6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level Klub

Cedera panjang membuat Eden Hazard pensiun

Kejutan datang dari Eden Hazard yang memutuskan untuk pensiun pada Selasa (10/10/2023). Cedera yang berkepanjangan dan sulitnya kembali ke performa terbaik mungkin menjadi alasan mantan bintang Chelsea ini gantung sepatu. Hazard sendiri pensiun dengan status tak memiliki klub setelah dilepas Real Madrid pada musim panas 2023 lalu.

Selama berkarier, Hazard pernah membela beberapa tim besar dan pernah dilatih pelatih ternama. Hal ini mungkin bisa menjadi bekal baginya jika suatu hari memutuskan untuk menjadi juru taktik.

Lalu, siapa sajakah pelatih yang paling sering memainkan Eden Hazard di level klub.

1. Rudi Garcia memperkenalkan Eden Hazard pada dunia

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level KlubRudi Garcia (asroma.com)

Kualitas Eden Hazard pertama kali diperkenalkan kepada dunia saat berseragam LOSC Lille. Pemain asal Belgia ini patut berterima kasih kepada Rudi Garcia yang benar-benar membimbingnya untuk menjadi calon pemain bintang. Selama 4 tahun dilatih Garcia (2008--2011), Hazard tampil mentereng dengan catatan 190 laga, 50 gol, serta 57 assist. Catatan tersebut juga membawa LOSC Lille 1 kali menjadi juara Ligue 1 Prancis dan berbuah 3 gelar individu untuk Hazard.

2. Jose Mourinho membuat Eden Hazard makin mentereng

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level KlubJose Mourinho (asroma.com)

Eden Hazard memang telah berkembang sebelum Jose Mourinho kembali melatih Chelsea pada awal musim 2013/2014. Namun, setelah pelatih berjuluk The Special One ini datang, Hazard tampil makin mentereng. Pria asal Portugal ini memoles Hazard dengan baik sehingga mampu tampil produktif dalam urusan gol maupun assist. Ada total 36 gol dan 30 assist yang dicetak Hazard di bawah asuhan Mourinho dalam 125 laga selama 2,5 tahun (2013--2015).

3. Catatan 34 gol dan 21 assist Eden Hazard di bawah Antonio Conte

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level KlubAntonio Conte (premierleague.com)

Meski lebih sering tampil di bawah asuhan Jose Mourinho di Chelsea, Eden Hazard lebih ikonik ketika dilatih Antonio Conte. Pasalnya, Hazard tampil lebih tajam dengan persentase gol yang lebih baik. Dari 94 pertandingan yang dilakoni di bawah Conte, ia mampu mencetak 34 gol dan 21 assist. Hal itu dilakukan Hazard dalam 2 musim (2016--2018). Dalam kurun waktu tersebut, Hazard telah membantu Conte meraih 1 gelar juara English Premier League (2016/2017) dan 1 gelar juara Piala FA (2017/2018).

4. Maurizio Sarri gagal mengantarkan Eden Hazard menuju gelar juara

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level KlubMaurzio Sarri (twitter.com/en_sscnapoli)

Maurizio Sarri pernah melatih Eden Hazard ketika berseragam Chelsea. Momen tersebut terjadi selama semusim, tepatnya pada 2018/2019. Sayangnya, Sarri gagal mengantar Hazard menuju gelar juara apa pun. Namun, selama dilatih Sarri, Hazard tetap bermain sangat baik. Ia mampu mencatat 21 gol dan 17 assist dari 52 laga.

5. Zinedine Zidane memboyong Eden Hazard ke Santiago Bernabeu

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level KlubZinedine Zidane (twitter.com/championsleague)

Zinedine Zidane menjadi sosok yang membawa Eden Hazard ke Santiago Bernabeu. Kedatangan Hazard pada 2019 lalu itu diproyeksikan untuk menggantikan Cristiano Ronaldo yang hengkang ke Juventus. Sayangnya, Hazard gagal menjalankan peran tersebut akibat cedera yang ia derita selama berseragam Real Madrid. Alhasil, Hazard hanya mampu mencatat 43 laga dengan torehan 5 gol dan 8 assist ketika 2 tahun dilatih Zidane.

6. Masa singkat Rafael Benitez bersama Eden Hazard

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Eden Hazard di Level KlubRafael Benitez (liverpoolfc.com)

Eden Hazard pernah dilatih Rafael Benitez ketika awal-awal berseragam Chelsea. Sayangnya, hal tersebut hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Pasalnya, pelatih asal Spanyol ini melatih Chelsea selama kurang dari setahun, tepatnya dari November 2012--Juni 2013. Meski singkat, Hazard tampil cukup hebat bagi musim pertamanya berseragam Chelsea. Di bawah Benitez, Hazard memainkan 41 laga dengan torehan 9 gol dan 14 assist.

Selain pernah dilatih keenam pelatih ini, Eden Hazard pun pernah tercatat dilatih oleh Carlo Ancelotti, Claude Puel, Roberto Di Matteo, dan Guus Hiddink. Dilatih pelatih-pelatih berkelas adalah modal yang sangat baik bagi Eden Hazard untuk melanjutkan kariernya. Bukan sebagai pemain, Hazard bisa saja menjadi pelatih hebat karena ini.

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya