6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas Italia

Tak ada nama Giorgio Chiellini dan Ciro Immobile

Di tengah ramainya bursa transfer dan dimulainya beberapa kompetisi liga Eropa, Roberto Mancini membuat keputusan mengejutkan. Ia memutuskan untuk mundur sebagai pelatih Timnas Italia pada Minggu (13/8/2023). Padahal, tak ada berita yang mengabarkan Mancini akan keluar dari Timnas Italia sebelumnya.

Jika dilihat secara prestasi, maka Mancini tentu sangat diingat karena sukses membawa Timnas Italia juara Euro 2020. Akan tetapi, Italia di bawah asuhan sang pelatih pun mengalami kegagalan yang memalukan. Pasalnya, mereka tak sanggup lolos ke Piala Dunia 2022 lalu.

Mancini sendiri mulai melatih Timnas Italia pada Mei 2018. Ia pernah mencoba puluhan pemain di skuad Gli Azzurri. Dari puluhan pemain tersebut, ada beberapa pemain yang menjadi andalan Mancini. Siapa sajakah pemain yang dimaksud? Inilah pemain andalan Roberto Mancini selama melatih Timnas Italia.

1. Gianluigi Donnarumma bermain dalam 49 laga di bawah asuhan Roberto Mancini

6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas ItaliaGianluigi Donnarumma (en.psg.fr)

Gianluigi Donnarumma tampaknya telah ditakdirkan untuk menjadi pengganti Gianlugi Buffon di bawah mistar gawang Gli Azzurri. Kiper Paris Saint-Germain ini sulit untuk digantikan. Hal tersebut juga terbukti kala Roberto Mancini mempercayai Donnarumma sebagai kiper utama Timnas Italia. Dari 61 laga yang dijalani Mancini bersama Timnas Italia, Donnarumma bermain sebanyak 49 laga. Catatan itu pun membuat Donnarumma menjadi pemain yang paling diandalkan Mancini selama melatih Gli Azzurri.

2. Kreativitas Nicolo Barella sangat dibutuhkan dalam 45 laga arahan Roberto Mancini

6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas ItaliaNicolo Barella (twitter.com/EURO2024)

Kreativitas Timnas Italia di bawah asuhan Roberto Mancini bukan berasal dari lini serang. Namun, kreativitas tersebut datang dari lini tengah yang cukup sering dimotori Nicolo Barella. Pemain Inter Milan ini memiliki kemampuan komplet sebagai seorang gelandang. Ia memiliki kekuatan dan operan yang baik, pintar dalam membagi bola, serta memiliki tembakan yang sering mengejutkan kiper lawan. Tak heran Barella bisa mencatat 45 laga dengan sumbangan 8 gol dan 6 assist di bawah Mancini.

3. Leonardo Bonucci 44 kali memimpin sebagai kapten tim besutan Roberto Mancini

6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas ItaliaLeonardo Bonucci (twitter.com/EURO2024)

Sebagai salah satu sosok pemain senior, Leonardo Bonucci tentu sangat disegani pemain Italia lain. Roberto Mancini pun sering memainkannya sebagai kapten tim untuk memimpin rekan setimnya. Di samping itu, Bonucci merupakan bek yang kuat, disiplin, dan mampu mencetak gol. Oleh karena itu, bek Juventus ini bisa mencatat 44 laga dengan sumbangan 3 gol dan 5 assist.

Baca Juga: 5 Kandidat Pengganti Roberto Mancini di Timnas Italia

4. Jorginho mampu menjaga kedalaman permainan dalam 43 laga asuhan Roberto Mancini

6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas ItaliaJorginho (twitter.com/EURO2024)

Dibandingkan dengan Nicolo Barella, Jorginho lebih ditugaskan sebagai pengatur aliran bola dan penyeimbang permainan kala bermain di Timnas Italia. Pemain kelahiran Brasil ini pun sering dipercaya untuk menjadi algojo tendangan penalti oleh Roberto Mancini. Ada total 5 gol dan 2 assist yang bisa Jorginho ciptakan dari 43 laga.

5. Federico Chiesa tampil 40 kali bersama Roberto Mancini

6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas ItaliaFederico Chiesa (twitter.com/EURO2024)

Federico Chiesa menjadi salah satu pemain andalan Roberto Mancini di berbagai ajang. Nama besar Chiesa sering menjadi pembicaraan kala bermain apik pada Euro 2020. Jika ditotalkan, Chiesa bermain dalam 40 laga di bawah Mancini. Dalam kurun waktu tersebut, anak dari Enrico Chiesa ini mencatat 5 gol dan 6 assist.

6. Lorenzo Insigne menciptakan banyak assist dalam 31 laga bersama Roberto Mancini

6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas ItaliaLorenzo Insigne (twitter.com/EURO2024)

Roberto Mancini memang kesulitan mendapatkan penyerang tajam untuk Timnas Italia. Dari sekian banyak opsi, Lorenzo Insigne dipilih sebagai salah satu pilihan. Pemain Toronto FC ini masuk karena bisa bermain sebagai winger kiri, penyerang tengah, dan second striker. Selama dilatih Mancini di Timnas Italia, Insigne mampu tampil apik dan menjadi pencetak assist terbanyak. Total 6 gol dan 8 assist dari 31 laga diciptakannya.

Tak ada nama Giorgio Chiellini dan Ciro Immobile dalam daftar ini. Padahal, Chiellini merupakan kapten Timnas Italia di Euro 2020 lalu. Sedangkan, Immobile merupakan pemain dengan catatan gol terbanyak di Timnas Italia selama dilatih Roberto Mancini.

Baca Juga: Roberto Mancini Dapat Tawaran Tangani Timnas Arab Saudi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya