8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024

Didominasi pemain muda

Dalam beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat sedang mengalami perkembangan yang cukup besar di sepak bola. Beberapa pemain muda asal Negeri Paman Sam mulai diperhitungkan. Tak heran tim-tim Eropa mau meminang pemain asal Amerika Serikat.

Di English Premier League (EPL) 2023/2024, terdapat delapan pemain asal Amerika Serikat yang berkiprah. Mereka didominasi pemain muda yang sedang berkembang.

1. Tim Ream memiliki segudang pengalaman di Premier League

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Tim Ream (instagram.com/tim.ream13)

Pada 2023/2024, Tim Ream hadir sebagai pesepak bola Amerika Serikat paling senior di Premier League. Pemain yang berposisi sebagai bek ini memiliki segudang pengalaman. Ream memulai kariernya di EPL bersama Bolton Wanderers pada 2012. Saat ini, ia mengambil peran sebagai bek utama dan wakil kapten Fulham, tim yang ia telah bela sejak 2015.

2. Antonee Robinson hebat bersama Fulham

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Antonee Robinson (ussoccer.com)

Sama seperti Tim Ream, Antonee Robinson pun membela Fulham pada musim ini. Ia tampil sangat hebat sebagai bek kiri yang jadi pilihan utama Marco Silva di Fulham. Meski baru berusia 26 tahun, Robinson cukup akrab dengan atmosfer sepak bola Inggris. Pasalnya, ia lahir di Inggris, tepatnya di kota Milton Keynes. Namun, ia memilih membela Timnas Amerika Serikat karena ayahnya berasal dari negara tersebut.

3. Matt Turner kuasai posisi utama

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Matt Turner (ussoccer.com)

Matt Turner telah bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2022. Namun, ia belum mendapatkan menit bermain yang pantas kala itu. Barulah pada 2023/2024, Matt Turner mendapatkan menit bermain yang bagus dan menguasai posisi utama di bawah mistar Nottingham Forest. Kegemilangannya membuat Turner sulit untuk digeser.

4. Ethan Horvath menjadi pelapis Matt Turner

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Ethan Horvath (nottinghamforest.co.uk)

Selain memiliki Matt Turner, Nottingham Forest pun memiliki kiper Amerika Serikat lain di skuadnya. Sosok yang dimaksud ialah Ethan Horvath, pria berusia 28 tahun yang telah bergabung dengan Nottingham Forest sejak 2021. Meski lebih senior dari Turner, Horvath justru hanya berperan sebagai pelapis rekan senegaranya itu. Hingga akhir September 2023, Horvath belum bermain semenit pun di kompetisi resmi.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Dipinjam Klub EPL sebelum Ansu Fati

5. Tyler Adams masih mengalami cedera

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Tyler Adams (ussoccer.com)

Tyler Adams merupakan salah satu pemain paling gemilang yang dimiliki Amerika Serikat saat ini. Ia sangat hebat sebagai seorang gelandang bertahan yang jago dalam bertarung dan kuat secara stamina. Pada 2022/2023 lalu, Adams terdegradasi bersama Leeds United. Namun, ia kembali ke EPL karena direkrut AFC Bournemouth. Sayangnya, Adams belum berkesempatan tampil bersama The Cherries karena sedang mengalami cedera.

6. Kesempatan minim Zack Steffen untuk bermain

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Zack Steffen (mancity.com)

Zack Steffen merupakan kiper utama Timnas Amerika Serikat. Namun, hal tersebut berubah 180 derajat ketika ia bermain bersama Manchester City. Pasalnya, Steffen hanya berperan sebagai kiper lapis ketiga di klub berjuluk The Cityzens ini. Ia berada di belakang Ederson Moraes dan Stefan Ortega.

7. Auston Trusty pindah ke Sheffield United

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Auston Trusty (mlssoccer.com)

Auston Trusty telah bermain di Premier League untuk Arsenal sejak 2022. Namun, ia gagal mendapatkan menit bermain yang layak sebagai seorang pemain muda. Alhasil, ia pun pindah ke Sheffield United pada musim panas 2023 lalu. Bersama klub barunya ini, Trusty memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tampil. Namun, itu bukan jaminan jika dirinya akan menjadi pemain andalan di klub berjuluk The Blades ini.

8. Chris Richards masih membutuhkan waktu

8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024Chris Richards (cpfc.co.uk)

Chris Richards digadang-gadang akan bisa bersinar ketika pindah ke Crystal Palace pada musim panas 2022. Namun, ia masih membutuhkan waktu untuk hal tersebut. Richards merupakan seorang bek muda yang mencari pengalaman dan masih bereksperimen. Ia tampaknya harus bekerja lebih keras untuk bisa bangkit dari posisi sebagai penghangat bangku cadangan.

Tak semua pemain Amerika Serikat bisa bersinar di Premier League. Namun, peluang masih terbuka lebar karena pemain dari Negeri Paman Sam pernah memiliki rekam jejak yang bagus di kompetisi ini. Tim Howard, Clint Dempsey, Brad Friedel, dan Brian McBride pernah membuktikannya.

Baca Juga: 5 Klub Premier League Paling Sering Ditaklukkan Aston Villa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya