2024 bersama Barcelona.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao Cancelo

3. Ruben Dias jadi andalan di lini pertahanan

4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep GuardiolaRuben Dias (mancity.com)

Ruben Dias diboyong Manchester City dari Benfica pada musim panas 2020. Harga mahal senilai 62 juta pound sterling atau Rp1,2 triliun menjadi nilai transfer yang disepakati kedua klub. Nominal tersebut berhasil dibuktikannya dengan performa memuaskan di atas lapangan.

Pemain kelahiran Amadora ini menjadi tembok kokoh lini belakang Manchester City. Musim debutnya pada 2020/2021 dijalani dengan gemilang. Ia bermain dalam 50 pertandingan dan mampu mengantarkan The Citizens meraih trofi English Premier League dan Piala Liga Inggris. 

Musim 2022/2023 lalu, Dias tampil impresif bersama Manchester City. Ia mengantarkan The Citizens meraih trebl ewinners. Secara keseluruhan, ia sudah bermain sebanyak 136 kali dan mampu mengemas 4 gol serta 5 assist

4. Matheus Nunes didatangkan dari Wolverhampton Wanderers

4 Rekrutan Manchester City asal Portugal Era Pep GuardiolaMatheus Nunes (mancity.com)

Matheus Nunes menjadi pemain Portugal terbaru yang merapat ke Manchester City. Ia diboyong dari Wolverhampton Wanderers pada hari penutup bursa transfer musim panas 2023. Biaya kepindahannya senilai 53 juta pound sterling atau Rp1 triliun. Ia dikontrak selama 5 tahun.

Kehadiran Nunes di skuad Manchester City merupakan bagian dari regenerasi skuad. Selain itu, ia juga diproyeksikan sebagai pengganti sementara Kevin De Bruyne yang mengalami cedera hamstring. Kreativitas yang dimilikinya dianggap bisa mengisi posisi kosong tersebut.

Nunes merupakan salah satu gelandang muda bertalenta. Ia baru semusim bersama Wolves, tetapi punya pengalaman yang matang. Musim 2022/2023 lalu, ia menjadi andalan dengan bermain sebanyak 39 kali di lintas ajang. 

Para pemain di atas punya kiprah yang apik selama ditangani Pep Guardiola. Kualitas Matheus Nunes bisa berkembang menjadi lebih baik. Terlebih lagi, usianya yang masih 25 tahun membuat kemampuannya berpotensi meningkat pesat bersama Manchester City.

Baca Juga: Erling Haaland dan Pep Guardiola Sabet Penghargaan UEFA

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya