6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level Klub

Filipe Luis pensiun pada usia 38 tahun

Setelah kurang lebih 20 tahun berkarier secara profesional sebagai pesepak bola, Filipe Luis memutuskan untuk pensiun. Mantan pemain Atletico Madrid dan Deportivo La Coruna ini mengumumkan keputusannya sebelum pertandingan terakhir Flamengo di Serie A Brasil 2023, Kamis (7/12/2023). Perpisahannya ini tentu meninggalkan kesedihan bagi para penggemarnya.

Filipe Luis pernah dilatih oleh banyak pelatih selama berkarier. Perubahan taktik dan kejayaan pernah ia alami. Dari belasan pelatih yang pernah menanganinya, siapakah yang paling mengandalkannya? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Diego Simeone sangat mengandalkan Filipe Luis (273 laga) di Atletico Madrid

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level KlubDiego Simeone (en.atleticodemadrid.com)

Diego Simeone tercatat sebagai pelatih yang paling sering mengandalkan Filipe Luis. Pelatih asal Argentina ini selalu memasang Luis sebagai bek kiri utama dalam waktu yang cukup lama. Keduanya tercatat pernah bekerja sama di Atletico Madrid pada 2011--2014 dan 2012--2019. Dalam kurun waktu tersebut, Luis mampu mencatat 11 gol dan 27 assist dari 273 laga. Selama dilatih Simeone, Luis tampil sangat hebat dengan kemampuan umpan, overlap, serta gaya bertahan yang seimbang.

2. Miguel Angel Lotina melatih Filipe Luis di Deportivo La Coruna dalam 111 laga

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level KlubMiguel Angel Lotina (cerezo.jp)

Filipe Luis patut berterima kasih kepada Miguel Angel Lotina. Berkat tangan dingin pelatih asal Spanyol ini, Luis akhirnya bisa dikenal publik. Lotina juga menjadi pelatih pertama yang mampu mengeksplorasi kemampuan Luis dalam melakukan free kick. Di bawah arahan Lotina, Luis bermain dalam 111 laga dengan sumbangan 7 gol dan 9 assist. Keduanya bekerja sama selama 3 tahun (2007--2010) di Deportivo La Coruna.

3. Quique Sanchez Flores memboyong Filipe Luis ke Atletico Madrid dan memainkannya dalam 36 laga

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level KlubQuique Sanchez Flores (premierleague.com)

Quique Sanchez Flores merupakan sosok yang memboyong Filipe Luis dari Deportivo La Courna ke Atletico Madrid pada 2010. Sayangnya, kebersamaan Flores dan Luis hanya bertahan selama setahun (2010/2011). Sebab, Flores yang gagal membawa Atletico Madrid beprestasi harus dipecat dan digantikan Diego Simeone. Selama dilatih Flores, Luis memainkan 36 laga dengan menyumbangkan 1 gol dan 2 assist.

Baca Juga: Idolakan Diego Simeone, Kas Hartadi akan Pilih Pemain Agresif di PSIM 

4. Jorge Jesus paling sering memainkan Filipe Luis (36 laga) di Flamengo

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level KlubJorge Jesus (twitter.com/Fenerbahce)

Pelatih Al Hilal saat ini, Jorge Jesus, tercatat pernah menangani Filipe Luis ketika berseragam Flamengo. Momen tersebut terjadi pada 2019--2020.  Dalam waktu yang cukup singkat, Jesus berkesempatan memainkan Filipe Luis dalam 36 laga dengan rincian 3.065 menit. Luis pun memberikan 1 gol dan 2 assist dalam kesempatan tampilnya bersama Jesus.

5. Rogerio Ceni, kiper legendaris Brasil, memainkan Filipe Luis dalam 34 laga bersama Flamengo

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level KlubRogerio Ceni (twitter.com/Libertadores)

Jorge Jesus harus berpisah dengan Filipe Luis karena dirinya ditawari kontrak untuk melatih SL Benfica. Sebagai gantinya, Rogerio Ceni pun ditunjuk untuk menjadi pelatih Flamengo selanjutnya. Kiper legendaris asal Brasil ini ternyata tak bisa bertahan lama. Ia hanya menetap selama 1,5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Luis menyumbangkan 1 gol dan 1 assist dari 34 laga.

6. Jose Mourinho membawa Filipe Luis ke Chelsea dan memainkannya dalam 26 laga

6 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Filipe Luis di Level KlubJose Mourinho (asroma.com)

Mungkin banyak yang lupa jika Filipe Luis pernah berseragam Chelsea pada 2014/2015. Aktor yang membawa Luis ke Chelsea kala itu adalah Jose Mourinho. Akan tetapi, penampilan Luis dirasa kurang memuaskan. Padahal, Luis mencetak 1 gol dan 1 assist dari 26 laga kala itu. Oleh karena itu, Luis kembali ke Atletico Madrid pada musim panas 2015.

Jika ditotalkan, ada 19 pelatih yang pernah menangani Filipe Luis dalam kariernya. Selain keenam nama ini, Ronald Koeman, Jorge Sampaoli, Joaquin Capparos, dan Tite juga pernah melatihnya di level klub. Dengan pengalaman dilatih oleh banyak juru taktik hebat, bukan tak mungkin jika Luis akan belajar untuk menapaki masa depan sebagai pelatih.

Baca Juga: 3 Pemain yang Kariernya Rusak setelah Dilatih oleh Jose Mourinho

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya