Comscore Tracker

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelsea

Deretan pemain bintang dari The Golden Era Belgia

Kegagalan Timnas Belgia di ajang Euro tahun 2000 menjadi sebuah pelecut semangat bagi Federasi Sepak Bola Belgia untuk terus berkembang. Selama bertahun-tahun, Federasi Sepak Bola Belgia menyiapkan pembinaan bakat-bakat terbaik yang direncanakan akan menjadi proyek jangka panjang guna regenerasi Timnas Belgia.

Akhirnya tercipta sebuah generasi pemain baru yang sering disebut dengan nama The Golden Era Belgia di awal tahun 2010-an dengan materi pemain muda potensial. Pemain Belgia kini dikenal sebagai pemain top yang punya skills mempuni sebagai pemain bintang yang siap menghuni tim-tim besar Eropa.

Termasuk Chelsea yang sebelum tahun 2010 belum pernah sekali pun merekrut pesepak bola asal Belgia. Namun, setelah tahun 2010, total ada 6 pemain berkebangsaan Belgia yang pernah berseragam the blues. Lantas siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Romelu Lukaku

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelseamirror.co.uk

Romelu Lukaku menjadi pemain Belgia pertama yang didatangkan Chelsea. Lukaku diboyong dari Anderlecht pada tahun 2011 dengan banderol sebesar 15 juta euro. Bakat Romelu Lukaku memang sudah terlihat sedari kecil. Postur tubuh yang besar dan permainan yang mendominasi adalah senjata utama dari Lukaku yang membuat Chelsea tertarik merekrutnya.

Total 3 tahun Lukaku membela klub asal London ini. Selama kariernya di Chelsea, Lukaku lebih banyak dipinjamkan daripada bermain reguler di skuad utama Chelsea. Walaupun selalu bersinar ketika dipinjamkan, Lukaku sulit untuk menembus skuad utama Chelsea yang kala itu diisi oleh Fernando Torres, Samuel Eto’o, dan Didier Drogba.

Untuk mendapatkan menit bermain yang cukup, Lukaku akhirnya hengkang secara permanen ke Everton di tahun 2014 dengan banderol sebesar 35 juta euro.

2. Eden Hazard

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelseagoal.com/GettyImages

Setahun setelah kedatangan Romelu Lukaku, Chelsea juga akhirnya mendatangkan seorang Eden Hazard dari Lille dengan banderol 35 juta euro pada tahun 2012. Kontribusi dan permainan hebat Hazard kala membantu Lille meraih juara Ligue 1 musim 2010/2011 membuat Chelsea berani untuk membayar mahal Hazard kala itu.

Ternyata betul saja, bersama Chelsea, Hazard menjelma sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang nilai pasarnya terus melonjak dari tahun ke tahun. Total 85 gol dan 61 assists dari 352 penampilan berhasil Hazard berikan untuk Chelsea, sekaligus berhasil mempersembahkan 2 trofi EPL di tahun 2015 dan 2017.

Setelah kepergiannya ke Real Madrid sempat tertahan, akhirnya Hazard pun pindah ke Real Madrid dengan banderol 150 juta euro di tahun 2019.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Sejarah LOSC Lille, Eden Hazard Rajanya! 

3. Kevin de Bruyne

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelseableacherreport.com

Jauh sebelum menjadi pemain bintang dan menjadi pemain penting di Manchester City, Kevin de Bruyne dulunya merupakan bagian dari skuad Chelsea di tahun 2012 hingga 2014. De Bruyne pertama kali datang ke Chelsea pada tahun 2012 dari KRC Genk dengan banderol sebesar 8 juta euro.

Di musim tersebut, De Bruyne langsung dipinjamkan ke KRC Genk selama setengah musim. Di tahun 2013, De Bruyne kembali lagi dipinjamkan ke Werder Bremen selama semusim. Pada musim 2013/2014, De Bruyne akhirnya mendapatkan kesempatan tampil bersama Chelsea.

Namun sayang, Jose Mourinho lebih sering memainkan Oscar dan Frank Lampard di lini tengah Chelsea yang membuat Kevin de Bruyne lebih banyak duduk di bangku cadangan. Tidak sampai setahun, Kevin de Bruyne akhirnya hengkang ke Vfl Wolfsburg pada bulan Januari 2014 dengan banderol sebesar 22 juta euro.

4. Thibaut Courtois

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelseatalksport.com

Didatangkan dari KRC Genk pada tahun 2011, Thibaut Courtois baru melakukan debutnya di Chelsea pada tahun 2014. Kala itu Courtois yang dibeli dengan harga 9 juta euro, langsung dipinjamkan ke Atletico Madrid selama 3 tahun karena posisi utama kiper Chelsea masih menjadi milik seorang Petr Cech.

Penampilan memukaunya musim 2013/2014 bersama Atletico Madrid membuat Chelsea menariknya di awal musim 2014/2015. Total 154 pertandingan dijalani Courtois selama berseraga biru London. Ia akhirnya diboyong Real Madrid pada tahun 2018 dengan banderol sebesar 35 juta euro.

5. Michy Batshuayi

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelseathesun.ie/Press Association

Sebelum datang ke Chelsea, Michy Batshuayi merupakan salah satu pemain muda berbakat dengan torehan gol tinggi di Ligue 1. Datang dari Marseille dengan banderol 39 juta euro pada tahun 2016, Batshuayi malah lebih sering dipinjamkan daripada bermain di skuad utama Chelsea.

Sama seperti Lukaku, Batshuayi selalu tampil ciamik kala dipinjamkan ke klub lain. Namun, ketika membela Chelsea, penampilannya malah melempem dan lebih banyak duduk di bangku cadangan. Musim ini Batshuayi kembali dipinjamkan ke Crystal Palace. Semoga saja Batshuayi bisa menembus tim utama Chelsea musim depan.

6. Charly Musonda

6 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Chelseagoal.com/GettyImages

Nama terakhir adalah produk akademi Chelsea, Charly Musonda. Sejak tahun 2017, Musonda mulai dipanggil ke tim senior Chelsea. Namun, karena persaingan yang sangat ketat di posisi gelandang serang, Musonda terpaksa harus dipinjamkan ke banyak klub sepanjang kariernya, seperti Real Betis, Celtic, dan Vitesse.

Musim ini Musonda belum sama sekali bermain karena mengalami cedera lutut parah kala membela Vitesse musim lalu yang mengharuskannya beristirahat dalam kurun waktu lebih dari 1 tahun. Semoga saja setelah pulih Musonda bisa kembali ke performa terbaiknya.

 

Itulah 6 pemain berkebangsaan Belgia yang pernah membela Chelsea. Dengan bakat pesepak bola yang terus hadir setiap tahunnya, Belgia semakin mantap sebagai tim yang mempunyai materi skuad yang matang dan bisa terus eksis di kancah sepak bola Eropa. Menurutmu siapa yang terbaik?

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Ternyata Pernah Membela KRC Genk di Liga Belgia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya